Cara Mengatasi Virus Backdoor

791

Cara Mengatasi Virus Backdoor

 Apa sih backdoor itu ?

Backdoor yaitu sebuah mekanisme yang digunakan untuk mengakses sebuah sistem ataupun jaringan, jika umumnya saat masuk kedalam suatu sistem harus lewat autentikasi lain halnya dengan backdoor “Pintu Belakang”

Backdoor pada mulanya dirancang oleh programmer – programmer komputer kawan, yang mana cara kerjanya akan mengizinkan si programmer mendapatkan jalur khusus untuk mengakses program atau sistem yang mereka buat. wooowww

Backdoor ini sering digunakan untuk memperbaiki kode dalam program yang telah mereka buat saat terjadi kerusakan atau crash disebabkan bug.

Jadi kita harus hati – hati saat menggunakan aplikasi perangkat lunak, karena beberapa developer perangkat lunak yang ada, mereka dengan sengaja menambahkan backdoor di perangkat lunak atau program buatannya itu kawan, salah satu tujuannya bisa jadi untuk mencuri data atau bahkan merusak dari dalam.

Baca juga : jenis – jenis virus dan cara mengatasinya

Cara Mengatasi Virus BackdoorMisalnya perangkat lunak toko online, para pengembang bisa saja memasukan backdoor kedalamnya. Untuk apa?… untuk memperoleh data transaksi pembeli dan penjual pastinya, lebih parahnya mereka mengumpulkan data kartu kredit. Bahaya kawan.

Jadi pilih – pilih perangkat lunak ya. Yang sudah terpercaya saja. Jangan tergiur dengan harga murah. Harus ada bukti jika perangkat lunaknya bukan murahan 😀 supaya kita tidak menyesal.

Backdoor juga diistilahkan oleh para hacker pada sebuah mekanisme yang memberikan izin peretas untuk masuk kembali pada sebuah sistem yang sebelumnya pernah ia serang.

Cara Mengatasi Virus BackdoorSehingga peretas ini menjadi lebih mudah masuk tidak seperti saat pertama kali yang mana ia harus mengekploitasi sistem dan jaringannya terlebih dahulu untuk bisa masuk.

Setelah berhasil menerobos sistem peretas biasanya akan menghilangkan jejaknya dengan cara mengedit catatan log sistem, kemudian ia pun akan menambahkan backdoor di dalam sistem tersebut, seperti apa backdoor nya?..

Backdoor yang ia pasang berupa software khusus buatannya atau bisa juga ia sengaja membuat akun yang mempunyai hak akses penuh seperti administrator pada sistem atau jaringan tersebut.

Meskipun admin jaringan atau sistem yang asli menyadari, lalu kemudian ia menutup celah rawan yang ada di sitemnya tetapi ia tidak mengetahui bahwa si peretas telah menanam backdoor di sistemnya maka si peretas masih dapat masuk ke sistemnya dengan leluasa kawan, si peretas masuk sebagai pengguna yang diizinkan dalam sistem tersebut 😀 .

Karena si peretas memiliki akses penuh seperti administrator maka dengan mudah ia dapat mencuri atau merusak sistem bahkan mendelete data – data penting yang ada. Lalu bagaimana cara mengatasi serangan backdoor ini?…. berikut penjelasannya

baca juga: antivirus gratis terbaik untuk komputer dan antivirus terbaik untuk android

Cara mengatasi Virus backdoor

Cara yang umum dilakukan untuk memperbaiki sistem yang terpasang backdoor adalah dengan menginstal ulang sistem atau jaringan tersebut. Walah ada cara lain?…

Atau bisa juga dengan mengembalikan atau restore backup sistem yang masih belum terpasang backdoor alias bersih sih sih 😀

ini dia cara mengatasi virus backdoor

Cara mengatasi virus backdoor

Demikian penjelasan backdoor dan bagaimana cara mengatasi backdoor.

Kunjungi artikel tutorial belajar komputer dan internet untuk pemula dari dasar di blog seputar IT.

Semoga bermanfaat kawan :D.

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY