Kupas Tuntas Bahasa Pemrograman Lengkap Beserta Fungsinya

2067

Kupas Tuntas Bahasa Pemrograman Lengkap Beserta Fungsinya

Hallo guys! Bagaimana kabar kalian semua? semoga kalian dan tentunya saya sendiri selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Jika kita bertemu sudah pasti ada pembahasan baru. Kali ini kita akan membahas mengenai Apa itu bahasa pemrograman? Sebenarnya sudah terlampau sering kita mendengar istilah itu, namun kita sendiri tidak mengenal dan tidak mengerti akan istilah tersebut. Jika kalian pernah menjumpai istilah Java, C++, PHP, Java Script perlu kalian ketahui bahwa itulah beberapa contoh dari bahasa pemrograman.
Saya jamin 100% banyak diantara kalian belum mengetahui itu?
Bukan hanya kalian saya sendiri saja belum paham betul dengan bahasa pemrograman. Maka dari itu, agar saya semakin paham dan kalian mengetahui Apa itu pemrograman?
Mari kita pahami ulasan berikut!

Pengertian Bahasa Pemrograman

(Programming language) atau umum dikatakan sebagai bahasa komputer atau istilah kerennya bahasa mesin merupakan instruksi atau perintah standar untuk mengoperasikan komputer. Bahasa pemrograman ini sendiri merupakan suatu perkumpulan dari peraturan sintaks dan semantik yang digunakan serta dipakai untuk mengartikan program-program dalam komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer untuk memilih, memastikan, mengolah dan memproses data secara tepat dan terstruktur.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi utama dari pemrograman yaitu memberi instruksi/perintah pada komputer untuk memproses data sesuai dengan jalur dan cara berfikir seorang programmer. Output dari bahasa pemrograman itu adalah berupa program atau aplikasi. Program ini diterapkan pada beberapa kebutuhan untuk umum seperti program kasir di mall maupun swalayan, lampu lalu lintas di jalan raya dan lain-lain.
Sebenarnya bahasa pemrograman itu sangat banyak dan perkembangannya sendiri seiring dengan semakin tingginya inovasi dalam bidang teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang diterapkan pada aplikasi yaitu web, antivirus, game dan teknologi lainnya. Penggunaan bahasa pemrograman ini juga harus disesuaikaan dengan fungsi, perangkat serta kebutuhan yang ada.

Tingkat Bahasa Pemrograman

Bukan hanya status social di masyarakat saja yang memiliki tingkatan lho guys! Bahasa pemrograman juga memiliki tingkatan-tingkatan bahasa. Kalo kalian pengen tau simak pembahasan berikut ini.
  • Pemrograman Tingkat Rendah (Low Level Language)
    Bahasa tingkat rendah atau bahasa rakitan (Assembly) yang jika dihubungkan dengan bahasa mesin merupakan bahasa yang digunakan untuk memberi instruksi serta perintah kepada komputer dengan menggunakan kode-kode (kode mnemonic). Contohnya yaitu seperti kode-kode mesin seperti SUB, CMP, JMP dan sebagainya. Dikatakan bahasa tingkat rendah karena bahasa-bahasa tersebut masih jauh dari bahasa manusia. Contohnya : Bahasa Assembly.
  • Pemrograman Tingkat Menengah (Middle Level Language)
    Bahasa Tingkat Menengah jika dihubungkan dengan bahasa mesin merupakan bahasa komputer yang menggunakan perpaduan instruksi/perintah dalam bahasa manusia dan instruksi yang berupa simbolik seperti titi, koma, buka kurung, tutup kurung dan lain-lain. Disebut bahasa tingkat menengah karena bahasa ini masih berada diantara bahasa yang belum jauh dari bahasa Komputer dan bahasa yang belum mendekati bahasa manusia atau dengan kata lain bahasa tingkat menengah ini dapat dikategorikan bahasa yang mendekati bahasa manusia dan bahasa ini juga dapat memasuki kategori bahasa pemrograman tingkat tinggi dan bahasa pemrograman tingkat rendah. Contohnya : Bahasa C.
  • Pemrograman Tingkat Tinggi (High Level Language)
    Bahasa pemrograman tingkat tinggi apabila dikaitkan dengan bahasa mesin atau bahasa komputer merupakan bahasa yang menggunakan instruksi atau perintah yang berasal dari bahasa manusia seperti begin, end, if, and, while dan lain sebagainya. Untuk dapat mengerti dan memahami bahasa manusia, Komputer membutuhkan program compiler atau interpreter. Yang termasuk pada bahasa pemrograman tingkat tinggi sebenarnya adalah hampir semua pemrograman kecuali bahasa C dan Assembly. Contohnya : BASIC, C, C++, COBOL, FORTRAN, Pascal, Java dan lain sebagainya.

Proses Pembuatan Program

Yang dimaksud dengan proses pembuatan program adalah proses dimana seseorang menulis berbagai kode-kode sumber pada aplikasi teks yang kemudian akan diubah menjadi bahasa mesin. Teknik-teknik membuat program yaitu :
  • Kompilasi (Compilation)
    Pada teknik ini mula-mula sumber kode akan dibaca dan jika tidak ditemukan kesalahan maka kode sumber tersebut akan dibentuk kode mesinnya. Program atau aplikasi yang melaksanakan tugas ini wajarnya disebut Compiler sedangkan hasil kompilasi biasanya berbentuk executable. Program dapat dioperasikan secara langsung meskipun komputer yang mengoperasikan tidak memiliki compiler. Bahasa yang dibuat dengan teknik ini diantaranya adalah bahasa Assembly, C, C++, Pascal dan lain sebagainya.
  • Interpretasi (Interpretation)
    Dengan menggunakan teknik ini, sumber kode akan dibaca perbaris dan perbaris tersebut akan dieksekusi atau diperiksa. Apabila ditemukan kesalahan dalam sumber kode maka program akan dihentikan. Program yang melaksanakan tugas ini umumnya disebut Interpreter. Pada teknik ini tidak akan menghasilkan program standalone (Untuk mengoperasikannya kita harus memiliki yang namanya sumber kode sekaligus interpretasi program). Bahasa yang memanfaatkan teknik ini adalah bahasa Perl, Python, Ruby dan lain sebagainya.
  • Kompilasi dan Interpretasi
    Bahasa yang memanfaatkan teknik ini adalah bahasa java. Dalam proses pembuatannya sumber kode akan diubah menjadi bentuk bytecode. Untuk mengoperasikan bytecode kita harus memiliki Java Runtime Environment (JRE) yang berfungsi sebagai interpreter sehingga dapat menghasilkan suatu program dari bytecode tersebut.
    Perlu diketahui tidak semua bahasa pemrograman dirancang hanya untuk membuat program. Namun setiap bahasa dibuat berdasarkan fungsi dan tujuan tertentu. Misalnya Jika untuk menciptakan program berbasis driver kita dapat memanfaatkan bahasa C ataupun Assembly. Contohnya dapat kita temui pada sistem operasi linux yang bersifat open source. Dan jika untuk merancang atau mendesain pemrograman desktop kita dapat memanfaatkan bahasa Visual Basic (Bahasa rancangan Microsoft guna menghasilkan tampilan pemrograman dektop yang memukau).

    Perbedaan antara Kompilasi (Compilation) dengan Interpretasi (Interpretation)

    Dalam mengoperasikannya, ketika ingin mengoperasikan hasil kompilasi tidak harus memerlukan sumber kode, jika interpretasi harus memiliki sumber kode.
    Dalam proses pembuatannya, jika compiler melalui 2 tahap terpisah (parsing/pembuatan kode objek dan linking/penggabungan kode objek dengan library), maka interpreter tidak terdapat tahap pemisahan.
    Pemakaian linker, Jika compiler membutuhkan linker untuk meghubungkan kode objek dengan library maka interpreter tidak memerlukan linker.
    Pemakainnya untuk membuat atau menguji modul, jika compiler agak ribet karena harus dilakukan proses linking. Dan jika interpreter tidak ribet dan dapat dikatakan sesuai untuk menguji atau membuat modul.
    Dalam peningkatan kualitas kode/optimasi, Jika compiler dapat dioptimasi namun jika interpreter sangat sulit bahkan tidak dapat untuk dioptimasi.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

  • HTML
    Apa bahasa pemograman
    Logo bahasa pemrograman HTML
    pemrograman html merupakan pemrograman yang banyak orang tidak menganggapnya sebagai salah satu dari bahasa pemrograman. Namun bila kita telusuri darimana asal program web tersebut, maka sungguh dapat dipastikan HTML merupakan pondasi dari semua itu. Jika kita ingin belajar membuat website statis sudah sangat tentu langkah pertama adalah kita harus mempelajari bahasa pemrograman HTML.
  • JavaScript
    Apa itu bahasa mesin
    Logo bahasa pemrograman Java Script
    pemrograman JavaScript merupakan pemrograman yang ditumbuh kembangkan oleh Netscape. Pemanfaatannya sendiri banyak diterapkan dalam pengembangan web, dengan menggunakan java script kita dapat mengkreasikan tampilan web yang sangat indah, menawan dan menakjubkan dan tentunya bresifat interaktif dan menarik.
    JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipahami sehingga banyak dijadikan pilihan bagi para pemula karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti mengembangkan permainan dan lain-lain.
    Di Indonesia, terdapat grup Facebook JavaScript Indonesia yang mengangkat topik mengenai bahasa pemrograman JavaScript. Grup ini memiliki anggota lebih dari 10.000 orang dan tetap aktif hingga sekarang.
  • PHP
    apa itu bahasa pemograman
    Logo bahasa pemrograman PHP
    pemrograman PHP (PHP Hypertext Pre-processor) merupakan  pemrograman yang mendominasi para programmer di Indonesia. Selain gratis, PHP merupakan bahasa pemrograman yang didesain untuk menciptakan website dinamis. Hal ini memungkinkan untuk membuat file utuh yang tidak terpisah berupa serangkaian peraturan untuk melakukan akses dan menayangkan berbagai informasi database yang selanjutnya dirancang menjadi halaman dan menghubunginya ketika diperlukan. Beberapa website terbaik yang memanfaatkan bahasa pemrograman PHP diantaranya adalah Facebook, WordPress, ataupun Digg.
  • C++
    bahasa pemograman
    Logo bahasa pemrograman C++
    pemrograman C++ merupakan pemrograman yang ditumbuh kembangkan untuk membubuhi berbagai fitur yang berorientasi objek dengan bahasa pemrograman C. Keuntungan dari mempelajari bahasa pemrograman ini yaitu lebih memudahkan kita ketika akan belajar mengenai versi bahasa C yang lain seperti C# dan C.
    pemrograman ini merupakan salah satu versi bahasa pemrograman C yang mempunyai sintaks penulisan hampir serupa dengan C++ yang letak perbedaannya hanya ditemukan pada proses penyelesaian masalahnya saja. Jika pada bahasa pemrograman C penyelesaian konflik dilaksanakan dengan memilah-milah dalam beberapa bagian konflik lebih kecil (bahasa pemrograman procedural) sedangkan penyelesaian konflik serta masalah dalam bahasa pemrograman C++ dilakukan dengan membagi-bagi dalam beberapa kelas.
    Bahasa pemrograman C++ ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan software/aplikasi diantaranya adalah Adobe, Firefox, Winamp dan lain sebagainya.
  • C# (CSharp)
    bahasa pemograman itu apa
    Logo bahasa pemrograman C# (CSharp)
    Bahasa pemrograman ini diperkenalkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk menulis aplikasi jendela, menulis kode-kode untuk perangkat lunak desktop. Bahasa pemrograman C# ini memadupadankan sedemikian rupa prinsip bahasa pemrograman C dan C++. C# ini banyak dimanfaatkan oleh para pengembang software (perangkat lunak) yang berbasis Windows.
  • C
    bahasa mesin itu apa
    Logo bahasa pemrograman C
    Pemrograman C ini dimanfaatkan dan digunakan oleh OS Apple. pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman tertua, yang dikembangkan sekitar tahun 70-an. Bahasa ini juga merupakan bahasa favorit Indonesia. Hal itu terlihat jelas dengan banyaknya universitas IT, lembaga dan instansi tertentu yang memnfaatkan bahasa ini. Ada yang mengatakan sebelum mampelajari bahasa pemrograman lain sebaiknya pelajarilah terlebih dahulu bahasa pemrograman C. Sebab istilah itu karena C merupakan bahasa tertua dan ayah dari C#, JaVa, C++ dan kawan-kawan serumpun lainnya.
  • Python
    program bahasa
    Logo bahasa pemrograman Phyton
    Bahasa ini sangat terkenal dalam dunia ilmiah dan akademik. Namun bahasa ini juga telah dimanfaatkan untuk mendesain situs web seperti Pinterest dan mendesain aplikasi berbasis web maupun mobile. Dalam tingkatannya dalam bahasa pemrograman, Python termasuk kedalam salah satu bahasa tingkat tinggi (high level language). Bahasa phyton ini merupakan bahasa yang mudah dipahami baik dari segi sintaks maupun yang lainnya. Beberapa perusahaan besar yang memnfaatkan bahasa ini diantaranya adalah Instagram, Pinterest, Radio dan lain sebagainya. Selain itu Python juga dimanfaatkan oleh para perusahaan pengembang seperti diantaranya Google, Yahoo!, NASA dan lainnya.
  • Java
    mesin bahasa komputer
    Logo bahasa pemrograman Java
    pemrograman Java merupakan salah satu pemrograman yang dapat dioperasikan di berbagai platform seperti PC dan mobile. Awal mulanya,bahasa ini dikembangkan olah Sun Microsystem di tahun 1991 pada The Green Project yang selanjutnya diserahkan pada Oracle. Nama Java ini berasal dari hobi James Gosling (salah satu pendiri Java) yang sangat suka terhadap kopi murni gilingan langsung mesin giling (kopi tubruk) yang berasal dari pulau Jawa Indonesia.
    Beberapa kelebihan dari pemrograman Java ini diantaranya adalah dapat beroperasi di berbagai macam OS, bahasa pemrograman Java termasuk salah satu pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga memungkinkan seorang programer untuk lebih mudah dalam menata program, mempunyai library/perpustakaan yang lengkap (Complit) dan lain sebagainya. Salah satu teknologi popular masa kini yang memanfaatkan bahasa ini adalah aplikasi yang terdapat pada smartphone Android.
  • Ruby
    Bahasa komputer itu apa
    Logo bahasa pemrograman Ruby
    Bahasa ini merupakan OOP murni paling populer yang berasal dari Jepang.  pemrograman ini bersifat open source, dinamis, mudah dipahami dan sangat produktif. Sintaks dari bahasa pemrograman Ruby ini juga sangat elegan, natural, mudah dibaca serta ditulis.
  • Visual Basic
    apa itu bahasa komputer
    Logo bahasa pemrograman Visual Basic
    Visual Basic adalah salah satu bahasa yang ditumbuh kembangkan oleh Perusahaan Microsoft. Penamaanya sendiri berasal dari kata “BASIC” yang merupakan kata popular di awal komputasi personal. Bahasa pemrograman Visual Basic ini memungkinkan seorang programmer untuk membuat program sederhana dengan waktu yang cepat dan tentunya dengan berbagai kemudahan. Bahasa pemrograman ini memberikan penawaran mengenai berbagai IDE visual dalam perancangan perangkat lunak. VisualBasic adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.
    Berdasarkan survey di tahun 2005 menyatakan bahwa 62% dari para developer software memanfaatkan bahasa pemrograman VisualBasic dalam penciptaan dan pengembangan perangkat lunak/software.
  • Objective-C
    Bahasa komputer
    Logo bahasa pemrograman Objective-C
    pemrograman Objective-C merupakan bahasa pemrograman objek. pemrograman ini dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai pengembangan software Apple bahkan IOS juga dikembangkan dengan memanfaatkan bahasa ini.
  • ActionScript
    bahasa mesin
    Logo bahasa pemrograman Action Script
    Pemrograman ActionScript dirancang berdasarkan ECMAScript yang dimanfaatkan untuk melakukan pengembangan situs web dan software yang berbasis platform Adobe Flash Player. Di masa kini, ActionScript juga diterapkan pada beberapa aplikasi berbasis data (Alpha Five). Awal mulanya bahasa ini ditumbuh dan kembangkan oleh Macromedia. Namun akhirnya di tahun 2005, Adobe membeli Macromedia sehingga dalam usaha pengembangannya dalam tahap selanjutnya sedang dan akan dilakukan oleh Adobe.
    Versi terbaru dari ActionScript adalah ActionScript 3.0 dimana versi ini merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya yang dikenal dengan nama Action Script 2.0. Kelebihan dari versi terbaru ini yaitu fitur-fitur dan pelayanan-pelayanan yang disuguhkan berupa kemampuannya untuk dapat dipisah saat runtime.
    Kepopulerannya di Indonesia disebabkan oleh hal yang hampir sama yaitu dikarenakan banyaknya para developer-developer berbasis flash yang memanfaatkan bahasa ini untuk kebutuhan coding.
Sekian dari saya semoga apa yang saya uraikan di atas dapat membawa berkah untuk kita semua dan tentunya semoga ilmu dan wawasan kita semakin berkembang serta semoga ilmu ini dapat menjadi manfaat untuk kita semua. Semoga kita bertemu dipembahasan berikutnya. Jika ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. See You Again Guys!
Bagi kalian yang ingin mencari dan menambah ilmu mengenai tutorial belajar internet dan komputer gak perlu cemas dan bingung karena cara termudah cukup saja kalian klik link berikut ini, maka kalian akan menemukan banyak pengetahuan mengenai ilmu tersebut Seputar IT.Com.
Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

kumpulan tutorial belajar komputer

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY