Dampak Negatif dan Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

8646

Hai teman – teman ?pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit ulasan tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan TIK .

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Dengan adanya teknologi ini, kita dapat mendapatkan informasi dari mana saja, dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja, dengan biaya yang lebih murah dan cepat. misalnya ketika kita ingin mengirim surat kepada teman kita yang berada di luar negeri, jika kita menggunakan surat manual maka kita membutuhkan, uang untuk mengirim, biaya yang diperlukan untuk pergi ke kantor pos, dan waktu untuk menunggu surat sampai kepada teman kita. belum lagi waktu yang kita butuhkan untuk menunggu balasan dari teman kita, pastinya ribet dan lama banget donk !.

Tapi dengan adanya fasilitas internet, seperti (email, facebook, chatting, dll) kita dapat mengirim surat pada teman kita dengan cepat dan murah asalkan kita dan teman kita terkoneksi ke internet. kalo nggak terkoneksi ke internet  ? kagak bakal bisa deh hehehe……

kalo temen temen mau cari referensi tentang pilihan paket internet terbaik kunjungi ya ?

Udah ya ? Langsung aja ke intinya.

1. Dampak positif dari teknologi informasi dan komunikasi

A. Memudahkan kita dalam melakukan komunikasi dan memperoleh informasi

gambar seseorang yang sedang melakukan komunikasi dan mencari informasiTIK ini berkaitan erat dengan internet & komputer, sehingga ada beberapa orang beranggapan wujud TIK ya? komputer & internet . anggapan tersebut benar namun belum tepat sebagai salah satu wujud teknologi konvergensi ( penggabungan ) antara teknologi informasi dan telekomunikasi internet menawarkan banyak kemudahan dalam berkomunikasi.

manfaat internet :

  • dapat menghubungkan seluruh orang di dunia tanpa harus tau dimana letak mereka
  • dapat mengirim surat elektronik dengan email
  • mengetahui berbagai informasi dari berbagai situs – situs website
  • keuntungan bagi perusahaan

B. Keuntungan serta kemudahan di bidang bisnis

dengan adaya teknologi informasi dan komunikasi ini, dampaknya dapat dirasakan oleh perusahaan yaitu dari cara kerja yang lama/manual ke cara kerja komputerisasi yaitu dengan menerapkan ERP(enterprise resource planing) dengan ini, semua data perusahaan diolah di komputer sehingga kinerja perusahaan menjadi efektif dan efisien serta dapat menekan biaya produksi. Dengan adanya teknologi internet ini banyak bisnis berbasis internet dikembangkan. mulai dari bisnis perdagangan, jual beli, promosi, dll.

baca juga : dampak negatif TIK dalam bidang ekonomi

Keuntungan yang diperoleh oleh produsen/perusahaan dengan adanya teknologi internet ini

  • Meluasnya jangkauan pasar dari produk perusahaan
  • Menekan biaya sebab rantai distribusi yang pendek,sehingga berimbas juga pada harga barang yang menjadi lebih murah.
  • Tidak perlu membuka kantor cabang, sehingga dapat menghemat
Selain keuntungan bagi perusahaan, kita juga mendapatkan keuntungan dari teknlogi internet ini seperti :
  • Kita tidak perlu repot – repot lagi untuk membeli barang, kita tinggal pesan melalui internet dan barang akan langsung diantar ketujuan.
  • Hemat, baik dari segi biaya dan waktu
  • Terdapat banyak pilihan barang sehingga kita dapat membandingkannya baik barang dalam negeri ataupun dari luar negeri tanpa harus mengunjungi perusahaan satu persatu
  • Kita mendapatkan harga yang lebih murah, karena rantai distribusi yang pendek.

C. Keuntungan di bidang perbankan

dampak negatif dan positif internet dan teknologiPengaruh TIK dalam dunia perbankan adalah munculnya (I-banking) internet banking yaitu transaksi perbankan dengan menggunakan internet.namun kita juga dapat melakukannya melalui (HP) dengan SMS Banking

     Keuntungan bagi nasabah dari internet banking atau SMS Banking

  • Melakukan transaksi perbankan seperti transfer uang, cek saldo, dll dimana saja dan kapan saja sehingga kita dapat menghemat waktu dan biaya
  • Terhindar dari segala halangan saat di perjalanan

Satu yang harus diingat ‘ harus ada pulsa ya ?  ’ hehehe .

     Keuntungan yang diperoleh bank

  • Tidak memerlukan kantor yang besar dan dapat mengurangi jumlah pegawai sehingga dapat menekan biaya
  • Pelayanan dapat dilakukan 24 jam

baca : Manfaat Teknologi dalam bidang perbankan

D. Dapat memperbaiki kualitas pendidikan melalui E-learning

dampak positif dan negatif TIK dalam kehidupanDengan adanya TIK ini kita dapat melakukan pendidikan jarak jauh dengan menggunakan internet atau sering disebut E-learning. dampak positifnya yaitu :

  • Adanya fasilitas e – moderating sehingga guru dan siswa dapat berkomunikasi serta berdiskusi untuk menambah wawasan pengetahuan
  • Dapat mengulang pelajaran yang telah disampaikan/review serta dapat mencari tambahan informasi bahan pelajaran dengan akses ke internet dengan mudah.
  • Berubahnya peran siswa pasif munjadi aktif

baca juga :

Manfaat Teknologi dalam bidang pendidikan 

Dampak negatif Teknologi dalam bidang pendidikan

E. Meningkatkan layanan kesehatan

dampak negatif dan positif Teknologi dalam bidang kesehatanPemanfaatan TIK ini dalam bidang kesehatan dapat digunakan untuk sarana diskusi tentang kesehatan, tanya jawab tentang kesehatan, berbagi ilmu tentang kesehatan dll. sehingga kita yg tdk punya banyak waktu untuk ke dokter tetap tau penyelesaian dari masalah kita.

baca juga :

Manfaat Teknologi dalam bidang kesehatan

Dampak negatif TIK dalam bidang kesehatan

F. Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan publik

Misalnya dalam administrasi kependudukan dan perpajakan :

  • Keuntungan bagi lembaga layanan publik
  • Kantor yang diperlukan tidak terlalu besar
  • Pelayanan dapat dilakukan di mana saja
  • Waktu pemrosesan lebih cepat
  • Keuntungan bagi konsumen
  • Kita tidak perlu lagi ketempat pengurusan pajak, proses pengurusan pajak menjadi lebih cepat dan mudah

Perlu teman teman ketahui bahwa perkembangan teknologi pasti terdapat efek samping / dampak negatif yang akan ditimbulkan. di samping iming iming keuntungan dari pemanfaatan TIK juga memunculkan potensi potensi kerugian karena – justru semakin tinggi tingkat intelektualitas masyarakat maka semakin canggih & aneka ragam kejahatan yang memanfaatkan teknologi tersebut.

2. Dampak negatif dari teknologi informasi dan komunikasi

A. Keterasingan

dampak negatif TIK terhadap anak anakPengguna komputer cenderung menarik diri dari lingkungan sosial karena telah terpenuhi kebutuhan secara psikis oleh perangkat komputer. sehingga ia akan merasa khawatir tidak terpenuhi kebutuhan psikisnya di masyarakat, jadi ia akan semakin mengisolir diri dari kehidupan masyarakat

B. Rasa takut

dampak negatif dan positif internet bagi penggunaBanyak orang merasa takut saat memakai komputer, karena takut jikalau komputer tersebut rusak. apa lagi jika ditambah dengan pengguna komputer yang sengaja menyebarkan virus itu akan menambah rasa ketakutan pada pemula. jika leptop teman lemot, coba kunjungi deh ! ‘cara memperbaiki laptop lemot beserta penyebabnya ‘ 

C. Penyebaran pornografi

Ada beberapa tanggapan orang orang tentang internet, salah satunya internet itu identik dengan penyebaran pornografi, memang sih bisa dibilang bener juga!. karena ?….. dengan kemampuan internet yang dapat menyampaikan informasi secara bebas dan luas dimanfaatkan oleh orang orang untuk menyebar luaskan gambar gambar / video – video pornografi yang biasanya menyangkut orang orang terkenal.

Hal ini membuat pornografi menjadi merajalela, bahkan sekarang sudah banyak teman kita yang sudah tidak memiliki rasa malu dengan menyebarkan foto dirinya yang tidak pantas sehingga dapat menimbulkan kejahaatan untuk dirinya sendiri .

Kejadian seperti ini juga dapat disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orang tua kepada mereka, sehingga mereka berani melakukan hal seperti itu. Mudah mudahan para orang tua lebih mengawasi anaknya, agar mereka tidak terjerumus ke jalan yang salah.

D. Muncul kejahatan baru

dampak negatif internet dan dampak positif yang ditimbulkanDengan kemajuan TIK komputer – komputer diseluruh dunia dapat terhubung satu sama lain, sehingga dapat memunculkan tindakan kejahatan di dunia maya / kegiatan melawan hukum yang dilakukan orang lain melalui komputer atau biasa disebut cybercrime. tujuan cybercrime dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Cracking ( pelakunya disebut cracker ) : usaha memasuki suatu jaringan dengan tujuan mencuri, mengubah atau merusak data yang sudah tersimpan pada komputer pada suatu jaringan untuk keperluan pribadi.
  • Hacking (pelakunya disebut hacker ) : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksploitasi / mencari sisi lemah dari sebuah jaringan untuk dimanfaatkan guna kepentingan pribadi.

Sebenarnya masih banyak lagi dampak negatif dari TIK, tapi saya hanya mengupas sedikit. jika masih terasa kurang mohon cari sendiri aja ya? hehehe…

Sekian dulu ya sahabat Seputar IT … semoga informasi yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi teman teman .

artikel terkait : dampak negatif TIK dalam bidang ekonomi, dampak negatif TIK dalam bidang pemerintahan

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY