Ini Dia Sejarah Jaringan Komputer Lengkap Dengan Pengertiannya

Sejarah Jaringan Komputer Lengkap dan Pengertian Jaringan Komputer

Sahabat Seputar Ilmu Teknologi pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Jaringan Komputer Lengkap. tidak hanya sejarahnya saja yang kami bahas, kami juga menjelaskan apa pengertian jaringan komputer itu sendiri

kami harap informasi yang teman butuhkan dapat terangkum lengkap disini.

Selamat membaca kawan ๐Ÿ˜€

Pengertian Jaringan Komputer

Berbicara tentang jaringan komputer pasti sudah tidak asing lagi ditelinga teman โ€“ teman. Dari pelajaran TIK di SMP sudah membahas tentang jaringan komputer ini. Yap, secara harfiah, pengertian jaringan komputer merupakan suatu rangkaian komputer yang saling terkoneksi dan juga saling terhubung satu sama lain. Untuk lebih jelasnya lagi kita akan bahas dibawah ini.

Latar Belakang Penggunaan Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer Lengkap – Ada banyak sekali tujuan utama dari menghubungkan komputer di dalam satu jaringan. Salah satunya adalah membawa informasi secara tepat danย  tanpa adanya kesalahan dari pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

Singkatya, jaringan komputer itu sendiri dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari kepentingan suatu perusahaan atau korporat, hingga kebutuhan personal.

  • Kebutuhan akan komunikasi antar komputer.

Kebutuhan jaringan komputer untuk tingkat perusahaan contohnya yaitu ketika membutuhkan komunikasi antar divisi yang berada di dalam satu gedung, bagian HRD dengan bagian Keuangan contohnya ingin saling berbagi data / file.

Jadi menghubungkan komunikasi antar jaringan lokal ke semua komputer yang ada di dalam gedung perusahaan tersebut, sehingga komunikasi dan juga proses berbagi berkas antar instasi dan bagian dalam satu perusahaan menjadi jauh lebih mudah dan efektif pastinya.

Penggunaan jaringan untuk kepentingan personal, yang paling terasa adalah penggunaan jaringan di dalam rumah pribadi. Satu modem bisa digunakan oleh lebih dari 1 device, seperti PC, Laptop, hingga smartphone.

Sejarah Jaringan Komputer Lengkap – Dengan teknologi yang kita kenal sekarang ini yaitu PAN ( Personal Area Network), jaringan komputer yang dapat digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat yang dekat dengan seseorang, jangkauannya hanya beberapa meter saja.

Sudah pasti nih kalo penggunaan jaringan komputer ini pastinya memilki banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita, terutama di era modern seperti ini, dimana hampir semua yang kita lakukan, menggunakan bantuan dari sistem komputer dan juga jaringannya.

Untuk itu tidak ada salahnya kan kalo kita belajar sedikit tentang Sejarah Jaringan Komputer lengkap, biar tidak Hanya ngerti cara pakainya aja ? hehehe…

Baca juga : sejarah singkat Jaringan komputer

Berikut Sejarah Jaringan komputer Lengkap

Sejarah jaringan komputer ini kira โ€“ kira sudah dimulai lebih dari 70 tahun yang lalu untuk pertama kalinya digunakan.Kalau sekarang ini jaringan komputer sudah bisa digunakan oleh berbagai macam user, dan juga untuk berbagai keperluan, ternyata awalnya, ide penggunaan jaringan komputer itu sendiri jauh lebih sederhana daripada saat ini.

Di awal pembuatannya, ide untuk menciptakan suatu jaringan komputer adalah hanya agar suatu perangkat sistem komputer bisa diguakan secara bersama โ€“ sama. Latar belakangnya karena harga komputer yang masih sangat mahal sehingga belum bisa dibeli oleh orang biasa pada saat itu.

Baca juga : jenis jenis topologi jaringan

1940-an : Batch Processing

Pemikiran ini telah dikemukakan 1940-an di Amerika, tepatnya di sebuah laboratorium Bell dan juga grup riset dari Univerrsitas Harvard. Saat tu, Prof. H.Aiken memimpin suatu penelitian mengenai pengembangan dari komputer MODEL I.

ini dia sejarah jaringan komputer lengkap - Batch Processing
sejarah jaringan komputer lengkap – Batch Processing

Pada saat itu, agar para pengguna komputer dapat semakin maksimal, dapat digunakan bersamaan dan dapat mengerjakan banyak proses tanpa perlu membuang waktu banyak.

Maka, munculah suatu implementasi program bernama Batch Processing atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah proses beruntun. Oleh karena itu kemudian pengguna dapat memanfaatkan beberapa komputer untuk mengerjakan banyak program dan pekerjaan dalam sekali waktu.

1950-an : Mulai dikembangkan proses TSS (Time Sharing System)

diperkirakan 10 tahun kemudian, tepatnya era 1950-an, pemakaian dan juga pengembangan dari sebuah sistem komputer menjadi semakin berkembang dan juga membesar. Ditandai dengan berkembangnya siskom yang kita sebut sebagai super komputer.

berikut Pengertian Jaringan Komputer - proses TSS (Time Sharing System)
Pengertian Jaringan Komputer – proses TSS (Time Sharing System)

Dengan adanya super komputer ini juga mempengaruhi tuntutan dari perusahaan, yakni satu komputer harus bisa melayani dan menjalankan program dari beberapa terminal.

Tuntutan inilah yang melatar belakangi diciptakan sebuah sistem dikenal dengan nama TSS atau Time Sharing System. Sistem ini merupakan sistem pertama yang serius dalam mengimplementasikan dan akhirnya ย menjadi cikal bakal network atau jaringan yang kita kenal hingga saat ini.

TSS ini adalah sebuah sistem dimana sebuah komputer bisa melayani beberapa terminal yang disebut juga dengan istilah distribusi berdasarkan waktu ๐Ÿ˜€

Dengan begitu sistem ini memungkinkan salah satu komputer bertindak sebagai server atau host, yang dapat diakses dengan menggunakan terminal atau workstation, atau client โ€“ client yang tersedia dalam waktu bersamaan.

1970-an โ€“ Distribution Processing: Perkembangan dari TSS

Setelah kita amati bersama perkembangan teknologi ini memang tidak ada habisnya. Setelah proses TSS mulai berkembang, tahun 1970-an mulailah berkembang sebuah sistem jaringan komputer yang baru.

referensi sejarah jaringan komputer lengkap - Distribution Processing Perkembangan dari TSS
sejarah jaringan komputer lengkap – Distribution Processing Perkembangan dari TSS

Sistem jaringan tersebut disebut dengan nama proses distribusi atau dalam bahasa Inggris disebut Distribution Processing.

  • Latar Belakang Pengembangan dari Distribution Processing

Latar belakang pembentukan konsep sistem jaringan komputer ini disebabkan beban pekerjaan yang mampu ditanggung oleh sebuah komputer menjadi lebih banyak, sedangkan komponen dan harga dari sebuah komputer sangat mahal.

Untuk itu, suatu data yang terdapat di dalam host ataupun server dibagi โ€“ bagi secara paralel dengan host lainnya.

  • Kelebihan dari Distribution Processing

Penggunaan sistem jenis Distribution Processing ini memungkinkan lebih dari 2 host dalam mengerjakan tugasnya kawan, dimana masing โ€“ masing server atau host dapat melayani banyak terminal atau client nya.

Dengan adanya proses ini, maka sudah pasti kemampuan dari sebuah host ataupun server dalam mengolah data dan melayani station atau terminal menjadi lebih optimal, karena bisa menghandle banyak terminal sekaligus.

1972 + ย Terobosan baru: Surat Elektronik dan ARPANET

Tahun1972, Roy Tomlison berhasil mengembangkan sistem surat elektronik, yang kita kenal hingga hari ini sebagai pembawa pesan dengan waktu yang sangat cepat.

Segera setelah email berkembang pesat dan banyak diminati, Roy membangun suatu jaringan yang diberi nama ARPANET, yang ternyata sangat mudah untuk digunakan.

Tanpa disangka โ€“sangka ternyata program jaringan ARPANET ini kemudian mulai meluas dan populer penggunaannya dan mulai dikembangkan lebih lanjut hingga saat ini.

1973 + Kelahiran dari internet atau jaringan internasional (International Network)

Setahun kemudian, tahun 1973, ada dua orang ahli komputer yang mulai mengembangkan dan juga mengusulkan sebuah jaringan komputer yang sangat luas dan dapat digunakan oleh seluruh dunia.

Vinton Cerf dengan Bob Kahn membuat sebuah gagasan besar, yang menjadi sebuah cikal bakal dari terciptanya internet atau international network. Hingga saat ini internet pun
telah berkembang manjadi jaringan terbesar di dunia, yang dapat menghubungkan setiap orang di belahan dunia ini.

1980 โ€“ an : Standarisasi jaringan menggunakan TCP/IP

Sejarah Jaringan Komputer Lengkap – Dengan berkembangnya teknologi pada perangkat komputer, ditambah lagi maraknya penciptaan komputer baru hingga era 80-an, maka saat itu kebutuhan akan jaringan antar komputer menjadi semakin banyak dan diminati.

bacalah ini sejarah jaringan komputer lengkap - Standarisasi jaringan menggunakan TCP IP
sejarah jaringan komputer lengkap – Standarisasi jaringan menggunakan TCP IP

Oleh sebab itu, maka dibuatlah suatu protokol resmi mengenai jaringan internet. Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol yang diperi nama TCP (transmission Control Protocol) atau yang saat ini sering kali kita kenal dengan istilah IP alias Internet Protocol.

Protokol tersebut memungkinkan beberapa komputer bisa saling terhubung ke dalam sebuah jaringan international yang dapat menghubungkan banyak user di seluruh dunia.

1984 + : Pengenalan Domain Name System

Dengan adanya TCP/IP ini, maka setiap komputer dapat terhubung melalui jaringan internet secara luas dan mendunia. 1984 diperkenalkan sistem domain. Sistem domain ini kemudian dapat menyeragamkan alamat โ€“ alamat yang berada pada jaringan yang sama.

Domain ini kemudian dikenal dengan sebutan domain name system atau DNS ๐Ÿ˜€ , dimana dalam satu DNS terdapat beberapa alamat yang berbeda, dan bisa dikunjungi oleh banyak orang, siapapun itu yang sudah terhubung ke dalam jaringan internet.

Penggunaan Local Area Network ( LAN )

Sejarah jaringan komputer selanjutnya adalah LAN. Sebelum internet mulai dicetuskan, terdapat pula suatu koneksi jaringan komputer yang juga cukup populer dan banyak dikembangkan. Sitem jaringan ini dikenal dengan istilah Peer to Peer Local Area Network.

Dengan koneksi jaringan komputer secara peer to peer LAN ini memungkinkan dua komputer bisa saling terhubung dan juga terkoneksi ke dalam suatu jaringan, tanpa membutuhkan suatu host ataupun server.

Penggunaan jaringan peer to peer LAN pada saat ini masih banyak digunakan biasanya untuk keperluan multiplayer game.

1988 + Internet Relay Chat ( Fitur yang mulai berkembang pesat )

Perkembangan jaringan komputer yang berkembang pesat ini melahirkan jaringan seperti LAN dan Internet,ย  hal tersebut juga berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Di era 1980-an, tepatnya 1988, seseorang dari Finlandia bernama Jarkko Oikaren mengembangkan sebuah sistem chatting berbasis jaringan komputer yang dapat digunakan secara luas menggunakan internet.

Sistem ini dinamakan internet relay chat (IRC) dimana pada pengguna sebagai user dapat melakukan chatting menggunakan jaringan internet.

  • Keunggulan Internet Relay Chat

Pada saat itu, fitur chat seperti ini merupakan salah satu terobosan baru, karena saat itu fitur berkirim pesan seperti SMS juga belum populer, atau mungkin belum ada. karena perkembangan dari aplikasi Chatting tersebut, pada tahun โ€“ tahun itu penggunaan komputer dan juga masuknya komputer ke dalam jaringan bertambah dengan sangat pesat.

Kira โ€“ kira, masuknya komputer ke dalam sebuah jaringan komputer secara internasional (internet) melonjak hingga 10 kali lipat, meskipun belum memiliki fitur yang canggih seperti saat ini.

1990-an : Kelahiran WWW atau World Wide Web

Era tahun 1990, Tim Berners Lee mulai mengembangkan dan juga merancang suatu program penyunting dan juga program yang dapat melihat isi dari internet, yang kita kenal hingga saat ini dengan nama www atau world wide web.

Pengembangan dari www ini memungkinkan antar komputer dapat melakukan penjelajahan serta memberikan akses bagi sesama komputer untuk membentuk suatu jaringan.

  • Semakin pesatnya penggunaan www

Tidak hanya berhenti sampai saat itu saja, perkembangan sejarah dari sebuah jaringan komputer sudah menjadi semakin pesat. Penggunaan www di jaringan internet ini membuat pengguna jaringan dapat terhubung dengan lebih dari 1 juta komputer di tahun 1992. Dua tahun kemudian, 300 situs telah bergabung di website.

Fitur โ€“ fitur yang berkembang di era www

Sejarah Jaringan Komputer Lengkap – Pada masa ini kawan โ€“ kawan sudah mulai dapat berbelanja online dengan alamat website yang dikenal dengan e-rentail saat itu dan e-commerce saat ini. Di tahun ini juga Yhoo mulai didirikan, dan muncullah penggunaan netscape navigator yang kita kenal dengan browser.

Browser ini dapat digunakan untuk melakukan browsing kebeberapa situs serta alamat yang telah terdaftar di dalam jaringan internet.

Sejarah Jaringan komputer kabel

Berbicara tentang komputer pasti tidak lepas dengan perangkat hardware ( perangkat keras ), begitu juga dengan jaringan komputer.

Setelah kita baca sejarah jaringan komputer dari awal, semua jaringan tersebut dihubungkan menggunakan teknologi kabel, sehingga komputer dapat saling terhubung satu sama lain.

kabel pertama yang digunakan masih terbuat dari tembaga, yang saat ini sudah mulai tersisihkan denga teknologi baru seperti fiber optik dan penggunaan wireless yang merupakan standar yang banyak diterapkan oleh para provider dalam menghubungkan komputer ke jaringan.

baca juga : topologi tree

Ethernet Card dalam jaringan komputer

Ketikajaringan LAN mulai popluer, maka diperlukan sebuah hardware yang dapat mendukung konektivtas antar komputer secara lokal dan terstandarisasi yakni ethernet card.

  • Fungsi Ethernet Card

Ethernet card memiliki fungsi untuk mendukung penggunaan jaringan LAN antar komputer, sehingga setiap komputer dapat terhubung secara mudah juga dapat digunakan untuk membantu mendukung konektivitas dari peer to peer local area network.

  • Sejarah penggunaan Ethernet Card

Ethernet Card diciptakan dan dikembangkan oleh Xerox tahun 1976. Kemudian di tahun 1983, ethernet card menjadi salah satu protokol standar untuk membangun suatu jaringan lan dan juga dapat digunakan untuk mengkoneksi komputer dengan jaringan internet yang lebih luas.

Penggunaan jaringan Internet secara luas

Pada akhir era 80 sampai 90-an, penggunaan internet pun semakin meluas. Ditandai dengan munculnya berbagai situs dan juga website, serta mulai bertambah banyaknya komputer yang terhubung dengan jaringan internet yag luas. Di saat itu, penggunaan jaringan internet dapat menggunakan koneksi dial up.

  • Pemakaian Koneksi dial up dalam jaringan internet

Dial up ini merupakan sebuah kondisi dimana komputer dapat terhubung dengan jaringan internet menggunakan kabel telepon. Penggunaan kabel telepon sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet merupakan terobosan terbaru saat itu, dan banyaknya masyarakat yang telah memiliki telephon rumah, membuat penggunaan jaringan internet ini pun membuming keseluruh dunia.

Dalam penggunaan Dial Up, muncul sebuah perangkat baru yakni modem ADSL. Modem ADSL memiliki fungsi untuk menselaraskan kerja telephon rumah sehingga fungsi fax dan dial up masih dapat berjalan dengan baik.

Jaringan Wireless

Sejarah jaringan komputer sendiri juga tidak terlepas dari perkembangan jaringan wirreles network. Wireless network ini merupakan teknologi jaringan komputer yang membuat setiap komputer dapat terhubung tanpa menggunakan kabel.

Wireless memanfaatkan gelombang untuk memacarkan signal, setiap komputer yang sudah bisa membaca sinyal yang dipancarkan melalui gelombang, sehinhha bisa saling terhubung satu sama lain.

  • Sejarah pengembangan wireless fidelity

WiFi (wireless fidelity)dikembangkan untuk pertama kalinya oleh perusahaan IBM pada tahun 70-an teknologi yang digunakan adalah IR ( infra red ).

Pertama kalinya, wireless ini dirancang untuk mendukung konektivitas jaringan LAN, tapi ketika uji coba dilakukan kekuatan / kecepatan dari WiFi tidak memuaskan dan kemudian tidak jadi dipasarkan.

Kemudian di tahun 1990 penggunaan WiFi mulai dipasarkan setelah melewati berbagai macam perkembangan dan inovasi yang dilakukan.

Dan hingga kini, penggunaan dari WiFi terus berkembang, untuk saling mengkoneksikan komputer kedalam suatu jaringan, dan mulai banyak diproduksi berbagai macam modem WiFi,

yang dapat memungkinkan penggunanya untuk terhubung dalam satu lingkup jaringan yang sama tanpa menggunakan kabel dalam suatu ruangan.

Penggunaan jaringan Komputer

Pembagian dari jaringan komputer itu ada banyak seperti letak geografis, protokol, topologi dan lain sebagainya namun yang sering di pakai adalah jaringan berdasarkan letak geografisnya.

Teknologi dalam hal ini sudah banyak bermunculan seperti PAN, LAN, MAN, WAN, dan INTERNET. Beberapa akan kita bahas di artikel ini seperti :

LANย  – Local Area Network atau jaringan lokal komputer

Pengertian LAN

LAN singkatan dari Local Area Network atau jaringan lokal komputer. LAN digunakan untuk koneksi jaringan dengan jarak yang dekat dengan jarak maksimal 1 km, biasanya jenis jaringan ini di pasang di sebuah gedung, rumah, dan area kecil lainnya.

LAN ini biasanya juga membutuhkan server dan host. Client atau station yang terhubung dengan jaringan LAN ini bisa saling berbagi dan juga mengakses data yang berada di dalam server sesuai dengan batasan yang telah ditentukan server, selama komputer client terhubung ke dalam jaringan LAN.

  • Keuntungan dari jaringan LAN

LAN merupakan salah satu solusi bagi instansi yang sangat ingin agar data โ€“ data rahasia tidak mudah bocor, karena server tidak akan bisa diakses apabila komputer tidak terkoneksi denga jaringan tersebut.

MAN – Metropolitan Area Network

Pengertian MAN

MAN singkatan dari Metropolitan Area Network. Merupakan jenis jaringan yang mungkin jarang ditemui, karena jaringan ini biasanya merupakan jaringan dalam satu kota. Dimana jarngan ini menghubungkan setiap client yang cukup jauh dengan jangkauan 1 daerah.

Biasanya banyak digunakan oleh perusahaan โ€“ perusahaan pusat agar bisa mengekses peruhasaan cabangnya.

WAN – wide area network

Pengertian WAN

WAN singkatan dari wide area network, yang merupakan jenis jaringan paling luas. WAN memungkinkan komputer kita terhubung dengan international network alias internet. Atau dengan kata lain dapat menghubungkan kita dengan orang lain antar benua.

Dengan WAN, kita dapat berhubungan dengan banyak orang di berbagai belahan dunia dengan mudah.

Penggunaan Jaringan internet secara luas

Saat ini perkembangan dari jaringan komputer bertambah pesat dan menjadi semakin luas lagi. Hingga saat ini, rata โ€“ rata semua orang sudah memiliki komputer, baik dalam bentuk komputer, laptop, hp, smartphone dll. Dengan jaringan yang paling banyak digunakan adalah intenet.

Mengapa Internet banyak dipakai ?

Banyak alasan yang membuat orang memilih masuk kejaringan internet, seperti ada beberapa alasan di bawah ini :

  1. Kemudahan pengguna untuk mengakses internet
  2. Biaya akses jaringan yang cukup murah
  3. Terdapat update info terkini
  4. Banyak fitur sosial yang disediakan seperti, chatting, email, dan juga sosial media lainnya
  5. Penggunaan Internet dapat sebagai jaringan e-commerce sperti berbelanja online
  6. Banyak provider yang menyediakan layanan internet
  7. Update info terbaru mudah untuk diakses

Segala sesuatu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan didalamnya yang memberikan warna dalam kehidupan.

Begitu pula dengan jaringan internet, memiliki dampak negatiff dan positifnya sendiri tergantung kita sebagai penggunanya harus pandai memanfaatkan jaringan tersebut.

Dan tidak bisa dielakkan lagi jika jaringan internet merupakan salah satu penemuan terbesar didalam sejarah komputer itu sendiri.

Nah sekarang kawan sudah tahu bagaimana sejarah jaringan komputer lengkap itu ?

semoga bermanfaat dan bisa nambah pengetahuan kalian saat belajar komputer di sekolah

Baca juga :

Demikianlah Pembahasan Sejarah Jaringan Komputer Lengkap Dengan Pengertiannya

Silahkan share artikelnya ke teman teman yang lainnya ya ๐Ÿ˜€

Kunjungi artikel menarik lainnya di Blog Tutorial Komputer ini ya

Sampau bertemu kembali kawan ๐Ÿ˜€

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY