Ini Dia Jenis Jenis Jaringan Komputer, Pengertian dan Gambarnya

Jenis Jenis Jaringan Komputer, Pengertian dan Gambarnya

Teman – teman Seputar Ilmu Teknologi kesempatan ini saya akan membahas artikel mengenai Jenis Jenis Jaringan Komputer, Pengertian dan Gambarnya. Saya menulis artikel ini termotifasi oleh pelajaran jaringan di SMP dan di SMK khusus jurusan komputer.

Saya ingin agar teman – teman dapat menambah wawasaanya di bidang jaringan komputer demi memaksimalkan pengetahuannya di sekolah. Baca sampai selesai ya …

Berbicara kembali tentang komputer, siapa sih yang masih tidak tau dengan perangkat yang satu ini di zaman sekarang.

Kemungkinan besar sih sudah mengetahuinya semua kan ?

Ya, komputer ini merupkan salah satu perangkat yang sangat diperlukan oleh manusia saat ini.

Hampir semua pekerjaan dikerjakan dengan bantuan komputer seperti, mengetik, menyimpan data, mengirim data, bahkan sampai mendesain mesin dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh komputer.

Oleh sebab itu komputer dapat dikatan sebagai penemuan terbaik yang pernah diciptakan oleh manusia yang sangat bermanfaat serta berguna bagi manusia.

Perkembangan dari komputer sendiri juga sangat pesat, mulai dari penggunaan single user manjadi multi user atau dari satu user manjadi banyak user.

Untuk memenuhi kebutuhan multi user ini maka diciptakanlah sebuah terknologi berupa jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Sesuai dengan namanya, jaringan komputer merupakan pembuatan sebuah line beserta jaringan yang dapat menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain yang sangat bermanfaat bagi siapapun penggunanya.

Perkembangan dari jaringan komputer setiap waktu sangat meningkat, hal ini disebabkan oleh kebutuhan yang semakin meningkat.

Baca juga : sejarah jaringan komputer

Berikut merupakan jenis jenis jaringan komputer :

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jika kita berbicara tentang jenis jenis jaringan  komputer saat ini, maka sudah banyak klasifikasinya,

berikut merupakan jenis jaringan komputer yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari – hari :

Jenis Jenis Jaringan komputer Berdasarkan Jangkauannya

Jaringan LAN (Local Area Network)
Pengertian Local Area Network

LAN ini merupakan singkatan dari Local Area Network. Dari kata itu saja kita bisa mendeskripsikan bahwa LAN ini memiliki jangkauan yang kecil dan tipe jaringan yang masih sederhana. Untuk penggunaannya biasa digunakan pada sebuah ruangan, sekolah, ruman dan warnet.

gambar Jenis jenis jaringan komputer - Jaringan LAN Local Area Network
Jenis jenis jaringan komputer – Jaringan LAN Local Area Network

Dengan menggunakan jaringan LAN ini, maka seluruh komputer di satu ruangan dapat terkoneksi satu sama lain. Perlu teman – teman ketahui, LAN ini merupakan jaringan komputer paling kecil dengan radius hanya beberapa meter saja lo..

atau maksimalnya hanya berjarak 100 meter saja.

Tapi jagan dulu kita meremehkan LAN ini, karena apa ?

justru jaringan LAN ini memiliki kecepatan / speed yang tidak kalah sama yang lain lo ?, selain itu LAN ini juga cukup stabil, dengan penggunaan PC user yang terstandar di suatu wilayah.

Baca juga : jenis jenis topologi jaringan

Kelebihan lainnya pada jaringan LAN adalah mudahnya sharing antar user secara sederhana. Dan yang terpenting biaya operasionalnya yang cukup ringan karena lebih sedikit dalam penggunaan kabel.

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)
Pengertian Metropolitan Area Network

Untuk jaringan yang lebih luas area jangkauannya dari LAN adalah MAN.

MAN ini merupakan kumpulan atau gabungan dari beberapa jaringan LAN yang tersambung membentuk ruang lingkup besar hanya di satu ruangan.

bacalah jenis jaringan komputer - Jaringan MAN Metropolitan Area Network
jenis jaringan komputer – Jaringan MAN Metropolitan Area Network

Teman – teman sekalian, MAN ini biasanya digunakan untuk mengkoneksi jaringan komputer untuk satu buah kota. Akan tetapi untuk penggunaan MAN sendiri di Indonesia masih sangat jarang ditemukan.

Jenis jaringan komputer ini memang lebih efisien untuk cakupan yang lebih luas, sehingga user akan lebih mudah untuk mengakses data dari user lain dengan letak yang cukup jauh.

Jenis Jaringan ini biasanya digunakan oleh para perusahaan besar untuk bisa tersambung dengan cabang perusahaannya yang letaknya cukup jauh.

Jaringan WAN (Wide Area Network)
Pengertian Wide Area Network

Kali ini kita akan bahas tentang jaringan WAN yang bisa dibilang jaringan paling luas yang ada, sebab jaringan ini memiliki ruang lingkup sampai 1 negara, 1 benua, bahkan 1 dunia dan internet pun juga termasuk dalam jaringan ini.

pengertian Jaringan WAN Wide Area Network
Jaringan WAN Wide Area Network

Sahabat Seputar Ilmu Teknologi, untuk teknologi yang dipakai pada jaringan WAN ini menggunakan kabel yang dipasang di tanah dan di dasar laut, sehingga jaringan tersebut dapat mencangkup antar benua dan lebih banyak negara lagi.

Kabel yang dipakai untuk jaringan ini adalah fiber optik yang kuat dan tahan terhadap kerusakan yang mungkin terjadi di dalam tanah ataupun di dasar lautan.

Kelebihan jaringan WAN :
  • Speed atau kecepatan jaringan yang cukup baik dan stabil
  • Pertukaran dari informasi lebih aman dan terarah
  • Jaringanini lebih baik dibandingkan LAN dan MAN
Kekurangan jaringan WAN

biaya oprasional yang cukup tinggi, hal ini disebabkan karena harus menyediakan kabel jaringan yang banyak serta biaya dari maintenance yang sangat besar nih, tapi ya untuk alasan keamanan juga sih ? hehehe…

Jenis Jenis Jaringan komputer Berdasarkan Distribusi Data dari Suatu Jaringan

Jenis Jaringan Terpusat (Centralized Network)

yang pertama jenis jaringan berdasarkan distribusi data yang akan kita bahas adalah jaringan terpusat.

Jaringan ini bisa teman – teman sekalian temui di tempat – tempat seperti warnet, perustakaan, dll.

Cara kerja dari jaringan terpusat ini yaitu server adalah satu – satunya penyedia data dan client hanya bisa pasrah menjadi penerima.

ini juga atikel Jenis jenis jaringan komputer - Jenis Jaringan Terpusat
Jenis jenis jaringan komputer – Jenis Jaringan Terpusat

Client yang mengakses ke jaringan komputer akan memperoleh data dari database yang telah tersimpan di komputer server, sehingga komputer yang dijadikan server haruslah komputer yang memiliki kapasitas dan kinerja yang bagus, agar apa ?

ya .. biar bisa nampung semua data dari client donk ?? ya kan …

Selanjutnya Kelebihan dari jaringan terpusat
  • mengurangi pemakaian waktu untuk penyetingan jaringan ke beberapa user
  • jaringan yang di hasilkan lebih terarah dengan satu server sebagai pusatnya
  • sistem keamanan yang baik
kalo tadi kelebihan maka sekarang adalah kekurangan dari jaringan terpusat ini

terlalu tergantung pada server sehingga jika server bermasalah maka tidak akan ada yang bisa menggantikan kinerjanya dan semua kegiatan juga akan terganggu.

Jenis Jaringan Terdistribusi (Distributed Network)
Pengertian Jaringan Terdistribusi

Jaringan distribusi ini merupakan jaringan yang terdiri dari gabungan beberapa jaringan terpusat. Maka komputer server dan client dapat membentu jaringan tersendiri yang baru, sehingga dapat mengakses informasi lebih banyak sebab memakai lebih dari satu sistem jaringan terpusat.

bacalah jaringan komputer - Jenis Jaringan Terdistribusi
jaringan komputer – Jenis Jaringan Terdistribusi

Dengan Jenis Jaringan terdistribusi ini akan lebih membantu para pengguna dalam mendapatkan informasi yang lebih cepat dan tepat, dikarenakan jaringan ini memiliki banyak processor yang bisa bekerja secara bergantian, bila ditemukan masalah di salah satu processor yang sedang berkerja.

Jaringan ini juga dapat menumbuhkan perkembangan sistem terus menerus sehingga bukan tidak mungkin dapat mengembangkan sistem jaringan ini agar lebih efisien terhadap user.

Keuntungan Jenis jaringan terdistribusi
  • pemeliharaan data lebih mudah
  • bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan

Jenis Jenis Jaringan komputer Berdasarkan Transmitter yang Digunakan

Jaringan Kabel

Sekarang kita telah masuk ke materi jenis jaringan berdasarkan media transmitter kabel, seperti namanya, jaringan komputer ini dibentuk dengan menggunakan koneksi kabel antar komputer.

ini merupakan Jenis jenis jaringan komputer - Jaringan Kabel
Jenis jenis jaringan komputer – Jaringan Kabel

Biasanya, koneksi dari jaringan kabel ini menggunakan port untuk koneksi LAN, dimana kabel LAN akan dicolokkan ke dalam port LAN Card, untuk kemudian dikoneksikan ke dalam komputer.

Penggunaannya biasanya  digunakan untuk membentuk jaringan dalam warnet ataupun dalam satu rumah kecil.

Contoh konkrit dari jaringan kabel adalah telepon rumah yang biasa kita gunakan sehari-hari. Jaringan kabel sebenarnya baik untuk digunakan, karena tidak dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan juga penghalang sinyal, namun cukup rumit dan juga ribet dalam mengatur tata letak perkabelannya.

Jaringan Tanpa Kabel Nirkabel

Jaringan yang biasa kita kenal wireless merupakan salah satu pengembangan jaringan yang saat ini sudah banyak digunakan oleh user. Sinyal GSM, GPRS, 3G, 4G LTE merupakan contoh nyata dari penggunaan jaringan wireless yang kita gunakan sehari – hari.

ini dia gambar Jaringan Tanpa Kabel Nirkabel
gambar Jaringan Tanpa Kabel Nirkabel

Jaringan wireless membutuhkan sebuah menara atau yang kita kenal tower pengirim sinyal, dan juga penempatan chip penangkap sinyal pada komputer, bisa berupa SIM Card, bisa juga berupa modem dan antena.

Jaringan wireless ini lebih banyak digunakan karena lebih efisien dan praktis selain itu tidak perlu mengeluarkan biaya oprasional untuk kabel dalam penyambungannya ke beberapa prangkat untuk terhubung ke internet.

Baca juga : peralatan jaringan komputer

Karena tanpa menggunakan kabel, maka koneksi jaringan wireless ini:
  • Lebih praktis dalam penggunaannya.
  • Tidak perlu menggunakan instalasi kabel.
  • Memiliki cakupan dan juga jangkauan jaringan yang lebih luas dibandingkan jaringan kabel.

Selain kita harus memperhatikan kalau jaringan ini lebih rentan dalam hal keamanan, sebab wireless yang tidak menggunakan kabel akan lebih mudah bagi para hacker untuk masuk dan menerobos ke dalam sistem jaringan.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peran dan Juga Hubungan antar Komputer

Jaringan Client – Server

Jaringan client to server merupakan jaringan umum yang biasa kita temui pada perpustakaan online, ataupun warnet. Jaringan ini menyediakan satu server dan juga beberapa klien, hampir sama dengan model jenis jaringan terpusat.

contoh Jaringan Client - Server
Jenis jenis jaringan komputer – Jaringan Client – Server

Server akan menyediakan data yang kemudian disimpan di dalam database, dan komputer client hanya dapat mengakses data tersebut, tanpa bisa merubah dan juga mengedit data yang ada pada database server.

Jaringan ini dapat dikatakan server tersebut bertindak sebagai server dedicated yang dapat menyediakan multi service untuk setiap clientnya.

Sayangnya untuk menggunakan jenis jaringan Client – Server akan membutuhkan biaya oprasional yang lumayan tinggi.

Karena jenis Jaringan ini menggunakan komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Jaringan Peer to Peer

Jika koneksi di Jaringan client server, server memiliki peran sebagai penyedia data, maka pada jaringan peer to peer. Semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan memiliki peran yang sama bisa menjadi client dan juga bisa juga menjadi server.

gambar dari Jenis jenis jaringan komputer - Jaringan Peer to Peer
perhatikan Jenis jenis jaringan komputer – Jaringan Peer to Peer

Biasanya, koneksi di peer to peer ini banyak kita temui pada koneksi jaringan dalam permainan yang bersifat multi player. Untuk jaringan peer to peer ini setiap user memiliki hak akses yang sama sehingga semua dapat mengakses data informasi dan dapat mengubah, menambah dan menghapus data tersebut.

Kelebihan dari jaringan yakninya tidak memerlukan administrator untuk pengoperasian server karena semua komputer dapat memiliki peran ganda sebagai cerver dan client.

Selain itu pada saat satu komputer mengalami gangguan, jaringan tidak akan bermasalah karena terganggu sebab setiap komputer satu dengan yang lainnya tidak terhubung dari data terpusat.

Bagaimana sekaran kawan sudah tahu apa saja jenis jenis Jaringan komputer, pengertian gambar dan penjelasannya ?

Baca juga ya :

Demikianlah penjelasan Jenis Jenis Jaringan Komputer, Pengertian dan Gambarnya

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kawan semua

Kunjungi artikel lainnya di Blog Tutorial Komputer

Terima kasih telah berkunjung 😀

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY