Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android Lengkap

1484

Berikut Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android Lengkap

Hai guys, apa kabar semuanya? Semoga selalu baik ya. Ketemu lagi nih sama saya tentunya dengan pembahasan dan mengenai topic yang baru dong! Kali ini saya berkesempatan untuk berbagi ilmu dan wawasan kepada kalian semua mengenai Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android Lengkap, mengapa bagitu? Ya memang Android itu sedang marak digunakan sebagai system operasi perangkat seluler layar sentuh dan computer tablet kok. Itulah kehebatan android guys, hampir seluruh computer tablet dan perangkat seluler layar sentuh lainnya kini berbasis system operasi android.
Agar kalian lebih mengerti dan paham mengenai Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android, mendingan kita pahami pembahasan berikut ini!

PENGERTIAN SISTEM OPERASI ANDROID

ini dia Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android Lengkap
Android
Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android  – Android merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang dirancang sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan untuk perangkat seluler layar sentuh seperti Smartphone, komputer tablet dan lain-lain.
Dikarenakan sistem operasi android memiliki sumber yang bersifat terbuka dan memiliki Lisensi Apache (lisensi perizinan pada android yang memungkinkan perangkat lunak untuk dikembangkan secara bebas dan disebarluaskan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi) mengakibatkan android dapat menggeser posisi Symbian di tahun 2010 dan tercatat pula bahwa android merupakan platform paling populer bagi para pengembang dimana hal ini merupakan hasil dari survey yang dilakukan pada bulan April-Mei 2013 yang diketahui dimana terdapat kurang lebih 71% pengembang aplikasi seluler.
Hal itu mengakibatkan system operasi android yang dimana pada awalnya khusus dibuat untuk telepon pintar dan tablet, kini juga telah dikembangkan menjadi aplikasi tambahan di televisi, kamera digital, dan perangkat elektronik lainnya.
Pada bulan November 2013, Android berhasil manjadi penguasa di lingkungan pasar telepon pintar global, terutama oleh produk-produk Samsung. Keberhasilan yang diraih sistem operasi android ini juga menjadikannya sebagai target ligitasi paten “perang telepon pintar” antara perusahaan teknologi yang satu dengan perusahaan teknologi yang lain. Telah tercatat hingga bulan Mei 2013, sekitar 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah terpasang di Google Play (Toko aplikasi utama android) dan kemudian kembali tercatat pada tanggal 3 September 2013 sebanyak 1 miliar perangkat android telah diaktifkan Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android Lengkap

SEJARAH SINGKAT PEMBENTUKAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM OPERASI ANDROID

Sejarah sistemoperasi Android dan Perkembangannya Dari Awal sampai sekarang
Gambar Andy Rubin
Awal mulanya, android didirikan ole Andy Rubin beserta rekan-rekannya melalui Android Inc. Dimana Android Inc ini terletak di Palo Alto, California, Amerika Serikat yang didirikan pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat seluler/telepon genggam/gadget yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya.
Awal tujuan dari pengembangan system operasi android tidak lain adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi berkelas tinggi yang ditujukan untuk kamera digital. Tidak lama kemudian mereka menyadari bahwa lingkungan pemasaran untuk kamera digital tidak terlalu besar dan luas. Setelah itu mereka berfikir untuk melakukan pengembangan system operasi android pada perangkat yang pemasarannya cukup besar dan luas dan itu ditujukan pada smartphone.
Pada tanggal 17 Agustus 2005, Google membeli dan memberikan dukungannya secara resmi kepada android dimana hal itu tentunya menjadikan android sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Di perusahaan Google ini, tim yang dipimpin oleh Rubin mulai melakukan pengembangan platform gadget dengan memanfaatkan kernel Linux. Setelah itu, Google memasarkan platform tersebut kepada produsen gadget dan operator nirkabel, dengan janji bahwa mereka akan senantiasa menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diperbaharui.
Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android  ini selalu mengalami perkembangan dan pembaharuan. Hal itu terbukti pada tanggal 5 November 2007 dimana Open Handset Alliance (OHA) didirikan. Tujuan daripada didirikannya OHA tidak lain adalah untuk melakukan pengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler/gadget. Ketika itu Android diresmikan sebagai produk pertama dengan memanfaatkan sebuah platform berbasis kernel Linux versi 2.6. Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008.
Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android Lengkap – Sejak tahun 2008 tersebut, android secara perlahan dan bertahap melakukan berbagai pembaharuan dan pengembangan guna meningkatkan kinerja sistem operasi, menciptakan berbagai fitur baru, dan melakukan penyempurnaan serta perbaikan pada bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Perlu diketahui bahwa pemberian nama pada berbagai versi utama android ini diberikan menurut urutan alphabet dan keseluruhannya merupakan nama makanan pencuci mulut yang mengandung gula.

Jenis Jenis Versi Android Dari Awal Pembentukannya Hingga Sekarang

Perkembangan sistem operasi android sejak Android versi 1.0 hingga Android versi 4.4
Perkembangan sistem operasi android sejak Android versi 1.0 hingga Android versi 4.4
  • Android versi 1.0 (Astro)
    Android Versi 1.0 ini diluncurkan pada tanggal 23 September 2008. Perlu diketahui bahwa sebenarnya android versi pertama ini akan diberi nama Astro. Namun dikarenakan masalah hak cipta nama Astro, maka pemberian nama tersebut tidak jadi diresmikan.Pada android ini telah diperkenalkan yang namanua Android Market (tempat untuk mendownload berbagai macam aplikasi dan update untuk Android). Ditemukan pula berbagai fitur-fitur syncronisasi yang berbasis layanan Google seperti Google Contact, Maps, Talk dan lain-lain.
  • Android versi 1.1 (Bender)
    Android versi 1.1 merupakan android pertama yang memberikan sentuhan pada beberapa jenis aplikasinya seperti system user interface yang lebih baik. Dalam hal pemberian nama, versi android kedua ini juga mengalami permasalahan yang sama dengan versi pertama.
  • Android versi 1.5 (Cupcake)
    Android versi ini diluncurkan pada bulan Mei 2009. Dikarenakan ini merupakan versi ketiga, maka pemberian namanya diawali dengan huruf C. Dan terbuktilah bahwa nama dari versi ketiga android ini adalah Cupcake. Android versi 1.5 ini merupakan hasil dari penyempurnaan dan pembaharuan dari android versi 1.1. Perubahan yang tampak pada android versi 1.5 diantaranya adalah adanya fasilitas mengunggah video ke Youtube, tampilan keyboard dilayar, serta tampilan gambar bergerak yang lebih atraktif. Selain itu, ditemukan pula “widget” yang dapat dibesar kecilkan serta adanya fasilitas untuk meng-upload video dan gambar ke Youtube ataupun Picasa.
  • Android versi 1.6 (Donut)
    Versi ini diluncurkan pada bulan September 2009 (sekitar 4 bulan setelah diluncurkannya android cupcake). Sudah barangkali tentu android versi Donut ini memiliki berbagai fitur yang lebih baik dibanding versi-versi sebelumnya. Pada versi ini dijumpai juga teknologi-teknologi terbaru diantaranya adalah CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemampuan lain yang dimiliki diantaranya yaitu support layar dengan memanfaatkan resolusi WVGA, dapat menampilkan penggunaan dan indicator baterai, User dapat melakukan seleksi terhadap file yang ingin dihapus dan lain sebagainya.
  • Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
    Di tahun yang sama yaitu sekitar 3 bulan setelah peluncuran android versi 1.6, Android kembali meluncurkan versi terbarunya yaitu android versi 2.0/2.1 Eclair. Dengan merilis 4 versi ditahun yang sama, mengakibatkan banyak diantara perusahaan-perusahaan pengembang teknologi tertarik untuk bekerja sama dengan android. Inilah saat-saat dimana android mengalami kebangkitan dan melakukan berbagai dobrakan. Salah satunya yaitu android melakukan berbagai penambahan fitur guna mengoptimalkan perangkat keras, peningkatan mutu dan fungsi Google Maps 3.1.2, Beberapa versi terbarunya yaitu Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.
  • Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
    Versi android ini diperkenalkan pada tanggal 20 Mei 2010 dimana versi ini dirilis pertama kali pada smartphone Google Nexus One. Melalui versi ini, android melakukan beberapa pembaharuan serta perbaikan mengenai berbagai aplikasi serta bentuk tampilannya. Selain itu, harapan untuk bisa memanfaatkan suatu kartu ekspansi berbentuk slot Micro SD berkapasitas besar sudah dapat direalisasikan melalui versi ini.
  • Android versi 2.3 (Gingerbread)
    Android versi 2.3 (gingerbread) diperkenalkan sekitar 7 bulan setelah diluncurkannya android versi 2.2. Jika dilihat dari bentuk tampilannya, Gingerbread jauh lebih unggul bahkan versi ini sudah bisa digunakan untuk melakukan video call dibanding android versi-versi sebelumnya. Telah tercatat bahwa terdapat banyak peningkatan dan pembaharuan yang ada pada versi ini, diantaranya adalah meningkatnya mutu dan kualitas beberapa aplikasi dan game. Perlu diketahui bahwa android versi ini lebih banyak memiliki pengguna dibanding versi-versi yang lainnya dan pengguna dari android versi 2.3 (gingerbread) ini tercatat sekitar 65% dari seluruh pengguna system android yang lain.
  • Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
    Android versi ini diluncurkan pada bulan Mei 2011. Pengguna pertamanya adalah Motorola Xoom. Android versi 3.0/3.1 ini merupakan versi yang dirancang khusus bagi pengguna tablet berbasis android. Halaman pengguna (user interface) yang diterapkan pada Android versi ini jauh sangat berbeda dengan yang diterapkan pada smartphone Android. Hal tersebut tentu saja dikarenakan tampilan layar tablet yang lebih besar dibanding layar smartphone.
  • Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)
    Android versi ini dirilis di bulan Oktober 2011. Pada android versi ini, terdapat banyak pembaharuan dan peningkatan diantaranya yaitu semakin meningkatnya kemampuan fotografi, kualitas video, dan lain-lain sebagainya.
  • Android versi 4.1 (Jelly Bean)
    Salah satu perangkat seluler yang memanfaatkan android versi ini adalah Google Nexus 7 yang diilhami oleh ASUS (vendor dari Taiwan yang juga merupakan tempat asal acer). Salah satu peningkatan yang terdapat pada versi ini yaitu meningkatnya kemampuan dan kualitas keyboard.
  • Android versi 4.4 (KitKat)
    Pada tanggal 4 september 2013 adalah saat-saat dimana diluncurkannya android versi 4.4 (kitkat). Sebenarnya, sempat beredar bahwa versi android yang akan diluncurkan adalah Android Key Lime Pie. Namun karena telah dilakukan beberapa analisis maka android tersebut diubah namanya menjadi android kitkat.
  • Android versi 5.0 (Lollipop)
    Sejarah Android dan Perkembangannya Dari Awal sampai sekarang
    Android versi 5.0 (lollipop) terbaru
    Pada android versi ini terjadi pembaharuan dan peningkatan yang lebih terfokus pada hal yang berkaitan dengan desain dan performa. Dari segi performa, versi ini telah menerapkan processor 64 bit dan memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibanding versi-versi sebelumnya.

KELEBIHAN SISTEM OPERASI ANDROID

  • User Friendly (Mudah digunakan). Sistem operasi android ini sangat mudah dioperasikan dan dijalankan, ibarat kata cukup belajar 1 menit saja kita sudah mengeri dan paham dengan seluk beluk dari system android tersebut.
  • Notifications (Pemberitahuan)
  • Tampilannya yang berkelas tinggi.
  • Open Source (Bebas Biaya)
  • Memiliki ragam aplikasi. Dengan system android ini kita dapat memperoleh banyak aplikasi yang kita inginkan. Selain terdapat aplikasi berbayar, juga terdapat aplikasi gratis yang tentunya dapat diunduh secara bebas melalui google play.

KEKURANGAN SISTEM OPERASI ANDROID

  • Update system yang cukup lama dan sedikit menyulitkan atau ribet dengan kata lain jika kita ingin melakukan pembaharuan system atau versi-versi terbaru dari android kita harus menunggu berbagai persyaratan dan ketentuan yang kurang efektif dan efisien.
  • Batterai cepat habis. Biasanya hal ini terjadi jika kita terlalu banyak mengaktifkan aplikasi.
  • Lemot atau lambat dalam melakukan beberapa tugas dan fungsi dimana ini disebabkan karena tidak sesuainya aplikasi dengan perangkatnya (RAM/prosessornya).

Demikian Pembahasan Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android Lengkap

Sekian dari saya, jika ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf. Semoga apa yang saya bahas di sini dapat menambah ilmu dan wawasan kita semua. Guys! Bagi kalian yang ingin menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai tutorial belajar internet dan computer, kunjungi saja artikel terkait ya di Seputar IT. See You Again Guys!
Terima kasih karena telah mengunjungi Seputar IT.

Artikel menarik lainnya : sejarah google yang belum diketahui, sejarah internet dunia dan indinesia, sejarah jaringan komputer, sejarah komputer dari generasi ke generasi, sejarah twitter, dampak negatif dan positif internet.

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY