Perbedaan Wireless Router Dengan Wireless Access Point

Berikut perbedaan wireless router dengan wireless access point

Hai sobat blog SeputarIT, di pembahasan kali ini saya akan memberikan perbedaan wireless router dengan wireless access point, yang bisa membantu kawan-kawan untuk memahami fungsi dari kedua perangkat tersebut.

perbedaan wireless access point dengan wireless router
ini perbedaan wireless router dengan wireless access point.

Jika kawan sedang mencari perbedaan wireless router dengan wireless access poin, anda berada di halaman yang tepatj, monggo lanjutkan baca artikelnya.

Selamat membaca…….

Kawan mungkin cukup dibuat bingung dengan kedua perangkan ini, di artikel ini akan membahas perbedaan dari kedua perangkat ini,

kawan bisa membedakan wireless router dengan wireless access point dari harganya biasanya wireless router memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan wireless access point, namun terdapat perbedaan lainya dari kedua perangkat tersebut,

kawan bisa  melanjutkan membaca agar dapat mengetahui perbedaan dari wireless router dengan wireless access point.

Berikut ini perbedaan wireless router dengan wireless access point

wireless router dapat membatasi akses ke suatu web

wireless router dapat membatasi akses ke suatu web untuk para clientnya, ini merupakan fungsi dari fitur parental control.Fungsi ini tidak dapat kawan temukan di wireless access point.

Port forwading

Jika kawan menggunakan wireless router kawan dapat menggunakan wireless router untuk memetakan port service yang ada pada port service/interface service yang ada pada di computer server ke port yang berbeda atau sering disebut port forwading,

sementara jika kawan menggunakan wireless access point kawan tidak akan mendapatkan fitur port forwading ini.

port redirecting

Wireless router dapat membelokan paket data yang ditujukan ke server, dan wireless access point tidak  bisa melakukan port redirecting ini.

Routing

Wireless router dapat melakukan routing karena memang wireless router dirancang salah satunya untuk meroutingkan paket,

sementara wireless access point di rancang hanya sebagai bridge atau jembatan, yang digunakan untuk mengirimkan paket data kepada client dari router ke wireless access point.

Wireless access point biasanya digunakan ketika ingin meroutingkan paket dari router atau modem secara wireless.

NAT (Network Address Translation)

Wireless router dapat melakukan penerjemahan alamat ip private ke ip public yang digunakan sebagai ip sumber internet (ISP), dan memanipulasi ip private menjadi ip public yang digunakan agar bisa mengakses internet.

Sedangkan wireless access point tidak memiliki fitur NAT seperti yang disebutkan di atas wireless access point hanya sebaga jembatan(bridge).

DDNS

Perangakat wireless router biasanya dilenkapi dengan DNS (dynamic domain name system), yang digunakan ketika ip public yang digunakan untuk jaringan local kawan menggunakan ip dinamis, atau berubah-ubah, dan wireless access point tidak dilengkapi dengan fitur ini.

Baca juga:

Nah itu tadi di atas perbedaan wireless router dengan wirelesss access point.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu kawan yang membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya.