Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer Beserta Gambarnya

2094

Inilah Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer Beserta Gambarnya

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer Beserta Gambarnya – Selamat datang teman,,,,,, Disini kita akan membahas tentang perangkat komputer!!oh ia teman- teman kalian udah tau belum apa saja perangkat Komputer ? kalau yang belum tau di sini kita akan membahas perangkat computer dengan santai aja ia temen temen,,,sebelum kita membahas hardware kita akan membahas mengenai elemen dasar Komputer .

Elemen Dasar Komputer

Elemen dasar komputer ada 3 yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
2. Software ( Perangkat Lunak )
3. Brainware ( Pengguna / User )

Elemen dasar komputer tersebut tidak dapat dipisahkan, saling terhubung dan membentuk satu kesatuan. perangkat keras atau yang di sebut hardware adalah peralatan sistem komputer yang secara fisik dapat dijamah dan disentuh.

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer Beserta Gambarnya

Hardware dibagi menjadi 4 jenis , yaitu :
– perangkat keras masukan ( input )
– perangkat keras proses (proccessing)
– perangkat keras keluaran ( output )
– perangkat keras penyimpanan ( storage )

A. Perangkat Keras Masukan ( Input )

Penjelasan Perangkat Keras Komputer Beserta Gambarnya – Perangkat keras masukan adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memasukkan data ke unit proses untuk diolah datanya oleh unit pemroses.
contoh perangkat input adalah :

1. keyboard

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer Beserta GambarnyaBerikut perangkat keras komputer yang berupa tombol tombol untuk memasukan data – Merupakan perangkat input berupa papan ketik untuk memasukkan data, angka, dan karakter khusus lainnya.

2. Mouse

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer mouseIni perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat input – Adalah perangkat yang digunakan untuk mengatur dan mengarahkan posisi pointer ( kursor ) pada layar komputer untuk menunjuk tombol/objek perintah.

3. Scanner

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer ScannerAdalah perangkat yang digunakan untuk membaca input/data dengan cara merekam objek secara elektronik kemudian hasil dari perekaman tersebut akan diolah oleh komputer .

B. Perangkat Keras Pemeroses

Perangkat keras pemeroses adalah alat yang berfungsi untuk melakukan pengolahan/pemerosesan data yang dimasukkan lewat perangkat masukan (input) dan hasil dari perangkat tersebut ditampilkan unit output (keluaran).
contoh perangkat keras pemeroses:

1. Central Processing Unit (CPU)

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer Beserta Gambarnya – adalah tempat untuk melakukan peroses intruksi /perintah program yang digunakan untuk mengolah data.
komponen yang terdapat dalam CPU antara lain:

– Arithmetic Logical Unit (ALU)

berfungsi untuk melakukan tugas tugas peroses penghitungan aritmetika logika.

– Control Unit

berfungsi untuk mengatur peroses kerja computer, baik peroses kerja dalam CPU sendiri atau dalam berhubungan dengan input/output devisi.
Di dalam CPU terdapat beberapa komponen ( hardware )

– Motherboard
Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer motherboardMotherboard atau sering dikenal dengan mainboard merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat perangkat lain. seperti prosessor, memori, VGA card, sound card , LAN card. setiap perangkat memiliki slot tersendiri yang memungkinkan perangkat tersebut malekat di motherboard.
2. Catu Daya (Power Supply)

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer catu dayaberfungsi untuk menyuplai tegangan kesemua peralatan yang ada pada CPU.

3. Mikroprosesor

Sering disebut prosessor yang merupakan pusat pengolahan data dan pengontrol kerja komputer.

4. Sound Card

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer sound cardadalah perangkat komputer yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal suara.

5. VGA Card

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer VGA cardadalah peralatan komputer yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

6.  Memori

memori merupkan sekumpulan komponen elektronik yang tiap-tiap komponennya menyimpan informasi yang ditunjukkan dengan satu alamat (address).

C. Perangkat Keras Keluaran

Perangkat keras pengeluaran adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan hasil kerja oleh komputer yang sudah diolah oleh perangkat proses. keluaran atau output antara lain:
– huruf, angka, symbol, karakter khusus
– gambar/image
– grafik
– suara
sedangkan cotoh dari perangkat keluaran antara lain :

1. Printer

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer printermerupakan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan informasi ke dalam kertas atau media lainnya.

2. Monitor

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer monitormerupakan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan apa saja yang dikerjakan komputer.

3. Speaker

merupakan perangkat keluaran yang digunakan untuk mengubah sinyal digital/elektronik menjadi gelombang bunyi/suara.

D. Perangkat Keras Penyimpanan (storage)

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer Beserta Gambarnya – Media penyimpanan data adalah tempat untuk menyimpan sejumlah data hasil dari input. media penyimpanan data elekteronik dalam bahasa komputer disebut dengan Drive.
Jenis media penyimpanan data:

1. Internal Storage (media penyimpanan data utama)

adalah media penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan informasi yang kemudian dapat dipanggil dan diakses.
contoh: ROM dan RAM

2. External Storage (media penyimpanan data cadangan)

adalah storage yang dapat menyimpan data secara permanen. data tidak akan hilang apabila komputer dimatikan. penyimpanan external meliputi : magnetic disk, magnetic tape, harddisk CD ROM, DVD.
Jenis jenis media penyimpanan:

1. Harddisk

merupakan sala satu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar dan merupakan media penyimpanan yang berlaku sebagai media pemroses data.

2. Disket

merupakan salah satu media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data 700 Kb hingga 1,44 Mb.
mempunyai ciri-ciri :
– media penyimpanan magnetic
– kecepatan mengakses data lambat
– mudah rusak bila dekat dengan mean magnet
– kapasitas menyimpan data rendah (1,44 Megabytes)

3. Flash Disk

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer flahsdiskmerupan media penyimpanan data berbentuk pena, berukuran antara 64 Mb hingga 32 Gb = (32.000 Mb)
mempunyai ciri:
– media penyimpanan elekteronik
– kapasitas data lebih besar dibandingkan media magnetic
– kecepatan mengakses data sangat tinggi (> 1 Mbit/is)

4. CD ROM / DVD

Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer DVDmerupakan media penyimpanan berbentuk piring. CD ROM mempunyai penyimpanan data sampai 700 Mb, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB.
mempunyai ciri:
– media penyimpanan optic
– menggunakan sinar leser untuk membaca data.
– kecepatan akses cepat (> 5 Mbit/is)
– lebih tahan lama tidak mudah rusak

Baiklah kawan-kawan sekian pembahasan Penjelasan Lengkap Perangkat Keras Komputer Beserta Gambarnya

semoga bermanfaat, berkunjung juga ke artikel kumpulan tutorial yaaa

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY