Versi Versi Sistem Operasi Windows, Unix, Mac OS Dan Linux

3864

Versi Versi Sistem Operasi Windows, Unix, Mac OS Dan Linux

Hai Guys! Ketemu lagi nih dengan saya dan sudah barangkali tentu setiap kita bertemu kita akan membahas mengenai Versi sitem operasi. Pengen tau apa yang akan kita bahas kali ini? Bagi kalian yang udah pernah membaca artikel mengenai Jenis-jenis system operasi paling bagus yang berkembang di dunia saat ini, udah pasti kalian mengetahui apa yang akan kita bahas sekarang.
Versi sitem operasi – Baiklah langsung saja saya beri tahu kalian bahwa sekarang kita akan mengulas, membahas dan mempelajari mengenai Versi Sistem Operasi Windows, Linux, Mac OS Dan Unix. Sesuai dengan perkataan saya pada pembahasan sebelumnya bahwa saya akan membahas dan menguraikan mengenai versi dari tiap-tiap system operasi yang pernah saya bahas. Guys! Langsung saja kalian ikuti pembahasan berikut.

Versi Versi Sistem Operasi Windows

Versi-versi Windows
Macam versi sistem operasi Windows
Windows Graphic Environment 1.0
Windows Graphic Environment 1.0 – Kemudian evolusi windows berlanjut dengan diluncurkannya Windows versi pertama pada 10 November 1983 dengan sebutan Windows Graphic Environment 1.0 namun baru diperkenalkan pada dunia pemasaran pada bulan November 1985. Versi pertama ini dirancang guna memenuhi keperluan computer yang tampilannya bergambar. Windows Graphic Environment 1.0 merupakan piranti lunak 16-bit tambahan dan bukan merupakan OS yang beroperasi dengan memanfaatkan MS-DOS.
Windows 1.0
Windows 1.0Windows Graphic Environment 1.0 selanjutnya mengalami pengembangan dan menjadi Windows 1.0, dimana system ini merupakan OS pertama di dunia yang berbasis GUI (Graphical User Interface) serta dapat melakukan banyak tugas dalam satu waktu (Multi-tasking Operating System).
Windows 2.0
Windows 2.0 – Belum berhenti sampai di situ, Windows 1.0 berevolusi lagi menuju Windows 2.0. Perkembangan yang tampak pada Windows 2.0 ini selain memanfaatkan GUI ternyata juga memanfaatkan VGA (Video GraphicsArray) dan memotivasi demi berkembangnya Multi-Tasking. Selain itu Windows 2.0 juga memanfaatkan Processor Intel 80286 (Processor pertama dengan kemampuan dapat memproteksi area memory).
Windows 3.0
Windows 3.0 – Setelah itu, tampil versi selanjutnya yang lebih dikenal dengan Windows 3.0. Kemampuan yang dimilikinya sama dengan versi windows sebelumnya, hanya saja pada versi ini terdapat tambahan kartu grafis SVGA/XGA serta icon-icon yang lebih baik tentunya. Di masa itu, Microsoft juga menyediakan SDK (Software Development kit) sehingga para pengembang perangkat lunak dapat menumbuhkembangkan aplikasinya agar dapat terkoneksi pada Windows 3.0. Selain itu, Windows 3.0 juga mendukung VDX (Virtual Device Driver). Kegunaan VDX ini yaitu untuk memperkecil kemungkinan tingkat ketergantungan setiap driver pada hardware tertentu.
Windows 3.1
Windows 3.1Windows 3.0 ini selanjutnya mengalami pembaharuan dan perkembangan sehingga melahirkan versi terbaru yaitu Windows 3.1 yang diluncurkan bersamaan dengan fitur-fitur Multimedia dan True Type Font serta tidak ketinggalan pula kemudahan untuk mengakhiri operasi system dengan adanya fitur Drag and Drop. OS versi ini terus berkembang dan akhirnya mengenal yang namanya NetWorking (Windows 3.11).
Windows 95
Windows 95 – Lambat laun waktu terus berjalan dan akhirnya perusahaan Microsoft meluncurkan versi terbarunya Windows 95 dengan hibrida 16-Bit/32-Bit. Perkembangan yang tampak dari versi ini sangatlah banyak diantaranya adalah GUI yang dipakai lebih menarik dan atraktif, mendukung penuh Plug and Play, memiliki penamaan yang panjang, serta mempunyai beberapa fasilitas lain seperti Browser dan Windows Explorer. Selain itu, Windows 95 juga memiliki fitur untuk mengatur penggunaan daya (APM) dan diperkenalkan pula Client-Server di masa itu.
Windows 98
Windows 98 – Perkembangan selanjutnya yaitu dengan diluncurkannya Windows 98. Perkembangan yang tampak dari Windows 98 adalah dengan digunakannya VGA berbasis AGP, digunakannya USB, serta disebarluaskannya NAT guna berbagi koneksi Internet dan dialihkannya Virtual Device Driver dengan menggunakan Windows Driver Model. Beberapa fitur tambahan yang terdapat pada Windows 98 diantaranya adalah Microsoft Office dan Internet Explorer versi 5. Kemampuan lain yang dimiliki Windows 98 yaitu dapat digunakan untuk bermain game dan mengoperasikan aplikasi multimedia.
Windows ME
Windows ME – Evolusi selanjutnya tampak dengan diperkenalkannya Windows ME. Hal menakjubkan dari Windows ME terlihat dengan banyaknya para pengguna (user) rumahan yang telah memakainya.
Windows NT
Windows NTWindows ME kemudian diubah dan digantikan oleh Windows NT yang telah memanfaatkan arsitekstur x86 (80×86) , Intel IA64, AMD64 (x64) serta grafis berbasis 32-Bit. Windows NT ini sendiri sebenarnya dirancang dengan melihat pengembangan dari IBM OS/2. Kemajuan lain yang tampak pada Windows NT adalah digunakannya File System NTFS yang tentunya lebih baik dan lebih maju dibandingkan FAT ataupun FAT-32.
Windows 2000
Windows 2000 – Perkembangan selanjutnya yaitu dengan diperkenalkannya Windows 2000. Pada versi 2000 ini terdapat banyak fitur dan fasilitas tambahan diantaranya adalah Active Directory, Browser Internet Explorer v6, DirectX dan Open GL, Image Preview, Plug and Play dan Windows Driver Model yang sudah barangkali tentu memiliki performa yang lebih baik dibanding versi-versi sebelumnya.
Windows XP
Windows XP – Setelah itu diperkenalkan pula Windows XP dimana versi ini terdapat banyak perubahan baik pada fitur-fiturnya, fasilitas-fasilitasnya serta performa-performanya yang tentunya semakin meningkat. Boleh dikata Windows XP merupakan versi windows yang paling banyak dipakai oleh para user PC maupun PC Mobile.
Windows Server 2003
Windows Server 2003 – Sejalan dengan kebutuhan yang sangat akan networking maka perusahaan Microsoft Corporation meluncurkan OS yang berorientasi pada jaringan. OS tersebut dikenal dengan nama Windows Server 2003. Beberapa fasilitas yang ditawarkan Windows Server 2003 yaitu diperkenalkannya platform Net, Domain Controller Server, Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Microsoft IIS, PKI (Public Key Infrastructure) Server, Windows Internet Name Service (WINS), dan masih banyak lagi.
Windows Vista (Longhorn)
Windows Vista (Longhorn) – Belum berhenti sampai di sini perusahaan Microsoft kemudian meluncurkan kembali versi windows terbaru dengan nama Windows Vista (Longhorn). Pada Windows Vista ini hal yang diutamakan yaitu interface (penampilan grafis antarmuka) dibandingkan dengan performa. Hal tersebut direalisasikan dengan tersedianya fasilitas seperti AERO, Sidebar, dan lain-lain. Di sini Windows Vista memberikan tawaran mengenai tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan versi-versi windows sebelumnya. Pada Windows Vista diperkenalkan pula Windows Firewall with Advanced Security, Windows Defender, Parental Control, User Account Control (UAC), BitLocker Drive Encryption, ASLR dan lain sebagainya. Windows Vista juga telah mengenal dan memanfaatkan IPv6, DirectX versi terbaru, dan arsitekstur 64-Bit.
Windows Home Server
Windows Home Server – Evolusi selanjutnya yaitu dengan diluncurkannya Windows Home Server yang dirancang sebagai File Server rumahan. Beberapa teknologi Windows Server diantaranya yaitu Headless Operation marupakan Server yang tidak memerlukan monitor ataupun keyboard untuk mengatur perangkat, pengontrolan jarak jauh, Pemantauan kondisi komputer, Sharing and Streaming dan masih banyak lagi.
Windows Server 2008 dan Windows Server 2008 R2
Windows Server 2008 dan Windows Server 2008 R2 – Versi selanjutnya merupakan versi yang terbentuk dengan memadukan OS Windows Vista dan OS Windows Server. Perpaduan tersebut menghasilkan keturunan baru yang dikenal dengan sebutan Windows Server 2008. Evolusi dari OS Windows Server 2008 yaitu Windows Server 2008 R2.
Windows 7
Windows 7 – Masih terus berlanjut. Apanya yang terus berlanjut? Perkembangan OS Windows dong guys. Sistem operasi terbaru yang diluncurkan setelah Windows Server 2008 R2 adalah Windows 7. Perancangannya dimaksudkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada Windows XP dan Windows Vista. Sudah barangkali tentu performa dari Windows 7 lebih baik. Dan OS terbaru yang diluncurkan windows setelah Windows 7 yaitu Windows 8.
Windows 8
Windows 8 – Versi terbaru dari system operasi windows yaitu Windows 8 yang baru diluncurkan akhir-akhir ini yaitu pada tanggal 26 Oktober 2012. OS ini muncul dengan tiga versi diantaranya yaitu Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows 8 RT.
Perkembangan yang tampak dari Windows 8 ini diantaranya adalah terdapatnya toko aplikasi online (Windows Store). Dengan aplikasi ini diharapkan agar para user dapat dengan tertib dan teratur dalam mendownload aplikasi. Selain itu, Aplikasi ini juga dapat memudahkan para developer untuk mengawasi aplikasi-aplikasi mereka.
Beberapa fitur yang mendukung Windows 8 diantaranya adalah Touchscreen Support, Metro User Interface, Apps (Mail, Messaging, SkyDrive, Reader, Music, People), Start Screen, Semantic Zoom, Live Tiles, Microsoft Account, Language Packs dan masih banyak lagi.

Versi Versi Sistem Operasi Unix

versi-versi sistem operasi unix
Sistem Operasi Unix
Pada dasarnya produk varian Unix terbagi menjadi 3 yaitu Unix Murni, Unix yang dimodifikasi dan Emulasi Unix (untuk hardware tertentu).
Ada dua versi Unix yang paling terkenal yaitu AT&T dan versi Berkeley (BSD). Kedua lembaga ini tidak memasarkan Unix itu langsung pada para user tetapi mereka memasarkannya dengan cara menjual lisensinya kepada para vendor (perusahaan computer). Dimana para vendor tersebut akan mengembangkan system operasi Unix siap pakai tersebut pada computer buatan perusahaan computer tersebut dan diberi nama khusus.
Berikut adalah beberapa nama Unix yang dikembangkan oleh para vendor (perusahaan computer).
AIX (Advanced Interactive Executive)
Sistem Operasi ini dikembangkan oleh Interactive System Corp dan perusahaan IBM. Dimana OS ini diterapkan pada computer IBM PS/2 (IBM AIX PS/2), IBM RT System (IBM AIX RT), RISC System/6000 (IBM AIX RS/6000) dan mainframe yang menggunakan arsitektur System/370 (IBM AIX S/370).
AU/X (Apple Macintosh Unix)
Versi ini dikembangkan oleh perusahaan Apple Computer untuk computer Apple Macintosh.
DG/UX
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Data General untuk computer jenis Data General A ViiON.
Domain/X
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Appolo Computer.
HP-UX
Sistem operasi berbasis Unix ini dikembangkan oleh Hewlett Parckard yang berdasarkan pada AT&T Unix System V Release 3.0. HP-UX dioperasikan pada computer supermini HP 9000 Series 300 dan Series 800.
SINIX
Sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Siemens di Eropa dan diterapkan pada produk MX-seriesnya.
SunOS
Sistem operasi yang merupakan penggabungan dari Unix system V dan BSD versi 4.3 ini dikembangkan oleh Sun Microsystem pada produk komputernya yang berbasin SPARC (Scalable Processor ARChitecture).
ULTRIX
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Digital Equipment Corp berbasis pada BSD 4.3 dan Unix system V dan AT&T. ULTRIX ini dioperasikan pada jajaran computer micro VAX, VAX RISC System (DECstation dan DECsystem).
UniCOS
System operasi ini dikembangkan oleh Cray Research, merupakan sebuah implementasi asli dari Unix system V. UniCOS dioperasikan pada supercomputer Cray X/MP dan Cray 1.
SCO UNIX/XENIX
Versi ini dikembangkan oleh Santa Cruz Operation dan Microsoft Corp dan merupakan Unix pertama yang dapat dijalankan pada computer IBM PC dengan berbasis processor Intel. Kini tersedia SCO Unix V/386 untuk computer berbasis processor intel 80386 dan SCO Unix untuk IBM PS/2.

Versi Versi Sistem Operasi Macintosh

Macintosh Classic (1984-2001)
Awal mula dari versi Macintosh Classic ini ditandai dengan beralihnya penggunaan system baris perintah menuju kepada system operasi yang berbasis grafis. Sistem Operasi Macintosh baru menerapkan system Multi-tasking pada OS ke-5. Beberapa kekurangan dari versi ini menimbulkan banyak kritikan seperti sangat terbatasnya manajemen memori, kurangnya perlindungan atas memori yang dimanfaatkan, mudahnya terjadi konflik antara ekstensi system operasi yang menyediakan fitur tambahan seperti halnya jaringan dan lain-lain sebagainya. Maklumlah hal itu trejadi karena versi ini merupakan versi awal dari pembangunan MAC OS.
Awalnya, Macintosh memanfaatkan MFS (Macintosh File System) dimana MFS ini merupakan Plat file yang hanya memiliki satu tingkat folder. Mengingat akan kelemahannya tersebut, MAC OS segera beralih dari MFS menuju HFS (Hierarchical File System) di tahun 1985 dimana HFS ini tentunya mempunyai pohon direktori yang tepat.
Sistem Operasi DOS, Unix, atau OS yang lain umumnya hanya memposisikan file sebagai urutan byte yang memerlukan software tertentu untuk mengetahui jenis informasi apa yang terdapat pada byte tersebut.
Sedangkan pada MFS dan HFS, File tersebut memiliki dua tipe. Yang pertama adalah tipe data dimana tipe ini menyediakan berbagai jenis informasi yang sama seperti dokumen dari suatu file gambar. Sedangkan yang kedua adalah tipe sumber daya (source) dimana tipe ini berisi data terstruktur dan tersusun sebagaimana halnya seperti definisi menu, suara, grafik ataupun kode segmeni. Untuk melakukan transfer file MAC OS pada system non MAC OS, implementasi default hanya akan melakukan akses file tipe sumber daya. versi sitem operasi
Macintosh Versi PowerPC
versi sistem operasi – Pada MAC OS versi ini, Sistem yang digunakan adalah system yang dipakai pada MAC OS classic. Pada bulan Juni 2005 yaitu pada saat konferensi keynote worldwide developers, Steve Jobs mengabarkan pada dunia bahwa Apple akan mentransisikan dirinya dari PowerPC ke processor Intel.
Kemudian di bulan Januari 2006, Apple memperkenalkan pada seluruh dunia mengenai computer MAC yang memanfaatkan processor intel, iMAC dan MacBook Pro. Sebulan kemudian yaitu di bulan februari 2006, Apple kembali melakukan gebrakan dengan memperkenalkan MAC Mini dengan memanfaatkan Intel Core Solo dan 2 processor.
Mac berbasis Intel ini termasuk ke dalam teknologi emulasi yang biasa disebut Rosetta. Dimana hal ini memungkinkan seorang user/pengguna untuk dapat mengoperasikan software MAC OS X yang disesuaikan pada Mac berbasis power PC.
Macintosh OS X
MAC OS X merupakan system operasi berbasis UNIX yang didasarkan pada system NeXTSTEP operasi serta memanfaatkan kode berbasis BSD.
MAC OS X memiliki sebuah versi yang disebut versi server dan biasa dikenal sebagai Mac OS X Server. Kemudian diketahui pada tahun 1999, versi dari Mac OS X 1.0 diberi nama versi beta. Mac OS X merupakan versi terbaru dari Mac OS untuk computer MAC yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2001.
Terdapat beberapa penafsiran terhadap penamaan versi Mac OS X ini diantaranya adalah ada yang beranggap karakter “X” merupakan angka Romawi sepuluh dimana Mac OS ini merupakan versi kesepuluh penerus Mac OS 8 dan Mac OS 9. Anggapan lain yaitu dihubungkan dengan tradisi memberi nama OS berbasis UNIX dengan menggunakan akhiran huruf “X” seperti AIX, IRIX, Linux, Ultrix, Minix dan lain-lain sebagainya.
Beberapa fitur dan fasilitas tambahan yang terdapat pada versi Mac OS X ini diantaranya adalah software untuk mengoperasikan perangkat lunak seperti diantaranya SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Hal yang menjadikan system operasi ini menarik tidak lain adalah keindahan tampilannya dimana hal ini telah dijadikan sebagai panutan para pengembang bentuk tampilan desktop.
Versi Versi sistem operasi Macintosh OS X

Versi-versi MAC OS X

Versi-versi MAC OS X
MAC OS X LION
  • Mac OS X 10.0.0 – Cheetah
    Mac OS X 10.0.0 (Cheetah) merupakan versi pertama dari Mac OS X yang dirilis pada 24 Maret 2001. Pada awal pengembangannya, versi ini termasuk versi yang lambat, tidak kompleks dan aplikasinya terlalu sedikit. Namun seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya, versi ini memberikan banyak pembaharuan dari versi-versi Mac OS sebelumnya. Pembaharuan dan perubahan besar yang dibawa oleh versi ini diantaranya yaitu diterapkannya berbagai kode program yang baru, gaya tampilan desktop yang baru bahkan system pengaturan memori yang juga baru. Bisa dikata bahwa Cheetah merupakan evolusi PC (personal computer) serta Laptop dari Apple. Cheetah juga merupakan Sistem Operasi paling stabil di masa itu.
  • Mac OS X 10.1 – Puma
    Mac OS X 10.1 – Puma merupakan salah satu versi terbaru yang open source dari Cheetah yang juga diluncurkan pada 25 September 2001. Beberapa pembaharuan yang tampak dari versi Puma diantaranya yaitu semakin meningkatnya kemampuan serta kemudahan dan kecepatan burning CD/DVD, peningkatan terhadap mutu DVD Player dan beberapa tambahan terhadap driver printer.
  • Mac OS X 10.2 – Jaguar
    Mac OS X 10.2 – Jaguar merupakan versi lanjutan dari Puma yang diluncurkan pada 23 Agustus 2002. Perkembangan yang tampak dari versi Jaguar diantaranya adalah adanya peningkatan kecepatan, kompatibilitas, stabilitas serta penambahan fitur-fitur dan fasilitas-fasilatas baru lainnya. Beberapa fitur tambahan yang menjadi daya tarik tersendiri dari versi Jaguar ini adalah Address Book, Handwriting recognition software Inkwell, Mail program dan lain sebagainya. Pemasaran dari versi jaguar ini dipakai nama kodenya (Jaguar) bukan nama versinya (Mac OS X 10.2)
  • Mac OS X 10.3 – Panther
    Mac OS X 10.3 – Panther merupakan versi lanjutan dari versi Jaguar yang dirilis pada 24 Oktober 2003 (Setahun setelah perilisan versi jaguar). Versi ini diperkenalkan dengan fitur terbarunya yang berjumlah lebih dari 150 fitur termasuk di dalamnya live search engine di finder, Expose, Preview, Quick Time, TextEdit dan sebagainya. Selain itu, Perkembangan lain yang tampak dari Panther adalah diperkenalkannya web browser hasil karya Apple yang diberi nama Safari dimana web browser ini secara formal mengalihkan pemanfaatan Internet Explorer khusus untuk computer MAC.
    Pembaharuan lain yang tampak dari versi Panther yaitu diperbaharuinya Finder, menghubungkan interface diskat-logam, Expose, FileVault, iChat AV, peningkatan dalam fitur Portable Document Format (PDF) rendering dan lain sebagainya.
  • Mac OS X 10.4 – Tiger
    Mac OS X 10.4 – Tiger merupakan versi lanjutan dari versi panther yang diluncurkan pada 29 April 2005. Versi ini merupakan versi yang cukup lama bertahan dibanding versi-versi sebelumnya. Search engine yang diluncurkan pada versi ini adalah Spotlight. Beberapa fitur yang diperkenalkan pada versi tiger ini diantaranya adalah Dashboard, Folder Smart, Gambar dan Video Inti Core, update program dengan Kotak Surat Smart, QuickTime 7, Safari 2, Pengotomasi, VoiceOver dan lain sebagainya.
    Versi Tiger ini juga dimanfaatkan untuk perilisan pertama TV Apple. Kemudian pada tanggal 10 Januari 2006, Apple kembali melakukan gebrakan dengan merilis Mac yang berbasis Intel pertama bersamaan dengan itu juga dilakukan update 10.4.4 terhadap Tiger.
  • Mac OS X 10.5 – Leopard
    Mac OS X 10.5 – Leopard merupakan versi lanjutan dari versi tiger yang diperkenalkan pada 26 Oktober 2007. Perkembangan dan pembaharuan yang tampak dari versi leopard ini diantaranya adalah tampilan desktop, dock, menu bar, Time Machine, Spaces, Boot Camp pra-instal dan juga finder. Beberapa fitur lainnya seperti Backup utility time machine. Versi ini juga meningkatkan taraf keamanan dari Mac OS X. versi sistem operasi
    Versi Leopard ini dikatakan juga sebagai Update terbesar dari Mac OS X membawa sekitar 300 fitur dan fasilitas-fasilitas baru. Leopard merupakan versi terakhir dari Mac OS X yang mendukung PowerPC.
  • Mac OS X 10.6 – Snow Leopard
    Mac OS X 10.6 – Snow Leopard merupakan versi terbaru dan merupakan versi lanjutan dari versi sebelumnya yaitu versi Leopard yang dirilis pada 28 Agustus 2009. Peluncurannya sendiri difokuskan pada perbaikan performa agar lebih efisiensi dan optimal dalam pemanfaatan memory.
    Bagi sebagian besar para user/pengguna, perubahan dan pengembangan yang tampak dari versi Snow Leopard ini yaitu ruang disk tidak mengikutsertakan OS setelah selesai melakukan penginstalan, Finder lebih tanggap jika ingin di lakukan re-writed pada Cocoa, Backup Mesin Waktu yang lebih cepat, disk yang tentunya lebih dapat diandalkan serta web browser Safari menjadi lebih cepat dan tepat.
    Web Browser pada versi Snow Leopard ini telah mencapai tahap Safari 4 dimana hal itu menyebabkan Browsing menjadi lebih cepat dan tepat. Safari 4 ini sekarang juga telah mampu mengisolasi plug-in (Penyebab utama web browser crash).
    Versi ini juga mempunyai berbagai macam fitur Microsoft Exchange Server pendukung yang diperunttukkan untuk Mail, iCal, dan Buku Alamat. Versi sitem operasi
    Back-end platform dimana di dalamnya termasuk oembaharuan peningkatan dukungan processor multi-core melalui Grand Centarl Dispatch yang berupaya untuk memudahkan dalam rangka pengembangan software dan aplikasi. Melalui itu, utilitas CPU perusahaan pun semakin meningkat.
    Perkembangan dan pembaharuan yang diberikan pada GUI (Graphical User Interface) diantaranya meliputi Launchpad (mirip dengan layar rumah IOS perangkat), auto-Scrollbar (menghilangkan sementara scrollbar dan hanya akan muncul ketika mereka sedang dipakai) dan Kontrol Misi (Memadupadankan Expose, Spaces, Dashboard, dan aplikasi layar-penuh dalam interface tunggal). Di sini Apple juga melakukan perubahan pada sejumlah aplikasi.
  • Mac OS X 10.7 – Lion
    Mac OS X 10.7 – Lion merupakan versi terbaru dari Apple. Kali pertamanya yaitu di tahun 2010, Apple menyebarkan berita mengenai OS terbaru ini pada public atau umum pada acara “Back to the Mac”. Fitur atau fasilitas andalan dari versi Lion yaitu gesture control, AirDrop (fitur sharing file antara mac) dan lain sebagainya.

Versi Versi Sistem Operasi Linux

Versi dan Variasi LINUX OS
Variasi dari Sistem Operasi Linux
Red Hat Linux
RedHat Linux merupakan salah satu versi atau varian Linux. Versi terakhir dari Red Hat adalah Distribusi RedHat Linux 9.0. Versi terakhir dari Red Hat ini merupakan versi yang lebih stabil dibanding versi-versi Red Hat sebelumnya. Selain itu di dalamnya juga terdapat peningkatan dalam sistem administrasi yang dikomplitkan dengan desktop manager terbaru seperti KDE 3.1 dan GNOME 2.2 serta dilengkapi dengan berbagai aplikasi terbaru seperti aplikasi Multimedia Player, Diagram, grafis GIMP 1.2.3, KOffice, OpenOffice, dan lain sebagainya. Kemudahan yang ditawarkan hampir serupa dengan OS Windows. Kemudahan-kemudahan tersebut diantaranya adalah kemudahan dalam menginstal software, orientasi terhadap deteksi hardware, pengelolaan sistem dan harddisk dan lain-lain sebagainya.
Debian Linux
Debian linux merupakan salah satu hasil usaha dan karya para sukarelawan untuk merancang OS yang tentunya dengan mutu tinggi dan non-komersial. Kelebihan yang kita dapatkan diantaranya adalah mudah dalam melakukan upgrade, pengembangannya dilakukan secara terbuka dan masih banyak lagi. Debian ini merupakan OS yang dikembangkan secara bersama-sama menggunakan internet dan merupakan distro yang dinamis.
Mandrake Linux / Mandriva
Mandrake Linux merupakan Salah satu varian Linux yang lahir karena terinspirasi oleh Red Hat Linux. Di dalamnya banyak ditemukan berbagai pengembangan aplikasi prakonfigurasi, dimana hal itu akan lebih memudahkan para pemula mulai dari proses instalasi sampai pengoperasian yang banyak didukung oleh bermacam bahasa. Pada OS Mandrake ini semua paket telah disesuaikan dengan optimasi CPU untuk tingkat Pentium (intel, amd, cyrixm winchip) dan processor. Nama paket manajer yang digunakan disebut Urpmi. Nama Mandrake digunakan hanya sampai pada versi Mandrake 8.0. Sedangkan untuk versi selanjutnya yaitu 8.1 hingga 9.2, nama yang dipakai adalah Mandriva.
SUSE Linux
Suse Linux – Kelebihan yang dapat ditemukan pada Linux versi SUSE ini adalah lengkapnya pustaka serta banyaknya software yang diikutsertakan di dalamnya. SUSE Linux merupakan versi yang mampu bertahan dan tetap berkembang hingga saat ini. Beberapa fasilitas yang terdapat pada SUSE Linux antara lain penginstalan yang berbasis menu (CD-ROM), disket boot modular, ratusan halaman buku referensi, YAST, tool admnistrasi dalam SuSe dan lain sebagainya. Nama paket SUSE dikenal dengan sebutan SPM (SuSe Package Manager). SUSE Linux merupakan varian linux yang stabil, mudah dalam hal pendeteksian hardware, mudah dalam pengelolaan serta banyak memiliki dukungan dari developer serta perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Versi sitem operasi
Xandros Linux
Xandros Linux merupakan salah satu varian Linux yang beroperasi berdasarkan pada sistem KDE. Tak dapat dipungkiri bahwa tampilannya hampir sangat serupa dengan Microsoft Windows. Xandros Linux juga merupakan varian yang murah, mudah dan nyaman. Hingga detik ini, Xandros telah mengalami evolusi sampai pada versi yang ke-4.
Gentoo Linux
Gentoo Linux merupakan salah satu varian linux yang memanfaatkan paket sistem manajemen Portage. Paket ini didesain secara modular (dapat ditambah-tambah), portabel (dapat di salin pada OS yang lain), mudah ditata serta fleksibel dan tentunya telah dioptimalkan pada user komputer.
Nama pemasaran yanag digunakan adalah nama dari salah satu jenis penguin yang dikenal dengan sebutan Gentoo. Dengan adanya manajemen Portage inilah Gentoo dapat menjadi server yang aman, profesional dan fleksibel.
Fedora Core/Fedora/Fedora Linux
Fedora merupakan varian linux yang berbasis pada RPM dan YUM yang ditumbuhkembangkan oleh Fedora Project yang didukung langsung oleh Red Hat. Versi terbaru dari Fedora adalah Fedora 10, dimana di dalamnya terdapat beberapa fitur tambahan yang menakjubkan dan dapat menjadi daya tarik tersendiri seperti desktop GNOME 2.24.1, KDE 4.1.2, OpenOffice 3.0, Firefox 3.0.4, Linux 2.6.27.5, X.org-X-Server 1.5.3, Glibc 2.9, RPM 46 dan lain sebagainya. Fitur lainnya yaitu seperti sistem Security, Audit dan Intrusion-Detection Sectool, PackageKit-Framework dan lain sebagainya.
Turbo Linux
Turbo Linux merupakan varian Linux yang memiliki target untuk menjadi produk Linux yang mampu bersaing di dunia pemasaran dalam perihal pasar workstation serta server untuk digunakan oleh para pengguna Clustering dan yang berorientasi pada perusahaan. Beberapa produk hasil karya TurboLinux diantaranya adalah TurboLinux Workstation (desktop), TurboLinux Server (backend server yang memiliki kinerja tinggi, terutama sekali pemanfaatannya dalam dunia bisnis, e-commerce serta transaksi B2B/Business-to-Business).
Salah satu produknya yang bernama TurboCluster Server ditujukan untuk perancangan server cluster yang berskala luas dan dapat dipakai oleh 25 cluster node atau lebih. Salah satu aplikasi TurboLinux yang berpedoman pada konsep sederhana dan powerful dikenal dengan sebutan ”parametric execution”. Pengguna varian Linux TurboLinux ini kebanyakan adalah dari kalangan perusahaan dan perorangan yang berada di Jepang serta Asia.
Linux Mint
Linux Mint merupakan salah satu varian Linux yang beroperasi berdasarkan Linux OS. Umumnya, setiap aplikasi yang dapat beroperasi pada LinuxMint maka aplikasi tersebut juga dapat beroperasi pada Ubuntu. Sistem Operasi LinuxMint ini dilengkapi dengan berbagai aplikasi favorit. OS ini memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya dalam tampilan desktop yang sederhana dan mudah dipelajari.
Versi sitem operasi – Beberapa aplikasi yang terdapat pada OS ini adalah Open Office yang berupa aplikasi perkantoran, Amarok yang biasanya digunakan untuk memutar lagu-lagu MP3, Mplayer yang dimanfaatkan untuk memutar video, Gimp yang berupa Photoshop versi Linux yang biasanya digunakan untuk mendesain grafis, game dan masih banyak lagi.
Linspire
Linspire/LindowsOS merupakan OS yang non-open source berbasis pada debian dan Ubuntu. OS ini sendiri diluncurkan oleh perusahaan Linspire, Inc. Sistem Operasi Linspire mengantongi banyak perangkat lunak, driver dan codecs proprietary yang tidak dimiliki oleh versi Open Source.
Linspire versi 6.0 disebut-sebut sebagai Linux pertama yang memiliki teknologi Microsoft seperti halnya Windows Media, True Type Fonts, dan juga penerjemahan Open XML sehingga OpenOffice bisa mengaktifkan format Office Open XML (OOXML).
Ubuntu Linux
Ubuntu merupakan salah satu varian Linux yang beroperasi berdasarkan pada sistem operasi Debian. Proyek Ubuntu ini sendiri didukung oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik Mark Shuttleworth.
VPemberian nama dengan istilah Ubuntu (istilah bahasa kuno Afrika) ini terinspirasi oleh suatu konsep ideologi dari Afrika Selatan yang bermakna “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Versi terbaru dari Ubuntu Linux adalah versi 8.10 yang di dalamnya menyimpan banyak keunggulan seperti pengaturan Network Manager yang lebih mudah, memudahkan kita untuk dapat mendesain Startup Disk di USB Flashdisk, Unmount media yang semakin mudah, desktop Gnome berbasis 2.24.1 dan masih banyak lagi.
Sebenarnya varian dan versi dari Windows, Unix, Mac OS dan Linux sangatlah banyak namun saya hanya menjelaskan beberapa di atas. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi kita semua. Sekian dari saya jika ada kesalahan saya mohon ma’af. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya ya guys! See You Again Guys!

Versi  Versi Sistem Operasi Windows, Unix, Mac OS Dan Linux

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai tutorial belajar internet dan computer silahkan kalian kunjungi link berikut Seputar IT.com.
Terima Kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Kumpulan tutorial belajar komputer dan internet untuk pemula

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY