Ini Dia Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer Terlengkap

Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer

Dear Pembaca, Anda sedang mencari artikel tentang sejarah printer dan jenis jenis printer ? Baik. Berikut merupakan artikel tentang topik yang sedang anda cari.

Semoga bermanfaat.

Berikut Artikel Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer

Sejarah Printer

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak dokumen baik itu berupa teks maupun gambar, yang diaplikasikan di atas kertas atau bahan lainnya.

Pada Abad ke 14, teknik cetak mencetak sudah pernah dilakukan di Negara China. Inovasi di Negara tersebut sudah berhasil dalam mencipkan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan.

Hanya saja, disebabkan alphabet China memiliki ribuan ideogram spesifik yang sangat sukar diterapkan di mesin tik maka perkembangannya tidak sehebat yang terjadi di Eropa.

Setelah terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa pada awal tahun 1950-an, barulah kebutuhan terhadap proses produksi dokumen tulisan menjadi lebih cepat.

Seorang tukang emas dan pengusaha asal Jerman, Johannes Guttenberg berhasil mengubah teknologi mesin cetak menjadi lebih revolusioner. Pada masa itu, perkembangan mesin cetak merupakan penemuan yang sangat penting.

berikut artikel Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer Johannes Guttenberg
Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer – Johannes Guttenberg

Walaupun tidak memberikan dampak besar terhadap perekonomian global, mesin cetak pada masa itu telah berkontribusi besar terhadap pencetakan Alkitab yang menjadi buku pertama yang diproduksi secara massal.

artikel Sejarah printer dan jenis jenis printer
Sejarah printer dan jenis jenis printer
Berikut Artikel Sejarah Printer yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

Sejarah Printer Epson

Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer – Perusahaan Epson, terletak di Suwa yakninya daerah barat daya Tokyo. Didirikan oleh Hisao Yamazaki pada tahun 1942. Perusahaan ini sudah berusia lebih dari seratus tahun, awalnya perusahaan ini mengawali kesuksesannya dengan jam merk Seiko.

ini dia sejarah printer epson
sejarah printer epson

Pada saat itu, Jam merk Seiko menjadi sangat terkenal sebab keunggulannya dalam teknologi presisi kinetiknya. Jam Seiko ini persis mencerminkan gaya hidup orang jepang yaitu sangat memperhatikan detail, ketepatan, serta keakuratan secara mekanis dan berulang.

Atas kecanggihan jam Seiko yang dalam presisi kinetic, kemudian para ahli yang ada di perusahaan Seiko merancang proyek besar dibidang percetakan, dan impian itu pun tercapai.

Pada akhirnya lahirlah printer pertama yang mereka beri nama EP-101. EP berarti Electronic Printer. Selanjutnya dari label itu ditambah kata “son”  yang berarti anak menjadi kata Epson.

Setelah Sejarah Printer Epson, berikutnya Sejarah Printer Canon

Sejarah Printer Canon

Pada tahun 1993, Didirikan sebuah perusahaan di Jepang dengan nama Seiki-Kougaku-Kenkyuujo (Precision Optical Instruments Laboratory ) oleh Yoshida Goro dan adik iparnya, Uchida Saburo.

Awalnya perusahann ini bertujuan untuk mengadakan riset dalam pengembangan kamera yang berkualitas. Dana yang diperoleh untuk perusahaan  Seiki-Kougaku-Kenkyuujo (Precision Optical Instruments Laboratory) didapatkan dari teman dekat Uchida yang bernama Takeshi Mitarai.

berikut sejarah printer canon - Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer
sejarah printer canon – Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer

Kamera luncuran pertama dari perusahaan ini adalah Kwanon yang diambil dari dewa umat Budha yaitu Kwannon dewa pengasih.

Beriring waktu berlalu, riset-riset tentang lensa sudah banyak dilakukan oleh perusahaan Precision Optical Instruments Laboratory. Namun, Perusahaan ini merasakan bahwa tidak ada kemajuan dalam memproduksi lensa yang notabene. Karena, lensa merupakan hal yang paling penting dalam pembuatan kamera.

Sebab itulah, perusahaan Precision Optical Instruments Laboratory memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan pembuat lensa Nippon Kogaku Kogyo (yang sekarang menjadi Nikon Corp).

Setelah kedua perusahaan itu bekerja sama,  akhirnya pada bulan feburary tahun 1936 meluncurkan produk masal mereka yaitu hansa canon, kamera dengan lensa Nikkor 50mm f3.5. Dijual dengan harga 275 yen dan diumumkan sebagai kamera 35mmrangefinder buatan jepang pertama dengan kualitas tinggi.

Perusahaan Precision Optical Instruments Laboratory terus melakukan kerja sama dengan perusahaan lain hingga terus mengalami kemajuan dan nama perusahaan pun terus mengalami perubahan hingga akhirnya menjadi perusahaan dengan nama Canon Camera Co. Ltd pada 15 September 1947.

Hingga pada akhirnya, di ulang tahun perusahaan ini yang ke-30. Pemimpin dari perusahaan ini Takeshi Miratai berkata dalam pidatonya “Untuk memperkokoh kemakmuran perusahaan kita tahun ini, kita harus memegang kamera di tangan kanan, mesin-mesin bisnis dan peralatan optik khusus di tangan kiri. Pada saat yang sama, kita harus secara substansial meningkatkan ekspor kita”.

Pidato Takeshi menjadi pedoman perusahaan ini. Hingga tahun 1960 secara resmi perusahaan mulai memasuki bidang elektronik seperti mesin fotokopi dll. Selanjutnya pada 1 Maret 1969 Canon Camera Co. Ltd merubah namanya menjadi Cannon Inc hingga saat ini.

Setelah Sejarah Printer Canon berikutnya Sejarah Printer Dot Matrix

Sejarah Printer Dot Matrix

Pada tahun 1964 Printer Dot matrix mulai dikenal oleh banyak orang. Kemudian pada tahu 1970, sebagian besar industry printer dot matrix dimiliki oleh perusahaan digital dan centronics.

Sementara Centronics lebih memilih kepada pasar yang low end dibandingkan dengan yang digital. Nama nama printer dot matrix pada masa awal perkembangannya ada 3 macam yaitu LA39, LA36 dan Centronics 101.

Selanjutnya printer Dot Matrix mulai menjadi printer yang paling diandalkan dari segi hasil dah harganya  pada tahun 1970-1990. Dan pada saat itu pula muncul printer dot matrix yang mendukung koneksi ke komputer menggunakan port USB.

Selesai penjelasan Sejarah Printer Epson, Canon dan Dot Matrix, lanjut ke pembahasan Jenis Jenis Printer

Jenis Jenis Printer

Printer Dot Matrix

Pengertian Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix merupakan Jenis Printer yang menggunakan pita sebagai penampil output ke kertas cetak. Hasil yang diberikan pada printer ini sedikit kurang bagus dan agak kasar.

kawan ini dia jenis jenis printer - printer dot matrix
jenis jenis printer – printer dot matrix

System cetak pada printer Dot Matrix masih menggunakan system ketukan dan cetakannya pun masih langsung dirangkap dengan karbon. Warna yang dihasilkan dari printer ini tidak bervariasi. Hanya hitam, biru dan merah. Dan jarang ketiga warna ini di gunakan secara bersamaan.

Resolusi cetak pada printer ini masih sangat rendah, hasil gambar yang tercetak masih terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Dalam proses kinerjanya, kecepatan  pada jenis printer Dot Matrix diukur dengan jumlah karakter yang dicetak perdetik dan satuan cps (character per second). Beberapa jenis printer ini memiliki kecepatan 500 cps dalam proses cetaknya.

Sebagai pertimbangan, maka pembaca pasti membutuhkan informasi kelebihan dan kekurangan dari printer ini kan? Berikut, mungkin dapat membantu.

Kelebihan dari printer Dot Matrix adalah sebagai berikut :

  • Bisa mencetak Rangkap sekaligus
  • Memiliki kemampuan mencetak ukuran kertas yang cukup lebar
  • Biaya printer dan tinta (pita) relative murah

Sementara kekurangan printer Dot Matrix adalah sebagai berikut :

  • DPI dan PPM nya rendah
  • Geraknya sangat lambat
  • Saat proses mengeprint mengeluarkan suara yang cukup berisik
  • Tidak memiliki variasi warna

Printer Ink Jet

Pengertian Printer Ink Jet

Printer Ink Jet merupakan Jenis printer yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini, dan banyak sekali tersedia dipasaran. Printer ini menggunakan tinta sebagai media cetak nya. Kualitas yang dihasilkan oleh mesin cetak ini pun sangat baik.

uraian jenis jenis printer - printer ink jet
jenis jenis printer – printer ink jet

Prinsip kerja dari printer ini menggunakan teknologi dor on demand , yaitu dengan menyemprotkan titik kecil tinta pada kertas melalui lubang pipa (nozzle) yang sangat kecil.

Penempatan dan pengisian tinta pada printer ini dapat dimodifikasi dengan menggunakan teknik infus yaitu dengan cara menambahkan tabung khusus untuk tinta pada bagian luar printer dan dihubungkan ke bagian pencetak mesin printer dengan menggunakan selang kecil.

Beberapa kelebihan dari Printer Ink Jet adalah :

  • DPI dan PPM nya lebih tinggi dari pada printer Dot Matrix
  • Bisa mencetak gambar dan warna dengan lebih mudah
  • Kualitas cetak nya bagus
  • Mampu mencetak pada kertas yang berukuran lebar

seperti printer lainnya Printer Ink Jet pun memiliki kekurangan, yaitu :

  • Memakan waktu yang lebih lama
  • Tidak memiliki kemampuan mencetak rangkap
  • Biaya operasionalnya yang lebih mahal

Printer Laser Jet

Pengertian Printer Laser Jet

Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer – LaserJet merupakan jenis printer yang paling bagus kualitasnya dibanding dua jenis printer sebelumnya. Alat mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetakan menggunakan infra merah.

Printer Laser Jet merupakan printer yang tidak menggunakan tinta untuk mencetaknya, tetapi menggunakan bubuk toner. Dan proses pencetakannya melalui bantuan infra merah.

Kualitas printer ini terbilang yang paling bagus, dengan kecepatan cetaknya yang cukup tinggi. Bahkan printer laser yang level terendah pun masih memiliki kecepatan cetak 2 kali lebih cepat dibanding printer Ink Jet dan Dot Matrix.

Cara kerja printer laser mirip dengan mesin fotocopy, yaitu dengan menggunakan photographic drum. Dari segi kualitas cetakan printer ini memberikan hasil cetak yang lebih tajam. Printer ini banyak digunakan oleh mereka yang memiliki kebutuhan cetak yang lebih banyak. Seperti di perkantoran, sekolah, dan lain lain.
kelebihan printer Laser adalah sebagai berikut :

  • Sangat efisien untuk mencetak warna hitam putih
  • Memiliki kapasitas warna yang lebih banyak dibandingkan dengan printer indoor lainnya
  • DPI dan PPM nya sangat tinggi
  • Memiliki kemampuan cetak yang sangat cepat

kekurangan Printer Laser Jet ini adalah :

  • Tidak dapat digunakan secara terus menerus
  • Biaya operasional nya tinngi

Printer LED / LCD

Pengertian Printer LED / LCD

Printer LED/LCD merupakan jenis printer yang cara kerja nya dengan menggunakan cahaya. Hampir sama dengan printer laser, namun bedanya pada media pencetak nya.

Printer laser menggunakan sinar laser, sementara printer LED/LCD dengan menggunakan cahaya. Kualitas yang dihasilkan oleh printer ini sangat bagus baik itu dalam bentuk teks maupun grafis.

Thermal Printer (Pos Printer)

Pengertian Thermal Printer (Pos Printer)

Thermal printer merupakan alat cetak yang menggunakan panas untuk proses mencetak diatas kertas, printer ini pun tidak mengeluarkan suara bising bahkan beberapa jenis thermal printer lainnya ada yang tidak mengeluarkan suara sama sekali.

ini dia Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer - Thermal Printer (Pos Printer)
jenis jenis printer – Thermal Printer (Pos Printer)

printer ini tidak menggunakan pin-pin seperti pada printer Dot Matrix, sehingga proses cetaknya sangat cepat. Walaupun printer ini memiliki harga jual yang lebih tinggi dari printer Dot Matrix, tidak mempengaruhi pembeli untuk memilikinya, sebab kualitas dan kelebihan pada Thermal printer yang banyak.

Printer ini banyak digunakan di mesin antrian, mesin ATM, kios informasi, system pont of sales seperti di kasir, cetak struk pada SPBU dan lain lain.

Kelebihan jenis printer Thermal adalah tidak mengeluarkan suara bising, namun juga memiliki kekurangan yaitu harga yang cukup mahal.

Plotter / Wide Format Printing

Pengertian Plotter / Wide Format Printing

Printer Plotter tipe Wide Format Printing merupakan printer yang banyak digunakan oleh perusahaan grafis, karena kemampuannya yang dapat mencetak dengan ukuran yang sangat lebar. Output pada printer ini bisa mencetak pada surface kertas, Vinyl, sticker dan berbagai bahan lainnya.

ini juga jenis jenis printer - Plotter
Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer – Plotter

Printer ini sering digunakan oleh para penjual jasa Print Digital Outdoor dan Indoor, seperti Poster, Sticker, Cutting, Banner dan lain lain.

Kelebihan dari Jenis printer Plotter tipe Wide Format Printing adalah :

  • Bisa mencetak kertas yang sangat lebar
  • Memiliki kualitas cetak yang baik
  • Proses pencetakkan yang cepat
  • Tidak mengeluarkan suara bising

Namun jenis printer Plotter ini juga memiliki kekurangan yaitu :

  • Menghabiskan banyak tinta (boros)
  • Ukuran printer yang cukup besar menyebabkan memakan tempat yang relative besar
  • Harga printernya relative mahal

Buble Jet

Pengertian Buble Jet

Printer Buble Jet bisa langsung menggunakan kamera tanpa komputer, karena dilengkapi dengan konektor USB. Walau harganya masih cukup mahal, namun gambar yang diperoleh dapat menyerupai hasil cetakan film.

Hanya saja, printer ini belum bisa mencetak pada ukuran kertas yang besar.

Printer Buble Jet memiliki kelebihan sebagai berikut :

  • Suara dan respon yang dihasilkan sangat lembut
  • Stabil
  • Kamera dapat langsung menggunakan printer ini tanpa harus menggunakan computer

Kekurangan Printer Buble Jet:

  • Harga Cartridge yang cukup mahal
  • Jika mengenai air hasil cetakannya akan menggenang

Printer Solid Ink

Pengertian Printer Solid Ink

Printer Solid Ink merupakan jenis printer yang menggunakan media tinta yang sudah dililinkan.

Prinsip kerja dari printer ini adalah dengan cara melelehkan tinta yang sudah melilin, kemudian lelehan tersebut ditampung pada sebuah tempat yang kemudian dipindahkan ke sejenis drum yang akan mendinginkan tinta, kemudian baru mencetak pada media kertas.

Kelebihan dari printer Solid Ink adalah komponen dalamnya lebih sedikit, dan Kekurangan mungkin proses kerjanya dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban.

Printer DTG

Pengertian Printer DTG

Printer DTG merupakan jenis printer yang digunakan untuk mencetak gambar pada media seperti kain, baik itu kain kaos, handuk, kain satin, kain TC dan kayu.

Jenis Mesin printer ini memiliki banyak peminat dari dunia fashion kaos yang bersablon gambar atau tulisan. Karena proses cetaknya sudah secara langsung (digital) tanpa menggunakan perantara (tanpa transfer paper).

Kelebihan printer DTG adalah sebagai berikut :

  • Dapat mencetak dengan berbagai warna (full color)
  • Hasil cetaknya meresap ke kain
  • Tidak perlu menggunakan transfer paper
  • Tidak perlu menggunakan mesin press kaos
  • Warna yang dihasilkan memuaskan dan warna nya tajam merata
  • Awet dan bisa di cuci berkali kali tanpa khawatir rusak

Sementara untuk Kekurangan dari printer DTG adalah :

  • Jika merawatnya tidak benar, cenderung cepat buntu
  • Tingkat perawatan pada head printernya cukup sulit
  • Dibandingkan sablon manual harga sablon printer DTG ini jauh lebih mahal

Printer Label

Pengertian Printer Label

Printer label merupakan Jenis Printer yang digunakan untuk mencetak label dengan jumlah banyak. Printer ini banyak digunakan di supermarket untuk mencetak barcode dan bisa mencetak label dengan berbagai bentuk.

Apakah Pembahasan Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer bisa memberikan informasi bermanfaat 😀

Semoga bisa jadi referensi untuk anda semua 😀

Baca juga:

Demikianlah Pembahasan Sejarah Printer dan Jenis Jenis Printer

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Kunjungi artikel lainnya di blog Tutorial Komputer ini ya 😀 , terima kasih telah berkunjung

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY