Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Pemerintahan

566

Inilah Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Pemerintahan

Hai Sahabat Seputar IT ketemu lagi akhirnya 😀 pada kesempatan kali ini saya masih akan membahas mengenai dampak positif dan negatif teknologi informasi dan komunikasi yaaa
Dan pada artikel saya akan membahas mengenai dampak positif teknologi informasi dalam bidang pemerintahan. pasti teman teman banyak yang belum tahu iya kan ?… 😀 selamat membaca ya
Baca juga        : Dampak negatif teknologi informasi dalam bidang pemerintahan

Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Pemerintahan

inilah dia Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Pemerintahan

1. Memberikan pelayanan informasi yang lebih baik kepada masyarakat tanpa harus datang langsung ke kantor pusat pelayanan selama 24 jam dalam sehari.
2. Baiknya hubungan antara pemerintah pusat dan daerah sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Bila pemerintah pusat dan daerah ingin melakukan diskusi, Tanya jawab dan koordinasi, mereka tidak perlu bertemu secara langsung. Mereka dapat melakukannya melalui media TIK. Melalui media TIK ini pun, pemerintah daerah dapat senantiasa memberikan informasi mengenai perkembangan daerah kepada pusat dengan mudah dan cepat.
3. Terjalinnya Hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik serta dapat menentukan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
4. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi jika dihubungkan dengan tujuan peyelenggaraan pemerintah yang baik masih dianggap sebagai alat “pengotomatis pengendali system” yang mampu mengurangi proses kerja yang bersifat manual dibanding sebagai alat yang mampu meminimalkan birokrasi.
5. Kemajuan Teknologi informasi dan komunikasi jika dihubungkan dengan konteks partisipasi dalam perumusan kebijakan masih dianggap sebagai alat yang mampu mempermudah proses pengumpulan informasi dan data dari masyarakat sehingga kebijakan dapat ditetapkan sesuai pada kebutuhan masyarakat dibanding sebagai alat yang dapat membuka interaksi dengan pihak luar seperti publik dan instansi/lembaga lain.
6. Kemajuan Teknologi informasi dan komunikasi jika dihubungkan dengan konteks keterbukaan/transparansi internal masih dianggap sebagai media sarana penyedia akses dibanding sebagai media sarana penyedia informasi yang lebih lengkap dan khusus.
7. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi jika dihubungkan dengan konteks pelaksanaan suatu kebijakan masih dianggap sebagai sarana untuk menyampaikan laporan secara cepat dibanding sebagai media untuk membantu proses pengawasan/monitoring.
8. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi jika dihubungkan dengan konteks peningkatan kualitas suatu kebijakan masih dianggap sebagai alat untuk menambah ruang sumber informasi dan data dibanding sebagai alat yang bisa menciptakan keterbukaan dalam proses pengambilan keputusan/kebijakan.
9. Kemajuan Teknologi Informasi dan komunikasi serta kemajuan teknologi transportasi dalam bidang politik internasional telah menumbuhkan kesadaran serta kecenderungan regionalisme.
10. Menambah Devisa negara (pendapatan pemerintah) yakni melalui 2 cara. Pertama pemerintah memperoleh pendapatan ketika mereka menjual lisensi atau privatisasi perusahaan kepunyaan negara. Kedua mereka memperoleh pajak dan pembayaran dari lisensi.
11. Dalam upaya memperbaiki angka kemiskinan, Pemerintah membentuk program Information And Communication Technology For Proverty Reduction (ICT4PR) dimana program ini merupakan program pembangunan pusat TIK di pedesaan seperti halnya telecenter.
12. Membantu para pegawai pemerintah dalam melaksanakan tugas. Misalnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap para koruptor dengan memanfaatkan kemajuan TIK yaitu dengan cara menyadap telepon seluler para koruptor sehingga mereka mengetahui perbuatan dan rencana dari para koruptor tersebut.
13. Membantu para polisi untuk menangkap para penjahat dengan memanfaatkan pemasangan kamera CCTV.
14. Membantu pemerintah meletakkan dasar-dasar kebijakan serta komitmen untuk memperbaiki kondisi pemerintahannya dengan memperoleh informasi dari luar. Hal ini akan membantu pemerintah di negara-negara berkembang agar mampu menjembatani kesenjangan antara lingkungan global, pegawai pemerintah itu sendiri dan rakyat/warga negaranya.

Demikian Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Pemerintahan Sampai berjumpa dipembahasan berikutnya ya!

Bagi sahabat yang pengen nambah ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai tutorial belajar internet dan komputer silahkan saja kunjungi artikel lainnya ya
Terima kasih atas kunjungannya, saya harap artikel ini bermanfaat dan dapat membantu!
Kunjungi juga artikel terkait lainnya : Dampak positif dan negatif TIK dalam kehidupan sehari-hari, Dampak negatif TIK dalam bidang ekonomi, Dampak negatif TIK dalam bidang pemerintahan, Dampak negatif TIK dalam bidang pendidikan, Dampak negatif TIK dalam bidang kesehatan, Dampak positif TIK dalam bidang perbankan.
SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY