Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Ekonomi

545

Berikut Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Ekonomi Yang Banyak Tidak Diketahui

Hai teman-teman! Berjumpa lagi dengan saya. Topik pembahasan kali ini masih sama seperti sebelumnya yaitu mengenai Dampak TIK. Tapi kali ini kita akan membahas sedikit mengenai dampak positif  teknologi informasi dalam bidang ekonomi. Saya jamin kalian semua telah merasakan dampak positif teknologi informasi dalam bidang ekonomi. Misalnya aja kalo kalian belanja secara online. Tapi biar lebih jelas mendingan ikuti aja pembahasan berikut.

Baca juga        : Dampak Negatif TIK Dalam Bidang Ekonomi

Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Ekonomi

ini dia Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Ekonomi

Berkembangnya dunia industri

Tingkat produktifitas industri semakin meningkat dengan adanya bantuan dari kemajuan teknologi baik dari segi aspek teknologi industry maupun aspek jenis produksi. Dengan memanfaatkan mesin-mesin industri, hasil produksi yang dihasilkan akan semakin banyak dan lebih bermutu. Dan yang tidak kalah penting yaitu dengan memanfaatkan mesin-mesin tersebut hasil produksi yang banyak tersebut dapat diproduksi dalam waktu yang lebih singkat dibanding secara manual

Mampu meningkatkan kesadaran seseorang untuk menambah skill (keahlian) serta ilmu pengetahuan dan meningkatkan kesadaran seseorang untuk bersaing. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi masa kini tentunya kriteria suatu perusahaan dalam mencari para pekerja juga semakin tinggi sehingga hal itu mampu mempengaruhi pemikiran seseorang untuk berlomba-lomba meningkatkan skill dan kemampuan agar dapat memenuhi kriteria pekerja yang diharapkan oleh suatu perusahaan.

Mempermudah suatu instansi atau lembaga dalam melakukan promosi dan pemasaran suatu produk yaitu dengan cara memanfaatkan fasilitas pemasangan iklan di situs-situs tertentu.

Mempermudah transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan melalui fasilitas e-commerce.

Kemajuan TIK dimanfaatkan untuk membuat layanan baru dalam bidang perekonomian dan bisnis seperti internet banking, SMS banking dan e-commerce. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Internet Banking

Internet banking merupakan suatu layanan dalam bidang perbankan yang memanfaatkan internet. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan diantaranya adalah pengecekan saldo, pembayaran tagihan dan transfer uang. Keuntungan dari internet banking ini adalah memberikan keleluasaan serta ruang yang lebih luas kepada nasabah agar dapat melakukan transaksi dimana dan kapan saja tanpa dibatasi tempat dan waktu.

Beberapa Keuntungan internet banking bagi para nasabah yaitu :

  1. Hemat Waktu. Hal itu dikarenakan dengan adanya Internet banking seorang nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi.
  2. Hemat biaya. Hal itu dikarenakan transportasi yang akan digunakan untuk pergi ke bank dapat ditiadakan.
  3. Pelayanan lebih cepat karena tidak perlu menunggu giliran yang banyak.

SMS Banking

SMS Banking merupakan layanan dalam bidang perbankan yang memanfaatkan Short Message Service (SMS). Transaksi yang dapat dilakukan sama dengan transaksi yang dapat dilakukan oleh internet banking.

baca juga : dampak positif TIK dalam bidang perbankan

E-commerce (Electronik commerce)/Perdagangan elektronik

Electronic commerce dapat diartikan sebagai kegiatan perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan media internet. nah Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Ekonomi yang ini bisa di manfaatkan untuk perkembangan perusahaan.

Beberapa keuntungan yang diperoleh perusahaan yaitu :

  1. Perusahaan dapat menjangkau daerah pemasaran yang lebih luas.
  2. Suatu perusahaan tidak perlu membuka kantor cabang industri.
  3. Pengeluaran Lebih hemat karena pegawai tidak terlalu banyak.
  4. Dapat menekan biaya karena rantai distribusi pendek sehingga harga barang juga murah dan   terjangkau oleh daya beli masyarakat.
  5. Biaya operasional lebih murah.

Beberapa Keuntungan Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Ekonomi yang diperoleh konsumen antara lain :

  1. Konsumen tidak perlu repot datang sendiri ke perusahaan karena dia dapat memesannya melalui internet.
  2. Konsumen dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya perjalanan.
  3. Konsumen memiliki banyak pilihan karena dapat membandingkan satu produk dengan produk yang lain tanpa harus mengunjungi merk dagang saru persatu.
  4. Konsumen dapat membeli barang dari negara lain tanpa harus ke luar negeri.
  5. Konsumen memperoleh harga yang lebih murah/kompetitif.

Dengan kemajuan TIK, banyak bermunculan pedagang online sehingga konsumen tidak perlu ke toko untuk memperoleh barang.

Dalam bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa, komputer dimanfaatkan untuk kegiatan transaksi dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Kini department store telah memanfaatkan mesin cash register (mesin kasir) yang disertai dengan komputer control sehingga mesin tersebut dapat dikontrol secara cepat dan tepat dan biasanya dimanfaatkan juga untuk menghitung rugi laba, scanning barcode barang dan lain sebagainya oleh pihak manajer.

Cukup sekian pembahasan Dampak Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Ekonomi dari saya. Sampai berjumpa di pembahasan selanjutnya ya teman-teman!

Bagi teman-teman yang ingin menambah wawasan mengenai tutorial belajar internet dan komputer silahkan kunjungi blog Seputar IT.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan bisa membantu!

Artikel terkait : Dampak positif dan negatif TIK dalam kehidupan sehari-hari, Dampak negatif TIK dalam bidang pemerintahan, Dampak negatif TIK dalam bidang pendidikan, Dampak negatif TIK dalam bidang kesehatan.

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY