Inilah, Sejarah Perkembangan Internet Dunia dan Indonesia Lengkap

1934

SEJARAH INTERNET (INTERCONNECTED NETWORKING)

Hai guys! Ketemu lagi nih sama saya kalau kemarin kita membahas mengenai tokoh inspiratif, berbeda dengan kali ini karena saya berkesempatan memberi informasi kepada kalian mengenai sejarah internet. Di era modern ini guys, saya jamin 100% diantara kalian semua pasti gak ada yang gak kenal sama istilah “internet” kan? Tapi saya jamin juga, walaupun gak sampai 100% banyak diantara kita kurang mengerti dengan istilah “Internet”. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mendingan kita sama-sama ikutin sejarah internet di bawah ini yuk guys!

PENGERTIAN INTERNET

Jaringan internet yang saling terhubung
Jaringan internet yang saling terhubung
Guys! Sebelum kita membahas mengenai sejarah internet, sungguh baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu internet bukan? Langsung aja nih ada sedikit informasi mengenai pengertian internet. Cermati baik-baik ya!
Sejarah Internet Dunia dan Indonesia – Secara harfiah, internet berasal dari dua kata yaitu inter (interconnected) yang berarti antar koneksi atau hubungan dan net (networking) yang berarti jaringan. Jadi, secara bahasa internet (interconnected networking) adalah jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia. Sedangkan secara istilah, internet adalah sekumpulan computer yang saling terhubung menjadi satu kesatuan dalam sebuah jaringan computer di seluruh dunia yang memiliki sifat terbuka (dapat diakses oleh siapa saja dengan syarat terhubung dengan koneksi internet) dan luas tak terbatas (menjangkau seluruh belahan dunia tanpa dibatasi oleh apapun) serta peranan umumnya sebagai media informasi dan komunikasi.

SEJARAH INTERNET DUNIA

Guys! Mempelajari sejarah internet dunia itu penting, karena dari sejarah inilah kita juga dapat mengetahui bagaimana sejarah pembentukan dan perkembangan internet di Indonesia. Perlu kalian ketahui, nanti juga ada lho sejarah internet di Indonesia jadi biar kalian ngerti urutannya baca dengan cermat sejarah internet di dunia ini ya!
Awal sejarah internet dunia di mulai pada tahun 1960-an, dimana ketika itu Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian mengenai jaringan global. Salah satu penemuan dari berbagai penelitian yang dilakukan adalah penemuan mengenai teknik packet switching (teknik yang dalam melakukan pengiriman data atau file terlebih dahulu dipotong-potong atau dipisah-pisah menjadi paket-paket data yang lebih kecil). Peneliti yang sangat berjasa dalam pengembangan teknik ini adalah Donald Davies, Paul Baran, Leonard Kleinrock beserta kawan-kawan dan UCLA Research Programs.
Di tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui suatu proyek yang disebut ARPA membentuk jaringan yang dikenal dengan sebutan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Melalui jaringan tersebut mereka mendemonstrasikan bagaimana caranya melakukan komunikasi tidak terbatas melalui saluran telepon dengan memanfaatkan hardware komputer yang berbasis UNIX. Tujuan awal dibentuknya jaringan tersebut tidak lain adalah untuk keperluan dan kepentingan militer. Awalnya, ARPANET hanya terhubung dengan 4 situs, diantaranya adalah Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, di mana mereka membangun suatu jaringan di tahun 1969 dan secara terbuka dipublikasikan pada Oktober 1972. Namun ternyata banyak diantara universitas di Negara Amerika Serikat ingin ikut bergabung dengan jaringan tersebut sehingga menyebabkan dan mengharuskan ARPANET membagi jaringannya menjadi dua jaringan berbeda, mereka adalah jaringan MILNET yang dikhususkan untuk keperluan militer dan jaringan ARPANET lebih kecil yang dikhususkan untuk keperluan non-militer. Kedua jaringan tersebut kemudian lebih dikenal dengan istilah DARPA Internet, dan istilah yang lebih sederhana disebut dengan INTERNET.
Guys! Ribet banget deh ya kayanya kalo kita harus memahami kalimat sepanjang itu. Untuk lebih ringkasnya, pahami aja sejarah internet dari mulai berdiri hingga perkembangannya dari tahun ke tahun berikut ini ya!
  • Pada tahun 1957, Uni Soviet (Rusia) memperkenalkan sebuah wahana luar angkasa yang disebut Sputnik.
  • Pada tahun 1958, untuk mengimbangi kekalahannya dengan Rusia, Amerika Serikat membentuk sebuah Departement yang disebut dengan ARPA dimana department ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui ilmu pengetahuan dan Teknologi. Terutama dalam hal teknologi computer.
  • Pada tahun 1960-an, teknik paket switching dikemukakan oleh Levi C. Finch dan Robert W. Taylor dan dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.
  • Pada tahun 1962, J.C.R. Licklider menulis sebuah visi mengenai jaringan global, dimana visi tersebut menuangkan ide bagaimana caranya agar computer yang satu dapat terhubung dengan computer yang lain. Di tahun ini juga mulai direalisasikan ide tersebut guna kepentingan militer.
  • Pada tahun 1965, Ted Nelson memperkenalkan suatu istilah “Hypertext”.
  • Pada tahun 1968, dibentuklah suatu jaringan yang disebut dengan Jaringan Tymnet.
  • Pada tahun 1969, Departement Pertahanan Amerika Serikat meluncurkan suatu jaringan yang dikenal dengan sebutan ARPANET melalui proyek ARPA.
  • Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan dan memperkenalkan program e-mail yang menggunakan lambang/icon @ (At/Pada).

sejarah internet

  • Pada tahun 1973, Jaringan ARPANET diperkenalkan di luar Amerika Serikat dan diketahui bahwa Komputer University College di London ternyata adalah komputer pertama diluar Amerika yang tergabung dalam jaringan ARPANET.
  • Pada tahun 1974, Beranet & Newman memperkenalkan sebuah versi komersial dari ARPANET yang disebut dengan istilah Telenet (layanan paket data publik pertama).
  • Pada tahun 1977 telah terdata bahwa terdapat kurang lebih 100 komputer yang tergabung dalam anggota ARPANET.
  • Pada tahun 1979 diperkenalkan newsgroups I yang disebut dengan istilah USENET. Newsgroup ini dibentuk oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin.
  • Pada tahun 1980-an, Komputer pribadi/PC telah menguasai pasar . Di tahun yang sama, terdata bahwa ARPANET telah memiliki anggota sebanyak kurang lebih 213 host. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) pun telah diperkenalkan dengan menyediakan berbagai layanan, diantaranya adalah layanan mailing list, e-mail, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
  • Pada Tahun 1981 France Telecom melakukan gebrakan dengan memperkenalkan Telpon Televisi pertama, dimana antara orang yang satu dengan yang lain dapat menelpon dengan menggunakan video link.
  • Pada tahun 1982, istilah internet mulai digunakan. Masih di tahun yang sama telah tercatat terdapat anggota kurang lebih 1000 host. Masih di tahun yang sama, yaitu di tahun 1982 dibentuklah protocol resmi yang diberi nama Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protokol (IP).
  • Pada tahun 1984-1986, Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) memperkenalkan system pemberian nama domain yang lebih dikenal dengan istilah DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan system pemberian nama alamat di jaringan computer. Selain itu, Jon juga adalah sesorang yang sangat berjasa dalam berbagai pemberian nama alokasi IP dan yang lainnya.
  • Pada tahun 1990, Tim Berners Lee menciptakan sebuah program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Program inilah yang disebut www (World Wide Web).
  • Pada tahun 1992, muncul suatu istilah yang disebut surfing the internet.
  • Pada tahun 1994, untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail tampil di internet. Masih di tahun yang sama yaitu di tahun 1994, Yahoo! didirikan dan Netscape Navigator 1.0 baru diperkenalkan.

SEJARAH INTERNET INDONESIA

Kalo di atas tadi kita udah bahas sejarah internet dunia, kali ini kita akan lanjut mengenai sejarah internet di Indonesia ya Guys! Lanjut aja deh.
Perkembangan Internet Dunia dan Indonesia Lengkap – Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an, dimana pada masa itu jaringan internet dikenal dengan istilah Paguyuban Network. Hal itu dikarenakan nilai-nilai kerja sama, kekeluargaan dan gotong royong masih tampak sangat dominan dalam penggunaannya. Sungguh berbeda dengan perkembangannya saat ini yang masyarakatnya cenderung individualis.
Awal mula perkembangannya, jaringan Internet dibangun oleh kelompok mahasiswa beserta ilmuwan yang memiliki hobi dalam bidang teknologi. Mereka mulai melakukan berbagai penelitian baik di universitas maupun di lembaga pemerintahan mengenai teknologi, terutama komputer beserta jaringannya. Oleh karena itu, Internet menjadi bagian dari materi pendidikan Universitas dan berfungsi sebagai media komunikasi dan media pertukaran informasi baik di lingkungan kampus maupun di lingkungan antar kampus dan antar negara.
Pada tahun 1986, berdirilah sebuah Amatir Radio Club (ARC) ITB yang memanfaatkan pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 dan komputer Apple II. Melalui ARC tersebut, Para mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) telah berhasil menghubungkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) dengan server BBS amatir radio lainnya di seluruh dunia. BBS adalah sebuah sistem komputer yang memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan program terminal. BBS ini umumnya dimanfaatkan untuk melakukan upload/download software, membaca berita atau buletin, melakukan chatting dengan user lain dan lain sebagainya. Biasanya, BBS ini menggunakan kabel telepon untuk saling terhubung.
Robby Soebiakto percaya bahwa jaringan internet di Indonesia di era modern nanti akan menggunakan basis protokol TCP/IP. Oleh karena itu, Robby merancang teknologi radio paket TCP/IP yang dipakai oleh para sahabatnya di BPPT, LAPAN, UI dan ITB. Teknologi radio paket inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya PaguyubanNet.
Pada tahun 1988 yaitu awal dimana para pengguna Internet di Indonesia menggunakan CIX (ISP Inggris) dan Compuserve (Amerika) untuk mengakses Internet. CIX adalah suatu ISP dari Inggris yang menawarkan jasa e-mai, newsgroup, HTTP dan FTP. Lain halnya dengan Compuserve yang tampil di tahun 1989 dan berperan sebagai pemeran utama dalam hal jasa online. Saat itu, biaya akses Internet dengan Compuserve terbilang mahal, walaupun jauh lebih murah dari CIX.
Tahun 1992-1994 adalah tahun dimana beberapa tokoh legendaris pembangunan internet di Indonesia seperti Rahmat M. Samik-Ibrahim, Adi Indrayanto, Suryono Adisoemarta, Robby Soebiakto, Muhammad Ihsan, Putu Surya, Firman Siregar dan Onno W. Purbo dengan keahlian yang dimiliki mereka masing-masing telah merealisasikan dan mengimplementasikan ide-ide yang berperan sangat besar dalam pembentukan sejarah jaringan computer di Indonesia.

ISP (INTERNET SERVICE PROVIDER)

Sejarah Internet Dunia dan Perkembangannya – Internet Service Provider (ISP) adalah suati perusahaan, badan atau lembaga yang menawarkan pelayanan jasa untuk dapat terhubung dengan internet. Sebagian besar dari perusahaan telepon merupakan penyedia jasa layanan internet. Biasanya, perusahaan tersebut menyediakan jasa seperti sambungan ke internet, pendaftaran nama domain, hosting dan lain sebagainya.
ISP sendiri memiliki jaringan yang bersifat local dan internasional sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses ke seluruh jaringan internet secara global. Jaringan di sini dapat berupa modem, sewa kabel, jalur lebar, radio, VSAT atau yang lainnya.
Di Indonesia hal ini dipercayakan dan diurus oleh APJI (Asosiasi Penyedia Jasa Internet). Perusahannya sendiri biasa disebut ISP (Internet Service Provider). Hal-hal yang biasa ditangani oleh ISP tersebut tidak lain adalah pemberian IP Address (alamat IP) publik kepada para pengguna yang telah menjadi pelanggan beserta keperluan pengaturan bandwidth. Bandwidth dapat diartikan sebagai jalan raya. Jadi, semakin besar ukuran jalannya maka sudah pasti aktivitas internetnya pun sangat lancar hal ini ditentukan berdasarkan ukuran Kbps atau KBps, dimana Kbps atau KBps tersebut merupakan ukuran kecepatan transfer data. Bahkan kini ukurannya telah Mbps atau bahkan Giga. Bagian yang menangani hal tersebut adalah salah satu bagian dalam ISP yang dikenal dengan istilah NOC (Network Operation Center).
FUNGSI DAN PERAN
Beberapa fungsi dan peran ISP yaitu :
  • Sebagai media yang memberikan jasa pelayanan untuk dapat terhubung dengan internet.
  • Mengoneksikan pengguna ke gateway internet terdekat.
  • Menawarkan modem untuk dial-up.
  • Menghubungkan user ke layanan informasi berupa World Wide Web (www).
  • Memberikan peluang bagi seorang user agar dapat menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  • Memberikan peluang bagi seorang user untuk dapat melakukan percakapan suara melalui via internet.
  • Memberikan tempat untuk homepage.
  • Mengendalikan dan menyediakan sistem antivirus bagi para pelanggannya.
JENIS-JENIS ISP
Berikut adalah beberapa ISP yang ada di Indonesia :
  1. Telkom.net.id
    Kelebihan : Jaringannya sangat luas.
    Kekurangan : Harganya relaitf mahal.
  1. Broadlink.net
    Kelebihan : Kecepatannya relative sangat cepat.
    Kekurangan : Dananya sangat mahal.
  1. Link.net
    Kelebihan : Kecepatannya mencapai 56 Kbps dan terjaminnya tingkat koneksi.
    Kekurangan : Kapasitas mailboxnya kecil.
  1. Bit.net
    Kelebihan : Biayanya relatif murah.
    Kekurangan : Tidak dapat digunakan melalui telpon seluler (GSM) dan untuk informasi harus menghubungi operator seluler.
  1. Starone.net
    Kelebihan : Sinyalnya kuat dan relative cepat.
    Kekurangan : Biayanya mahal.
  1. Idola.net.id
    Kelebihan : Tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak karena tidak memerlukan akses dedicated connection, lebih hemat waktu dengan koneksi cepat dan efisien. Selain itu aksesnya lebih teratur dan aman melalui jaringan internet.
    Kekurangan : Sudah tidak tersedia.
  1. Xl.co.id
    Kelebihan : Biayanya relative lebih murah.
    Kekurangan : Kecepatan internet yang tidak labil di saat-saat tertentu.
  1. Fleksi.net
    Kelebihan : Biayanya murah dan dapat diakses kapan saja.
    Kekurangan : Sinyalnya tidak tetap.
  1. Blueline.net
    Kelebihan : Aksesnya cepat, sinyalnya kuat, dan aksesnya relative murah.
    Kekurangan : Baru tersedia hanya di daerah sekitar Bali dan sebagian Pulau Jawa.
  2. Cepat.net
    Kelebihan : Koneksinya tidak terbatas, memiliki kecepatan yang tinggi, tarifnya  sangat kompetitif, memiliki jaringan infrastruktur tersendiri dengan jangkauan yang luas, kehandalan tinggi dan Pelayanan yang responsif, memiliki fleksibilitas produk dan layanan yang sesuai dengan keperluan pelanggan/pengguna.
    Kekurangan : Sinyalnya selalu berubah-ubah.
JENIS-JENIS KONEKSI/HUBUNGAN
Sewajarnya, ISP menetapkan biaya bulanan kepada pelanggan/pengguna. Hubungan ini dibagi menjadi dua kategori yaitu :
  1. Dial-up (kabel)
    Hubungan ini kebanyakan ditawarkan secara gratis atau dengan harga yang relative murah dan hanya memerlukan pemanfaatan kabel telepon biasa.
  1. Jalur lebar (Broadband)
    Hubungan ini dapat berupa non-kabel. Jika broadband dibandingkan dengan modem, maka broadband memiliki kecepatan yang lebih cepat dan selalu aktif, namun relative lebih mahal.
TIPE-TIPE PELAYANAN
ISP mempunyai 2 tipe layanan yaitu :
  1. Dial on demand Internet
    Dial on demand ini adalah sebuah layanan internet dimana pelanggan tidak terhubung secara terus menerus ke internet. Pelanggan/pengguna akan dibebani oleh biaya berdasarkan waktu mereka terhubung dengan internet.
    Contohnya :Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.
  1. Dedicated Internet
    Pelanggan/pengguna akan terus terkoneksi dengan internet 24 jam. Sistem pembayarannya dilakukan dengan system pembayaran per bulan dimana pelanggan/pengguna akan membayar sesuai dengan paket yang ada, baik digunakan secara terus menerus ataupun tidak. Sistem ini relative lebih mahal dan umumnya untuk mengontrol biaya langganan, system ini membatasi jumlah file atau data yang bisa di upload atau di download. Jumlah batasan data/file ini umumnya disebut dengan quota.
    Contohnya : Layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan layanan-layanan dari ISP wireless local.
JENIS-JENIS MEDIA KONEKSI
Media koneksi yang biasa digunakan oleh ISP ada 2 yaitu :
  1. Wire Kabel
    Wire Kabel adalah segala media koneksi yang berupa kabel seperti kabel telepon.
  1. Wireless
    Wireless adalah media yang sebagian besar jalur koneksinya menggunakan frekuensi, meskipun juga menggunakan kabel namun tidak terlalu dominan. Di Indonesia frekuensi yang bebas digunakan adalah frekuensi dengan ukuran 2,4Ghz.
JENIS-JENIS LAYANAN ISP
Berikut ini adalah beberapa contoh jenis layanan ISP.
  1. Connection Speed (Kecepatan Koneksi)
  • Kecepatan downloadnya beragam mulai dari 56 kbps untuk dial up dan 1,5 mbps untuk DSL dan Modem Kabel.
  • Koneksinya berkecepatan tinggi. Direkomendasikan untuk seseorang yang suka mendownload program, memainkan game online, atau menjalankan server mereka sendiri.
  1. Video on Demand
  • Dapat melakukan download film secara real-time. Layanan ini juga disebut dengan Streaming Video.
  1. Content Filtering (Penyaringan Konten)
  • ISP menyediakan software yang dapat menghalau materi spesifik yang terdownload berdasarkan spesifikasi user.
  • Software ini sering digunakan untuk memblock situs yang tidak pantas dan serangan di suatu situs.
  1. Virus Scanning
  • ISP sering menyisipkan virus scanning dan anti-spam pada bagian paket koneksinya.
  • ISP sering memindahkan kode berbahaya dari file yang diupload dari user.
  1. IP Telephone
  • ISP menyediakan layanan IP Telephone yang memberikan kesempatan kepada para user untuk menelepon dan menerima telepon melalui internet.
  • Tidak berlaku untuk jarak jauh.

ISP (INTERNET SERVICE PROVIDER) PERTAMA DI INDONESIA

Guys! Terkadang kita sulit bedain sebenarnya apa sih ISP yang pertama kali diterapkan di Indonesia? Apakah IPTEKNET atau IndoNet. Tapi setelah saya membaca memahami beberapa artikel ternyata IPTEKNET adalah ISP pertama di Indonesia, barulah tampil IndoNet sebagai ISP pertama yang komersial. Jadi perbedaannya, ISP IPTEKNET adalah ISP yang paling pertama diterapkan di Indonesia, sedangkan ISP IndoNet adalah ISP pertama yang paling komersial di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, lebih baik kita pahami sedikit mengenai kedua ISP tersebut di bawah ini.
IPTEKNET merupakan salah satu ISP pertama di Indonesia yang beroperasi penuh menjelang tahun 1994. IPTEKNET ini adalah suatu lembaga yang dibentuk oleh Menteri Riset dan Teknologi di masa B. J. Habibie. Sebenarnya, gagasan mengenai IPTEKNET ini telah ada di tahun 1986 namun baru diperkenalkan di dunia public pada tahun 1991. Awalnya IPTEKNET hanya ditujukan untuk jaringan local, namun karena kelebihannya menyebabkan IPTEKNET dapat terhubung ke seluruh dunia. Kemudian, masih di tahun yang sama muncul ISP komersial pertama Indonesia yang memanfaatkan lisensi dari P.T. Lintas Arta yang disebut dengan IndoNet dan dipimpin oleh Sanjaya. Metode sambungan jaringan internet dari IndoNet yang pertama yaitu dengan menggunakan metode dial-up. Lokasi dari IndoNet ini terdapat di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI. Mode teks yang pertama digunakan untuk melakukan akses di IndoNet yaitu mode teks shell account, browser lynx (browser berbasis teks, tidak ada gambar) dan email client pine pada server AIX.
Ping pertama yang masuk ke Indonesia melalui ISP IPTEKNET
Ping pertama yang masuk ke Indonesia melalui ISP IPTEKNET
Ping pertama yang masuk ke Indonesia terjadi pada tanggal 7 Juni 1994 yang dilakukan oleh Randy Bush dari Portland, Oregon, Amerika Serikat. Pada saat itu, Randy Bush mengirimkan sebuah paket data dari Amerika Serikat dan berhasil ditanggapi oleh mesin IPTEKNET dalam waktu 750 milisecon dan diketahui bahwa kecepatan koneksinya yaitu 64 Kbps (Kilobits per second). Ping adalah suatu program yang digunakan untuk memeriksa apakah sebuah koneksi internet telah terhubung antara satu mesin dengan mesin yang lainnya. Jika mesin yang dituju lama dalam hal memberi respon, dapat dikatakan bahwa mesin itu memiliki koneksi yang lambat. Sejarah Perkembangan Internet Dunia dan Indonesia Lengkap

MANFAAT INTERNET

Beberapa manfaat dari penggunaan internet yaitu :
  1. Sebagai media informasi. Melalui internet kita dapat mencari informasi apapun yang kita butuhkan, baik itu informasi pribadi maupun informasi umum.
  2. Sebagai media komunikasi atau pertukaran data. Melalui internet kita dapat berkomunikasi baik dalam bentuk teks, suara, gambar/video.
  3. Sebagai media pendidikan/pembelajaran secara online, contohnya belajar jarak jauh menggunakan e-learning.
  4. Mempermudah kita dalam kegiatan perdagangan, jual beli, promosi dan sebagainya.
  5. Mempermudah kita menemukan banyak referensi keilmuan melalui perpustakaan yang ada di internet (library online).
  6. Sebagai media melakukan hubungan social dengan seluruh orang di dunia.
  7. Sebagai media hiburan.
  8. Dan lain-lain.
Guys! Sekian dari saya mengenai pembahasan kali ini. Sebelumnya saya ingin menyampaikan dengan adanya perkembangan di dunia teknologi dan ilmu pengetahuan di saat ini masih mengharuskan kita untuk senantiasa berfikir dengan bijaksana dalam pemanfaatannya. Mengapa demikian? Di samping sejuta manfaat dari internet ternyata juga terdapat sejuta dampak negatifnya lho guys seperti kejahatan di dunia maya, terisolirnya seseorang dari lingkungannya dan lain-lain sebagainya. Informasi lebih lengkap mengenai dampak positif dan dampak negative Teknologi informasi dan komunikasi dapat dilihat di Dampak Positif dan Dampak Negatif Penggunaan TIK Maklumlah hukum alam telah menyatakan bahwa tiada yang sempurna kecuali Sang Pencipta. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memanfaatkan segala sesuatu yang telah ada. Usahakan kita lah yang mengendalikan teknologi, jangan sampai teknologi yang mengendalikan kita. Cukup sekian ya guys, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat. Mohon ma’af atas segala kesalahan. SEE YOU LATER!!!
Kunjungi juga artikel : sejarah jaringan komputer, sejarah perkembangan android, sejarah google yang belum kamu ketahui,

Save

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY