Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Bidang Sosial Budaya

2813

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Bidang Sosial Budaya

Contoh dampak positif dan negatif TIK dalam Bidang Sosial Budaya – Hai Teman-teman! Dikesempatan kali ini saya masih akan membahas mengenai dampak positif dan negatif dari TIK. Bila sebelumnya kita telah membahas dampak negatif TIK di bidang pemerintahan, perekonomian, kesehatan dan pendidikan serta dampak positif TIK di bidang perbankan. Sekarang kita akan membahas beberapa dampak positif TIK dalam bidang social budaya.

Dampak Positif TIK Di Bidang Sosial Budaya

  • Berbagai Informasi dapat dengan mudah disebarluaskan dan diterima oleh masyarakat.
    Peranan positif dan negatif TIK di bidang Sosial budaya – Di zaman modern ini, TIK telah mampu menjadi sumber informasi. Informasi apapun dapat kita akses dengan mudah melalui media Teknologi Informasi dan komunikasi. Sebagai contoh bila kita ingin mengetahui macam-macam objek wisata di kota A, melalui media TIK kita dapat mengetahui banyak objek wisata yang ada tanpa harus bertanya secara langsung kepada orang yang berada di daerah tersebut dan belum tentu orang tersebut dapat memberikan informasi yang lengkap sebagaimana yang kita dapatkan dari media TIK.
  • Interaksi social dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
    Misalnya Ani tinggal di kota Medan dan Fina tinggal di kota Kupang. Mereka dapat saling berinteraksi, memberi kabar, bercerita dan saling bertukar budaya melalui media TIK tanpa dibatasi oleh batas wilayah dan perbedaan waktu.
  • Penyebarluasan hasil kebijakan pemerintah dapat lebih cepat dan mudah disampaikan pada public.
    Media TIK ini sangat diperlukan dalam penyebarluasan hasil kebijakan dan peraturan pemerintah baik yang telah ataupun yang baru keluar. Sehingga informasi tidak terlambat diterima oleh public (masyarakat umum).
  • Meningkatnya rasa percaya diri dan motivasi yang tinggi
    Dampak positif dan negatif TIK dalam bidang Sosial dan budaya – Hal ini dapat kita lihat salah satunya pada social media. Mereka dengan percaya diri berani tampil secara terbuka baik kepada orang yang dikenalnya maupun tidak. Mereka menyebarluaskan serta memberikan informasi tentang apapun yang terjadi disekitarnya baik itu penting atau tidak baik itu perlu atau tidak. Melalui hal itu dapat kita simpulkan bahwa mereka sedang berlomba-lomba menjadi yang tercepat menyampaikan informasi terkini. Secara tidak langsung hal itu memberitahukan pada kita bahwa tingkat persaingan antarindividu menjadi lebih meningkat
  • Adanya pertukaran budaya antar suku, daerah bahkan antarnegara
    Setiap suku, daerah dan negara itu mempunyai kebudayaannya masing-masing. Budaya itulah yang menjadi ciri khas dari suku, daerah atau negara tersebut. Dengan adanya media teknologi informasi dan komunikasi saat ini, budaya dari masing-masing daerah tersebut tidak hanya dipublikasikan dengan cara pertunjukan atau penampilan namun juga dapat dipublikasikan dengan cara bertukar budaya antar kelompok yang berbeda budaya dimana budaya itu nanatinya akan dipelajari dan dilestarikan.
  • Mempermudah seseorang untuk mengenal budaya yang ada di seluruh dunia
    Dengan kemajuan Teknologi Informasi dan komunikasi di era ini tentunya untuk mengetahui budaya dari suatu daerah atau negara tidaklah sulit. Dengan memanfaatkan media TIK yang ada kita bahkan mampu menjelajah budaya di negara manapun.
  • Mudahnya memperkenalkan karya-karya anak bangsa ke dunia internasional
    Karya setiap anak bangsa seperti music, fashion, film, lukisan, tarian maupun yang lainnya di suatu negara perlu dipublikasikan ke negara-negara tetangga atau bahkan negara-negara di seluruh dunia. Selain memperkuat identitas dan memperkenalkan budaya juga membuat negara semakin dikenal dan dipandang oleh dunia internasional.

Dampak Negatif  TIK Dalam Bidang Sosial Budaya

  • Timbulnya serangkaian kejahatan baru
    Ini merupakan dampak yang sangat umum dan wajar terjadi disemua bidang, baik itu bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian, pemerintahan, perbankan dan lain sebagainya. Serangkaian kejahatan baru yang muncul ini dapat memotivasi individu lain untuk turut serta melakukan atau bahkan menciptakan kejahatan baru dengan melalui media yang sama yaitu dengan memanfaatkan media TIK. Mereka akan turut serta karena mereka berfikir kejahatan dunia maya sulit ditangkap.
  • Maraknya perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan masyarakat dan di kalangan remaja
    Dampak positif dan Negatif TIK dalam bidang social budaya – Perilaku menyimpang merupakan perilaku yang melawan norma-norma dan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat atau dengan kata lain perilaku menyimpang merupakan perilaku yang didasarkan pada kurangnya moral dan kesadaran serta kurangnya sikap positif terhadap penerimaan perubahan social budaya di masyarakat. Banyak diantara mereka memang awalnya bersikap terbuka terhadap perubahan social budaya tersebut dan memang itu bagus namun sikap terbuka tersbeut tidak diikutsertakan dengan sikap selektif dan antisipatif sehingga hal yang tidak baikpun dianggap baik dan biasanya hal yang baik tidak dianggap baik. Hal itu semakin diperparah dengan semakin canggihnya TIK. Melalui media TIK, mereka dapat dengan mudah memperoleh banyak informasi mengenai berbagai budaya di luar sana yang tidak selaras dengan budaya sendiri, salah satunya adalah budaya barat (model pakaian yang minim, mabuk-mabukan dan lain-lain sebagainya). Mereka yang tidak mampu memilah-milah pengaruh tersebut maka mereka akan menerapkannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari tanpa mengetahui dampaknya. Apalagi bagi seorang remaja yang masih labil akan lebih mudah terpengaruh oleh hal-hal tersebut.
  • Tingkat kepercayaan yang semakin menurun terhadap lingkungan sekitar (Cenderung individualis/menutup diri karena terlampau sering bergaul dengan komputer)
    Dampak positif dan negatif TIK di bidang social budaya – Kemajuan TIK di zaman modern ini semakin melemahkan rasa percaya seseorang terhadap lingkungannya. Mereka cenderung berfikir lebih baik bertanya langsung saja pada internet daripada bertanya pada orang secara langsung yang belum tentu mengetahui secara pasti apa yang mereka tanyakan. Terkadang pula jika mereka telah memperoleh jawabannya mereka terkadang ingin membuktikan kembali benarkah apa yang diungkapkan oleh orang tersebut. Jadi secara tidak langsung orang tersebut akan cenderung menutup diri dari interaksi social dan cenderung bersikap individualis dikarenakan mereka terlampau sering bergaul dengan komputer. Hal ini juga dapat mengakibatkan seorang anak tumbuh dengan kepribadian social yang rendah.
  • Munculnya budaya apatis terhadap lingkungan
    Hal ini merupakan fenomena yang banyak terjadi di sekitar kita tanpa kita sadari. Munculnya budaya apatis (acuh tak acuh) terhadap lingkungan merupakan kelanjutan dari sikap kecenderungan untuk menutup diri dari masyarakat. Dengan kemajuan teknologi masa kini banyak diantara mereka terlampau sibuk dengan berbagai social media seperti facebook, twitter, talk dan lain sebagainya sehingga pikiran dan waktu mereka hanya digunakan untuk mengurus social media, apalagi bila mereka telah kecanduan. Hal itu tentunya akan mengurangi interaksi social mereka di masyarakat dan cenderung acuh tak acuh terhadap masyarakat.
  • Sempitnya ruang privasi bagi setiap individu
    Munculnya social media tidaklah selamanya membawa dampak positif. Salah satu dampak negatifnya yaitu, melalui jejaring sosial yang ada mereka secara bebas dan terbuka mengungkapkan hal-hal yang seharusnya bersifat pribadi kepada teman-teman social medianya baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal bahkan mereka juga dapat dengan bebas melihat info privasi orang lain di media tersebut. Kekebasan dan keterbukaan ini biasanya cenderung berlebihan sehingga privasi seseorang bukanlah hal yang rahasia lagi.
  • Kurangnya sikap selektif terhadap masuknya budaya asing dari luar.
    Contoh dampak positif dan negatif TIK di bidang social budaya – Ketika pengaruh budaya lain masuk, setiap individu haruslah bersikap kritis dan selektif terhadap perubahan tersebut. Bila tidak, seluruh budaya asing yang masuk tersebut baik yang pengaruhnya baik maupun tidak akan diterima secara keseluruhan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga lama-kelamaan akan mengubah budaya sendiri dan cenderung akan mengubah pola hidup.
  • Meningkatnya angka pengangguran.
    Salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi dan industri masa kini yaitu meningkatnya angka pengangguran. Kegiatan industri banyak mamanfaatkan mesin-mesin otomatis dalam memproduksi dengan alasan kualitas dan mutu sehingga tenaga manusia telah digantikan dengan mesin-mesin tersebut.
  • Membentuk budaya yang maunya serba online
    Canggihnya teknologi masa kini mengakibatkan semuanya serba online dan cepat. Sekarang jika kita ingin membayar listrik dapat dilakukan secara online. Bila kita ingin berbelanja kita dapat berbelanja secara online, bila kita ingin mengerjakan tugas sekolah kita dapat mencarinya di internet, bila kita ingin membeli tiket kita dapat melakukannya secara online dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan budaya yang maunya serba instant. Dengan kata lain mereka hanya mengutamakan produk jadi tanpa memikirkan atau mementingkan proses.
  • Munculnya tindak kekejaman dan kesadisan
    Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi mengakibatkan seluruh informasi dapat diakses darimana saja salah satunya yaitu TV. Adanya tayangan film, siaran olahraga atau berita criminal di media televisi yang menanyangkan tindak kekejaman dan kesadisan seseorang sangat berpengaruh pada perilaku masyarakat terutama anak-anak yang suka meniru tayangan-tayangan tersebut. Hal ini dikarenakan kurang ketatnya lembaga penyiaran dan juga jam tayang yang tidak tepat.
  • Budaya pergaulan bebas masa kini
    Sifat internet yang terbuka dan luas tak terbatas terkadang dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyerluaskan gambar-gambar dan film-film yang bersifat porno/mesum. Hal ini sangat berpengaruh pada mental generasi muda dan merusak moral. Bagi mereka yang tidak mampu membentengi diri pastinya akan terjerumus pada pengaruh tersebut.
Sekian pembahasan kali ini. Adanya kesalahan merupakan bukti bahwa kita adalah manusia. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau kata-kata yang menyinggung. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya teman-teman!
Hai sahabat! Bagi kalian yang pengen nambah-nambah ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai tutorial belajar internet dan komputer gak perlu ribet dan pusing kunjungi saja link Seputar IT.

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Bidang Sosial Budaya

Terima kasih atas kunjungannya, semoga dapat membantu!
Artikel terkait : Dampak positif dan negatif TIK dalam kehidupan sehari-hari, Dampak negatif TIK dalam bidang perekonomian, Dampak negatif TIK dalam bidang pemerintahan, Dampak negatif TIK dalam bidang pendidikan, Dampak negatif TIK dalam bidang kesehatan dan Dampak positif TIK dalam bidang perbankan.
SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY