Ini Dia Virus Worm Pada Komputer dan Cara Mengatasi Virus ini

726

Virus Worm Pada Komputer dan Cara Mengatasi Virus Worm ini

Apa sih Worm itu?

Baca juga : jenis – jenis virus komputer dan cara mengatasi virus komputer

Worm ini bisa menduplikasi dirinya sendiri dalam sebuah sistem komputer tanpa campur tangan pengguna komputer kawan, oleh karena itu ia dapat julukan Cacing Komputer “Worm

Worm ini juga beda dari virus yang biasa menempelkan diri pada program atau file dokumen untuk bisa menyebar dalam komputer.

Worm memanfaatkan jaringan yang terhubung pada perangkat baik itu LAN maupun WAN. Ia memanfaatkan kelemahan pada celah keamanan, worm juga sering menghabiskan bandwidth/Kuota kawan jika kuota kawan cepat habis padahal penggunaanya tidak boros bisa jadi dalam perangkat komputer kawan terdapat Virus worm.

Bagaimana Cara mengatasi Worm?

Ia masuk lewat celah keamanan yang memang terbuka yang mana celah itu disebut vulnerability. Untuk mengatasi worm ini hanya ada satu cara yakni dengan menutup celah dari keamanan tersebut.

Bagaimana cara menutupnya?

Caranya dengan meng-update service pack sistem operasi yang kita pasang di perangkat kita kawan, update lah dengan service pack atau patch versi terbaru pastinya.

Ini dia daftar antivirus gratis terbaik untuk komputer & antivirus terbaik untuk android

Cara mengatasi Virus Worm – Hal yang membedakan dengan virus biasa yaitu worm dapat menginfeksi file atau berkas di dalam sistem komputer lebih banyak dan lebih baik. Ia akan menyebar ke setiap perangkat yang terhubung dengan perangkat yang diinfeksinya bisa melalui jaringan maupun perangkat penyimpanan portable seperti flashdisk atau SD Card

Beberapa worm ada yang memiliki kode virus perusak file berkas, ada juga yang dapat mencuri file dokumen, berkas email dan sampai membuat sistem komputer kita lumpuh.

ini dia lo cara mengatasi virus worm di komputer

Berikut adalah beberapa contoh dari Worm :

1. ADMworm

Virus jenis worm yang satu ini bisa melakukan pemanfaatan pada service jaringan Berkeley Internet Name Domain (BIND) kawan, dengan cara melakukan Buffer – Overflow

2. LoveLetter

Virus Worm berikutnya ini memiliki kemampuan menyebar lewat email dengan cara mengirimkan dirinya ke semua akun yang sudah terdaftar di database alamat email Outlook Express / daftar kontak email di Microsoft Outlook, untuk menyusupnya worm ini menggunakan kode VBScipt / Visual Basic Script.

3. Code Red

Worm ini bisa melakukan pemanfaatan pada layanan jaringan Internet Information Service (IIS) versi 4 dan 5, caranya sama dengan virus ADMWorm yaitu melalakukan serangan Buffer-Overflow

4. SQL-Slammer

5. Nimda

 

Demikian kawan pembahasan worm dan cara mengatasinya

Kunjungi juga artikel tutorial belajar komputer untuk pemula yang lain di blog seputar IT.

Semoga bermanfaat 😀

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY