Dampak Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Bidang Ekonomi

1068

Contoh Dampak Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Bidang Ekonomi 

Hai Sahabat Seputar IT! Bagaimana kabar kalian? Semoga kalian dan saya sendiri selalu berada di bawah lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Dikesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu mengenai Dampak Negative TIK Di Bidang Ekonomi. Ternyata perkembangan dunia teknologi di masa kini selain membawa sejuta keuntungan juga membawa banyak kerugian Baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemerintahan maupun bidang yang lainnya. Tujuan saya mengangkat topic ini yaitu tidak lain agar membantu sahabat sekalian menjadi pribadi yang berwawasan luas dan mengetahui bahwa Dampak Negative Dari Tik Di Bidang Ekonomi tidak kalah banyak dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Apa sajakah itu? Mari kita ikuti uraian berikut.

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Ekonomi

ternyata ini dampak negatif TIk di dalam bidang Ekonomi1. Kemudahan Transaksi Yang di Salahgunakan

Kemudahan bertransaksi di dunia maya (internet) ternyata dapat disalahgunakan oleh sebagian bahkan oleh kebanyakan orang contohnya saja yaitu melalui internet/dunia maya seseorang dapat dengan mudah melakukan transaksi illegal seperti transaksi narkoba, senjata, barang dan lain-lain sebagainya.

2. Kecanggihan Teknologi yang tidak dimanfaatkan Semestinya.

Hal ini dibuktikan dengan terlampau seringnya suatu rekening lembaga atau perorangan mengalami kebobolan dan tentunya ini dapat menimbulkan kerugian yang besar.

3. Banyaknya Kasus Penipuan

Dampak negatif penggunaan tik dalam bidang ekonomiMungkin ada di antara kita yang pernah tertipu dengan adanya perdagangan online. Di sini nih yang pengen banget saya tekankan pada sahabat-sahabat seputar IT. Bagi kalian yang hobi banget dengan namanya belanja online, sebaiknya kalian berbelanja di toko online yang telah teruji dan terkenal. Hal itu paling tidak dapat menghindarkan kalian dari berbagai trik para pedagang online yang berusaha menipu kalian.

4. Adanya Rasa Was-Was atau Tidak Tenang Ketika Berbelanja Secara Online

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa berbelanja online, ketika mereka memesan barang akan timbul sejuta pikiran mulai dari rasa kurang percaya terhadap penjual, takut uang tidak terkirim atau malah tidak sampai pada penjual bahkan takut barang tidak dikirim atau tidak diterima dan lain sebagainya.

5. Adanya Pencurian Data Dari Kegiatan Transaksi

Berbelanja dengan memanfaatkan kartu kredit merupakan cara yang paling banyak dimanfaatkan dalam dunia maya (internet). Para penjahat dunia maya biasanya dapat dengan mudah mengetahui adanya kegiatan transaksi online dan setelah itu mereka akan langsung mencuri kode kartu yang dipakai. Yang mana nanti kode-kode itu akan mereka manfaatkan.

6. Menghalalkan Berbagai Tindakan Demi Meraih Keuntungan

Dampak negatif tik di bidang ekonomi – Hal ini banyak dijumpai oleh kita baik dalam dunia nyata ataupun dunia maya. Jika di dunia maya hal yang demikian tampak pada dunia bisnis di internet, contohnya saat kalian membuka sutu website atau situs. Jika kalian menemukan hal-hal yang kurang wajar ditampilkan maka mereka telah menyalahkagunakan teknologi hanya untuk meraih keuntungan.

7. Banyaknya Bermunculan Berbagai Kejahatan Dunia Maya

Pengaruh negatif TIK di bidang Ekonomi Berbagai bentuk kejahatan yang dilakukan seseorang dengan memnfaatkan teknologi internet yang bersifat melintasi batas-batas tutorial Negara, illegal, menimbulkan kerugian besar dan sulitnya menghukum pelaku disebut Cybercrime.

Bersifat melintasi batas-batas negara maksudnya adalah kejahatan tersebut dilakukan lintas Negara atau dengan kata lain dapat dilakukan antarnegara karena sarana yang dipakai adalah internet.

Bersifat Illegal maksudnya apa yang dilakukan tidak memenuhi syarat-syarat dan ketentuan hukum yang berlaku.

Bersifat menimbulkan kerugian besar maksudnya kejahatan yang dilakukan di dunia maya biasanya adalah kejahatan skala besar untuk mencari keuntungan sehingga pihak korban akan memperoleh kerugian yang besar juga.

Bersifat sulitnya menghukum pelaku maksudnya kejahatan tersebut dilakukan lintas Negara sehingga sulit bagi suatu negara tertentu untuk menghukum pelakunya contohnya pelaku kejahatan berasal dari negara A dan yang menjadi korban adalah seseorang yang berasal dari negara B, karena berbeda negara maka hukum yang berlaku pun berbeda sehingga sulit bagi negara B untuk menuntut pelaku kejahatan.

8. Banyaknya bermunculan para Hacker

Hacker adalah seseorang yang berusaha memasuki suatu jaringan dengan tujuan untuk menjelajah dan menemukan kelemahan dari system tersebut namun di sini Hacker juga akan memberikan serangkaian ide, pendapat atau program bantuan pada mereka untuk memperbaiki kelemahan system tersebut. Di lain sisi, hal ini merugikan pihak yang dibobol karena melalui kegiatan itu hacker dapat mengetahui banyak tentang seluk beluk situs/website atau system jaringan seseorang atau kelompok tersebut.

Ciri-ciri Hacker :

Mampu mencari kelemahan system dengan kerja yang rapi dan biasanya mereka dengan dermawan akan melaporkan kelemahan system tersebut agar pemilik system atau situs dapat memperbaiki kelemahannya tersebut.

Hacker memiliki etika dan daya imajinatif serta kreatif untuk merancang suatu program yang dapat berguna bagi orang lain.

Seorang Hacker tidak akan pelit terhadap ilmunya.

Seorang Hacker akan senantiasa memperdalam ilmu dan pemahamannya tentang system operasi ataupun internet.

9. Banyaknya bermunculan para Cracker

Dampak negatif tik dalam bidang ekonomi – Cracker merupakan seseorang yang berusaha memasuki jaringan secara illegal dengan tujuan untuk mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan pada jaringan tersebut.

Ciri-ciri cracker :

Mampu menyelidiki, membobol dan menemukan kelemahan dari suatu situs atau system jaringan yang kemudian akan dijadikan keuntungan pribadi. Contohnya Virus, Kode Warez, pembobolan rekening bank dan lain sebagainya.

Mampu berdiri sendiri dan berkelompok.

Seorang Cracker memiliki website, situs atau saluran tersembunyi yang hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu saja.

Seorang cracker memiliki IP address yang tidak dapat dideteksi.

Serangkaian kasus yang paling sering dialami adalah pencurian kartu kredit, pembobolan dan mengubah isi situs menjadi hancur berantakan.

10. Banyaknya Bermunculan Seseorang Yang Berbudaya Konsumtif

Dampak negatif peranan tik dalam bidang ekonomi – Semakin maraknya toko-toko online di dunia maya juga berpengaruh pada perilaku masyarakat yang semakin konsumtif. Konsumtif merupakan sikap masyarakat yang cenderung ingin membeli atau memakai berbagai jenis barang yang dianggap sedang menjadi idola atau bahasa gaulnya yang lagi tren. Dengan kata lain orang konsumtif itu cenderung memakai dan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Dengan adanya internet mereka mengetahui barang apa yang sedang trend dan mereka beranggap bahwa mereka juga harus memilikinya agar tidak ketinggalan zaman.

Sekian dari saya. Jika terdapat kesalahan saya mohon maaf. Sampai berjumpa di pembahasan selanjutnya. See You!
Bagi sahabat yang ingin mempelajari dan mengetahui banyak tentang tutorial belajar internet dan komputer silahkan kunjungi link berikut Seputar IT. Com. tutorial belajar komputer dan internet

Contoh Dampak Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Bidang Ekonomi 

Terima Kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.
Artikel terkait lainnya : Dampak positif dan negatif TIK, Dampak negatif TIK di bidang pendidikan, Dampak negatif TIK di bidang kesehatan.

 

Save

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY