Dapatkah Telepon Seluler Terkena Virus

Dapatkah Telepon Seluler Terkena Virus 

Sahabat Seputar IT, pada pembahasan kali ini saya akan menjawab pertanyaan Dapatkah Telepon Seluler Terkena Virus ? 😀 tidak semua orang mengetahui jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini untuk itu saya akan membagikannya lewat artikel ini

Selamat membaca kawan 😀

Popularitas ponsel pintar / Smartphone tumbuh dengan sangat cepat, hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya kekhawatiran akan serangan virus ponsel.

Virus ponsel pertama kali menyerang pada tahun 2005 ketika hacker mengetahui bagaimana memanfaatkan sistem pesan teks ponsel Symbian Series 60 dari Nokia.

Ketika pengguna telepon ini menerima teks yang terinfeksi virus, virus tersebut memanfatkan daftar kontak telepon dan meneruskannya ke semua orang di buku alamat pengguna.

Dapatkah Telepon Seluler Terkena Virus

Telepon penerima mendapat pesan teks yang memikat seperti “3DGame dari saya. Ini gratis!”

Jika penerima mendownload apa yang mereka anggap permainannya, virus tersebut meneruskan kontak mereka, dan seterusnya.

ini artikel Dapatkah Telepon Seluler Terkena Virus
Dapatkah Telepon Seluler Terkena Virus

Teknologi telepon seluler telah berkembang jauh sejak saat itu, namun dengan semakin pesatnya penggunaan smartphone ini, semakin berkembang juga jenis virus yang baru.

Salah satunya yaitu virus Trojans, virus Trojans yaitu sebuah program yang berpura-pura menjadi sesuatu yang lain seperti permainan gratis untuk mengelabui pengguna agar menginstalnya.

“Virus Smartphone relatif terbatas, namun karena ponsel pintar seperti iPhone terus menembus pasar AS, jumlah virus dapat diperkirakan meningkat,” kata Tim Deluca-Smith, wakil presiden pemasaran di WDSGlobal.

Dapatkah SmartPhone Terkena Virus

Pada tahun 2009, sebuah virus ponsel pintar membajak password pengguna Facebook saat mereka memperbarui status mereka melalui ponsel yang mereka gunakan.

Virus kemudian mengupdate status, “Saya lebih ringan 8 1/2 pound berkat paket percobaan GRATIS dari pembersih usus baru yang saya dapatkan! Kunjungi Blablabla .net untuk Anda!”

Teknologi Bluetooth, yang mengirim pesan secara nirkabel jarak jauh, juga mempermudah penyebaran virus.

Misalnya, ponsel yang terinfeksi virus Cabir, menggunakan Bluetooth untuk mencari ponsel lain dalam jarak sekitar 100 kaki (30 meter).

Kemudian, menyamarkan dirinya sebagai file keamanan, ia mengirimkan dirinya ke setiap perangkat yang rentan dalam jangkauan dan, setelah dipasang, mengalirkan baterai telepon saat menyalakan pindai Bluetooth baru.

“Orang sering memasukkan virus ke perangkat orang lain untuk mencuri informasi pribadi,” kata Martin Libicki, seorang analis kebijakan senior di Rand Corporation dan yang mengkhususkan diri pada keamanan e-commerce dan teknologi.

Karena lebih banyak orang menggunakan ponsel mereka untuk melakukan transaksi pembelian online

misalnya, dengan membeli tiket film saat dalam perjalanan ke bioskop, lebih banyak virus akan dikembangkan untuk merebut data pribadi seperti informasi rekening bank dan nomor kartu kredit, kata Libicki.

“Karena transaksi kartu kredit menjadi lebih umum digunakan seiring berjalannya waktu, ponsel harus diperbarui dengan perangkat lunak yang lebih tahan terhadap teknologi virus,” kata Libicki.

baca juga : antivirus gratis terbaik untuk android

Dari ulasan di atas kita ketahui bahwa smartphone pun dapat terkena virus 😀

Namun apakah virus komputer juga bisa menginfeksi ponsel ?..

Tentu berbeda kawan, karena bahasa pemrograman untuk ponsel dan komputer juga berbeda.

Sekarang sudah menemukan jawaban pertanyaan Dapatkah Telepon Seluler Terkena Virus ? 😀

Semoga bermanfaat ya kawan

Demikianlah Pembahasan Dapatkah Telepon Seluler Terkena Virus

Silahkan share kepada yang lainnya ya

Kunjungi artikel menarik lainnya di Blog Tutorial Komputer 😀

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY