Manfaat TIK Dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan

5034

Berikut Manfaat TIK Dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Manfaat TIK Dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan – Selamat datang teman teman di blog Seputar IT, yang membahas seputaran ilmu teknologi. Kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang โ€œ manfaat TIK di bidang pendidikan dan kesehatanโ€, mudah mudahan ini semua dapat bermanfaat bagi teman-teman!

Awalnya, di Indonesia pemanfaatan TIK masih minim dikarenakan di daerah tepencil masih belum dapat menikmati fasilitas TIK ini dengan baik, dan hanya di kota-kota saja yang dapat menfaatkan fasilitas ini dengan baik. Namun, sekarang TIK sudah berkembang cukup pesat sehingga tidak hanya orang kota saja yang tau TIK, orang desa juga sudah tau donk! apa itu TIK ( teknologi informasi dan komunikasi ).

Berikut adalah manfaat TIK dalam bidang pendidikan dan contohnya

1. Bidang pendidikan

Ini kegunaan TIK dalam bidang pendidikan – Pengertian TIK dalam bidang pendidikan yaitu sarana atau program yang digunakan untuk menyalurkan program pendidikan. Fungsi TIK di bidang pendidikan yaitu sebagai media informasi dan komunikasi.

Media informasi misalnya โ€œinternetโ€, kenapa internet dikatakan sebagai media informasi ? karena di dalam internet terdapat berbagai jenis informasi apa saja yang terdapat di seluruh dunia, sehingga para murid dapat menambah wawasan, seperti perpustakaan online yang memungkinkan pelajar ataupun mahasiswa untuk mengakses sumber ilmu pengetahuan dari seluruh dunia dengan cara mudah dan cepat.

Media komunikasi misalnya para siswa dengan siswa / siswa dengan guru yang melakukan chatting ataupun mailing, untuk melakukan diskusi, atau saling melakukan tukar informasi tentang sesuatu yang sedang di bahas.

dengan adanya TIK sekarang belajar sudah tidak harus bertatap muka secara langsung dengan guru seperti jaman dulu, sehingga belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ( belajar jarak jauh ).

Di Indonesia TIK ini sangat diperlukan di bidang pendidikan, mengapa? Karena , Tidak meratanya kesempatan untuk memperoleh pendidikan, di indonesia ini masih memiiki keterbatasan baik kualitas maupun kuantitas sumberdaya pengajar.

Keterbatasan itu antara lain: keterbatasan pengajar / guru yang berkualitas , kurangnya referensi pendidikan yang dapat di gunakan murid, sedikitnya perpustakaan yang bisa di jangkau atau didirikan apalagi kalau di desa.

Kegunaan TIK dalam bidang pendidikan yaitu :

1. Sebagai sarana Berbagi informasi
2. Sebagai sarana untuk berkunsultasi dengan para ahli
3. Sebagai sarana perpustakaan online
4. Sebagai sarana melakukan diskusi online

Kemudian keuntungan yang bisa dirasakan dengan adanya TIK yaitu :

  1. Akses untuk memperoleh informasi mudah dan cepat
  2. Mudah untuk melakukan konsultasi dengan para ahli tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu
  3. Dapat menghemat biaya (seperti dengan adanya perpustakaan online, kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli buku buku) dan waktu
  4. Dapat memberikan layanan yang lebih baik untuk peserta didik
  5. Tetap bisa melakukan kegiatan belajar dan mengajar meskipun jaraknya jauh

baca juga : dampak negatif Teknologi dalam bidang pendidikan

Berikut manfaat penggunaan TIK dalam bidang kesehatan

2. Bidang kesehatan

Manfaat peranan TIK dalam bidang kesehatan – penggunaan TIK dalam bidang kesehatan ternyata sangat penting, baik untuk rumah sakit, klinik, puskesmas dll. Secara tidak langsung TIK ini dapat menolong jiwa/nyawa seseorang.

baca juga : dampak negatif TIK dalam bidang kesehatan

Peranan TIK dalam bidang kesehatan :

  • Dalam hal administrasi

Contoh manfaatnya TIK dalam bidang kesehatan – dengan adanya TIK ini, dalam mengelompokkan, penyimpanan, serta pengolahan data menjadi lebih mudah. Seperti ketika ingin memeriksa data pasien yang begitu banyak, ingin memeriksa stok obat di rumah sakit atau apapun itu. dengan cara manual bisa itu semua sangat menyita banyak waktu dan tenaga belum lagi kalau ada data yang tidak sengaja hilang ataupun kehujanan, bisa gaswat tuh !. Jika menggunakan komputer rasanya itu tidak akan terjadi, karena dalam menemukan data pasien atau apapun itu, sangat mudah dan praktis. Dengan adanya sistem canggih di dalamnya dapat mempermudah jalannya sistem rumah sakit.

  • Rekam medik

E-health adalah bidang pengetahuan baru yang merupakan persilangan dari informasi medis, kesehatan public, dan usaha, berkaitan dengan jasa pelayanan dan informasi kesehatan yang dipertukarkan atau ditingkatkan melalui saluran internet dan teknologi berkaitan dengannya (Gunter Eysenbach, J Med Internet Res 2001; 3(2): e20).

e-health kalau diterapkan dapat membantu pemerintah dalam mengembangkan program yang dapat membantu tenaga kesehatan, perawat, dokter dll. karena mereka jadi dapat saling bertukar informasi pasien dengan cara elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapan dan di mana diperlukan, serta melakukan kolaborasi dengan cara memberi layanan jasa kesehatan, secara real time lewat internet. Cara ini dapat menghemat biaya serta waktu, dan dapat memberi penanganan labih lanjut terhadap pasien karena keputuan dapat secara cepat dan tepat di berikan.

  • Di dalam bidang farmasi

Kegunaan komputer juga sangat di butuhkan di dalam bidang farmasi.seperti, untuk mengelompokkan jenis obat, harga, dan dosis obat tersebut.

  • Mendiaknosa sebuah penyakit yang diderita pasien

Dengan adanya TIK, untuk mendiaknosis sebuah penyakit dalam bukanlah hal susah lagi.

Manfaat penggunaan TIK dalam bidang kesehatan – Dengan menggunakan Computerized Axial Tomography atau yang sering dikenal dengan nama CATscan yaitu serangkaian gambar sinar-X dua dimensi yang digabungkan dengan komputer untuk mendapatkan gambar tiga dimensi. yang mampu merekam bayangan tiga dimensi dari tulang.

Serta dengan adanya komputer DNA yang telah dirancang khusus untuk bidang kesehatan, yang dapat mendiagnosa suatu penyakit, sehingga dengan itu dapat dihasilkan informasi tentang suatu penyakit secara cepat dan akurat.

  • Penelitian

Penelitian ilmiah sangat bergantung pada komputer, karena dengan adanya komputer tersebut dapat memaksimalkan hasil dari penelitian.

  • Melihat dan menganalisa organ tubuh bagian dalam

Ada beberapa sistem komputer yang digunakan untuk menganalisa organ organ tubuh :

System Computerized Axial Tomography (CAT)

System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR)

SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography)

PET (Position Emission Tomography)

NMR (Nuclear Magnetic Resonance)

USG (Ultra Sonography)

Helical CT-SCAN

Magnetic Resonance Imaging ( M R I )

  • Memonitoring status pasien

Manfaat TIK dalam bidang kesehatan Pasien yang sudah pernah / baru datang untuk berobat, itu semua mudah untuk dilacak, baik itu data personal pasien, kapan terakhir pasien itu datang, resep obat yang terakhir yang diberikan, dll.

Demikian pembahasan tentang Manfaat TIK Dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya : dampak negatif dan positif TIK dalam kehidupan, dampak negatif TIK di bidang ekonomi, Kumpuan tutorial belajar komputer dan internet.

SHARE

11 COMMENTS

  1. Dengan adanya Pembelajaran TIK maka semua siswa dapat dengan mudah mengakses internet. Sehingga kita semua sebagai pelajar dapat belajar dimana saja dan kapan saja asalkan ada jaringan yang mendukung untuk akses internet.

LEAVE A REPLY